Ini Penyebab PBNU Pecat Ketua PWNU Jatim, Marzuki Mustamar

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) resmi memberhentikan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, KH Marzuki Mustamar, setelah melalui proses panjang dan evaluasi terkait sejumlah masalah internal.

Sekretaris Jenderal PBNU, Saifullah Yusuf, atau akrab disapa Gus Ipul, memastikan bahwa surat pemberhentian sudah dikirim sejak 28 Desember 2023.

“Pemberhentian kami putuskan melalui proses panjang menindaklanjuti usulan dari Rois Syuriah PWNU Jatim,” ungkap Gus Ipul kepada wartawan di Surabaya, Kamis (28/12/2023) malam.

Baca Juga : Pengganti Ketua PWNU Jatim Setelah Pencopotan KH Marzuki Mustamar Akan Ditentukan dalam Dua Pekan Mendatang

Gus Ipul menegaskan bahwa pemberhentian tersebut tidak terkait dengan perbedaan pilihan calon presiden terkait Pemilihan Umum 2024.

“PWNU Jatim dianggap kurang bertanggung jawab dalam menangani masalah internal, khususnya di Pengurus Cabang NU Kabupaten Jombang. Permasalahan ini berlarut-larut hingga masuk ke pengadilan karena PWNU dinilai tidak berfungsi sebagaimana mestinya,” terangnya.

Meskipun pemberhentian ini menjadi langkah berat, Gus Ipul menekankan bahwa hal tersebut merupakan upaya untuk menegakkan aturan dan menyelesaikan masalah internal.

Gus Ipul menghormati pengabdian KH Marzuki Mustamar selama menjabat sebagai Ketua PWNU Jatim, namun menyatakan bahwa proses penggantian akan dilakukan melalui rapat pleno Syuriah dan Tanfidyah PWNU Jatim.

Pemberhentian KH Marzuki Mustamar menjadikannya sebagai Ketua PWNU Jatim kedua yang diberhentikan sebelum masa khidmatnya berakhir. Sebelumnya, Ali Maschan Moesa juga mengalami pemberhentian serupa pada tahun 2008.

Untuk mendapatkan informasi lainnya, Anda dapat mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)