Ini Dia Diet Tersehat di Tahun 2023: Diet Mediterania, Apa Itu?

Diet Mediterania dinobatkan sebagai diet tersehat 2023 (Image Source: on pic)
Diet Mediterania dinobatkan sebagai diet tersehat 2023 (Image Source: on pic)

WARTAJATIM.co.id – Dengan dukungan dari lebih dari 30 ahli gizi, dokter, dan ahli epidemiologi terkemuka, US News & World Report secara rutin merilis daftar diet terbaik setiap tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, diet tersehat di tahun 2023 diet mediterania berhasil mempertahankan posisinya sebagai yang terbaik selama enam tahun berturut-turut!

Prestasi ini menunjukkan seberapa efektifnya diet ini dalam meningkatkan kesehatan manusia. Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh sehat dan bugar? Dengan konsep diet Mediterania yang mudah diikuti, setiap orang dapat mencapainya dengan mudah.

Diet Mediterania dianggap sebagai salah satu diet paling sehat dan populer di dunia. Diet ini direkomendasikan oleh banyak organisasi kesehatan dunia seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan American Heart Association (AHA).

Baca Juga Gula di Saat Berbuka Puasa: Bagaimana Menjaga Kesehatan Tubuh?

Menurut American Heart Association, Diet Mediterania diketahui memiliki manfaat yang luar biasa dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebuah studi besar yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa orang yang mengikuti pola makan ini memiliki kemungkinan 30% lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular daripada mereka yang mengikuti metode diet lain.



Diet Mediterania bukan hanya pola makan, tetapi juga gaya hidup sehat yang menekankan konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak zaitun alami. Dengan menghindari makanan olahan dan makanan tinggi lemak jenuh, diet ini juga dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan obesitas. Selain itu, asupan nutrisi yang seimbang juga dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 oleh British Medical Journal menemukan bahwa orang yang mengikuti diet Mediterania memiliki risiko yang lebih rendah terkena demensia dan penyakit Alzheimer. Selain itu, mereka juga menunjukkan kognisi yang lebih baik dalam jangka waktu 3-5 tahun.

Diet Mediterania juga terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. Menurut penelitian pada tahun 2021 di jurnal Nutrients, orang yang mengikuti diet Mediterania memiliki risiko yang lebih rendah terkena depresi dan kecemasan. Hal ini mungkin disebabkan oleh asupan yang tinggi akan nutrisi penting seperti asam lemak omega-3 dan vitamin B.

Baca Juga  Litera- Sinari Dunia, Intip Kegiatan Peningkatan Literasi dan Numerasi Oleh Mahasiswa UM

Diet Mediterania terbukti bermanfaat untuk kesehatan tulang. Sebuah studi terbaru di jurnal Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases menunjukkan bahwa diet Mediterania dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

Dengan bukti penelitian ini, jelas bahwa diet Mediterania mampu meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, termasuk kesehatan jantung, kesehatan mental, dan mencegah penyakit degeneratif. Karena itulah, diet Mediterania dianggap sebagai pilihan yang sangat sehat dan menjanjikan di tahun 2023.

ASAL USUL DIET MEDITERANIA

Diet Mediterania, seperti namanya, berasal dari wilayah Mediterania, yang terletak di sekitar laut Mediterania dan mencakup sebagian besar wilayah Eropa Selatan, Afrika Utara, dan Asia Barat Daya. Diet ini dikenal sebagai salah satu diet yang paling sehat di dunia dan telah menjadi populer di seluruh dunia.

Asal usul diet Mediterania dapat ditelusuri kembali ke masa lalu, sekitar 2500 tahun yang lalu, ketika orang-orang Yunani kuno dan Romawi mengembangkan pola makan yang sehat yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak zaitun alami.

Diet Mediterania juga memiliki pengaruh dari masakan tradisional dari berbagai negara Mediterania, seperti Spanyol, Italia, Prancis, Maroko, dan Lebanon. Masakan tersebut terkenal dengan penggunaan bahan makanan yang segar dan alami, serta perpaduan rasa yang kaya.

Baca Juga Intip 12 Hidangan Seafood Lezat Untuk Berbuka Puasa!

Pada awal abad ke-20, seorang profesor nutrisi dari Amerika Serikat, Ancel Keys, melakukan studi tentang pola makan penduduk Mediterania dan menemukan bahwa mereka memiliki tingkat kematian yang lebih rendah akibat penyakit jantung dan stroke dibandingkan dengan penduduk di negara-negara Barat lainnya. Keys kemudian mengembangkan diet Mediterania modern yang lebih lengkap dan dapat diikuti oleh semua orang.

Baca Juga  Marc Marquez Ungkap Pacar Baru, Sudah Bertunangan?

Dalam diet Mediterania, konsumsi daging merah dan produk olahan yang tinggi lemak jenuh dihindari, sedangkan ikan dan produk susu rendah lemak dianjurkan. Pola makan ini juga mengedepankan konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak zaitun alami.

Selain itu, diet Mediterania juga menekankan pentingnya aktivitas fisik, bersantai, dan mengurangi stres dalam menjaga kesehatan secara menyeluruh.

MANFAAT KESEHATAN DARI DIET MEDITERANIA

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan mengikuti diet Mediterania:

  1. Meningkatkan kesehatan jantung
    Salah satu manfaat kesehatan paling terkenal dari diet Mediterania adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak tak jenuh, serat, dan antioksidan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun alami, diet Mediterania dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.
  2. Menjaga berat badan yang sehat
    Diet Mediterania tidak hanya membantu menjaga kesehatan jantung, tetapi juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Dengan memilih makanan yang rendah kalori dan tinggi serat, serta membatasi asupan lemak jenuh dan gula tambahan, diet ini dapat membantu mengurangi risiko terkena obesitas dan penyakit terkait obesitas.
  3. Meningkatkan kesehatan mental
    Diet Mediterania juga dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik. Beberapa studi menunjukkan bahwa diet ini dapat membantu mengurangi risiko depresi dan kecemasan, serta meningkatkan fungsi kognitif dan memori.
  4. Menjaga kesehatan tulang
    Diet Mediterania juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Karena diet ini kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tulang seperti kalsium, magnesium, dan vitamin D, maka dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.
  5. Mencegah penyakit degeneratif
    Diet Mediterania dapat membantu mencegah penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Karena diet ini kaya akan antioksidan dan nutrisi penting lainnya, maka dapat membantu melindungi sel-sel saraf dari kerusakan dan peradangan.

TIPS MELAKUKAN DIET MEDITERANIA

Diet Mediterania dikenal sebagai salah satu diet yang paling sehat dan bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk melakukannya:

Baca Juga  Skena Musik dan Bentuk Ekspresi Perlawanan kepada Pemerintah



  1. Makanlah makanan segar dan alami
    Pilihlah makanan yang segar dan alami untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari diet Mediterania. Hindari makanan olahan atau makanan yang diproses dengan bahan kimia.
  2. Konsumsi sayuran dan buah-buahan
    Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan utama dalam diet Mediterania. Pilihlah berbagai macam sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral.
  3. Minum air putih yang cukup
    Penting untuk minum air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dan membantu mengeluarkan toksin dari tubuh.
  4. Konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan
    Biji-bijian dan kacang-kacangan kaya akan protein nabati, serat, dan lemak sehat. Pilihlah biji-bijian dan kacang-kacangan yang segar dan tidak diproses.
  5. Minyak zaitun alami
    Minyak zaitun alami adalah bahan utama dalam diet Mediterania. Minyak ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung.
  6. Kurangi konsumsi daging merah
    Diet Mediterania menyarankan untuk mengurangi konsumsi daging merah dan memilih sumber protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.
  7. Hindari makanan tinggi gula dan lemak jenuh
    Hindari makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh seperti permen, kue, dan makanan cepat saji. Pilihlah makanan yang sehat dan alami.
  8. Olahraga secara teratur
    Selain melakukan diet Mediterania, penting juga untuk berolahraga secara teratur. Olahraga membantu memperbaiki kesehatan jantung, meningkatkan kebugaran, dan menjaga berat badan yang sehat.

Diet Mediterania adalah cara yang sehat dan bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan kalian. Dengan mengikuti tips dan cara yang disebutkan di atas, kalian dapat menerapkan pola makan ini secara efektif dan menjaga kesehatan tubuh kalian secara optimal.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *