Rendra Masdrajad Safaat

Ini Profil Irjen Pol Risyapudin Nursin, Dirjen Perhubungan Darat Yang Baru

Irjen Pol Risyapudin Nursin
Irjen Pol Risyapudin Nursin (sumber: Instagram KITA Damri)

8 Juni 2024 – Irjen Pol Risyapudin Nursin resmi dilantik sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) pada Kamis (06/06). Pengangkatan ini menandai pergantian kepemimpinan dari Hendro Sugiatno, yang juga merupakan pejabat tinggi Polri.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap penunjukan Risyapudin Nursin dapat membawa perspektif baru dan ide-ide segar bagi Kemenhub. Latar belakang yang beragam diyakini Menhub dapat mendorong kesetaraan peluang dan menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, adil, dan harmonis di Kemenhub.

Internship Warta Jatim

Baca juga: Brigjen Dwi Irianto Resmi Dilantik Sebagai Kapolda Sulawesi Tenggara yang Baru

Sebelumnya, Risyapudin Nursin menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri sejak Oktober 2022 hingga Desember 2023. Selain melantik Dirjen Hubdar yang baru, Menhub Budi Karya juga melantik sejumlah pejabat lain di lingkungan Kemenhub.

Profil Irjen Pol Risyapudin Nursin

Lahir di Jakarta pada 15 November 1966, Risyapudin Nursin memulai karirnya di Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1989. Ketertarikannya pada bidang lalu lintas mengantarkannya menjabat sebagai Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri pada tahun 2017.

Risyapudin Nursin pernah menduduki berbagai posisi penting di kepolisian, seperti Wakapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 2018, Kapolda Maluku Utara pada 2020, dan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kapolri pada 2022.

Di Maluku Utara, Risyapudin Nursin menunjukkan dedikasi dengan membantu percepatan program vaksinasi Covid-19. Ia pun bangga atas kerjasama yang solid antara pemerintah daerah dan masyarakat.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2023, Irjen Pol Risyapudin Nursin memiliki total harta kekayaan sebesar Rp6 miliar. Harta tersebut terdiri dari tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, serta kas dan setara kas.

Untuk mendapatkan informasi seputar Jawa Timur, Anda dapat mengunjungi wartajatim.co.id

Media Partner Warta Jatim