Hujan Deras Sebabkan Banyak Pohon Tumbang di Kota Malang

pohon tumbang di malang

Hujan lebat disertai angin melanda Kota Malang pada Rabu sore, 24 Januari 2024, yang menyebabkan kerusakan di beberapa dikarenakan pohon tumbang wilayah Kota Malang.

Dampak terlihat adalah tumbangnya belasan pohon yang merusak properti dan kendaraan warga. Pohon tumbang tercatat di sejumlah titik strategis, membuat BPBD Kota Malang bersama OPD terkait melakukan evakuasi dan asesmen untuk mengukur dampak yang terjadi.

Baca juga : Hoaks Begal di Malang : Berawal Dari Ngaku Menjadi Korban Begal ke Istri untuk Bayar Hutang

Kepala BPBD Kota Malang, Prayitno, menyampaikan bahwa tidak ada korban jiwa atau luka akibat peristiwa ini, tetapi beberapa properti dan kendaraan tidak bisa terhindar dari kerusakan.

“Sejauh ini tidak ada laporan terkait adanya korban luka akibat dampak cuaca ekstrem ini. Evakuasi dan asesmen sudah dilakukan,” ungkap Prayitno dengan tegas.

Beberapa lokasi yang terkena dampak pohon tumbang antara lain Jalan Ir Juanda, Jalan Raya Langsep, Jalan Letjen S Parman, Jalan Indragiri, Jalan Muharto, dan Jalan Merbabu.

Baca juga : 5 Pilihan Resto di Malang: Warung Parikaton Sampai Ocean Garden!

Pohon yang tumbang tidak hanya merusak infrastuktur, namun juga menimpa atap rumah di Jalan Muharto, sebuah kios di Jalan Juanda, dan sebuah mobil yang terparkir di Jalan Indragiri.

Salah satu warga yang menjadi saksi mata, Siti Rahayu, menggambarkan momen mencekam saat pohon tumbang di depan rumahnya. “Angin begitu kencang, dan tiba-tiba saya mendengar suara keras. Saya langsung keluar dan melihat pohon besar roboh menimpa pagar rumah tetangga,” ujar Rahayu.

Tim evakuasi dari BPBD Kota Malang, dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, bergerak cepat untuk membersihkan pohon yang tumbang dan menangani dahan pohon patah. Meski proses evakuasi sudah selesai, Prayitno tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada.

Baca Juga  Wanita di Malang Tewas, Diduga Akibat Suami Paksa Minum Racun

Baca juga : Kapolres Malang Ingatkan Netralitas Polri dalam Pemilu 2024

“Masyarakat, khususnya pengendara dimohon berhati-hati, karena saat ini hujan lebat disertai angin kencang diprediksi masih akan terjadi,” tandasnya.

Dengan kejadian ini, penting bagi masyarakat Malang untuk tetap memperhatikan peringatan cuaca ekstrem.

Untuk mendapatkan informasi seputar Jawa Timur, Anda dapat mengunjungi wartajatim.co.id

 

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)