Rendra Masdrajad Safaat

Ini 4 Weton Tibo Cantula Yang Katanya Harus Diwaspadai

weton Tibo Cantula
4 weton Tibo Cantula

13 Mei 2024 – Dalam dunia primbon Jawa, terdapat berbagai jenis weton dengan watak dan peruntungannya masing-masing. Salah satu yang sedang ramai diperbincangkan adalah Tibo Cantula.

Apa itu Tibo Cantula?

Tibo Cantula adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan watak seseorang yang buruk. Orang dengan Tibo Cantula diyakini memiliki kecenderungan berperilaku negatif, seperti pemarah, mudah tersinggung, dan suka berbohong.

Internship Warta Jatim

Menurut beberapa sumber, weton Tibo Cantula tidak ditentukan berdasarkan hari lahir dan pasarannya saja, melainkan, dilihat dari neptu wetonnya. Weton dengan neptu 14, 18, dan 22 termasuk dalam kategori Tibo Cantula.

4 Weton yang Diduga Memiliki Tibo Cantula

Berikut 4 weton yang kerap dikaitkan dengan Tibo Cantula:

1. Rabu Pon

Pemilik weton Rabu Pon dikenal cerdas, berbakat, dan memiliki tekad kuat. Mereka berbudi luhur, berwawasan luas, dan memiliki banyak teman karena pandai bergaul. Namun, di balik kelebihannya, mereka juga memiliki beberapa kekurangan seperti posesif, tidak disiplin, suka dipuji, pamer, dan pemalas.

Selain itu, mereka diyakini kurang bijak dalam mengambil keputusan dan sering menyesali keputusannya. Weton Rabu Pon memiliki beberapa pantangan yang harus dihindari agar terhindar dari kesialan, di antaranya berpakaian serba hitam, keluar rumah di malam Jumat Kliwon, berkata kasar, berbohong, sombong dan merendahkan orang lain

2. Jumat Kliwon

Seseorang dengan weton Jumat Kliwon memiliki neptu besar (14) dan pembawaan istimewa. Kemampuan berpikirnya di atas rata-rata dan mereka memiliki banyak ide kreatif. Namun, mereka juga dirasa tidak punya pendirian, tidak suka diatur, mudah marah, ceroboh, dan kurang waspada.

Baca Juga  Keselamatan Berkendara: 5 Komponen yang Wajib Diperhatikan

Perlu diingat bahwa weton Jumat Kliwon memiliki beberapa versi neptu, yaitu 14, 16, dan 18. Dalam versi neptu 16 dan 18, weton ini tidak termasuk dalam kategori Tibo Cantula.

3. Sabtu Legi:

Orang dengan weton ini pandai mengayomi dan pandai bergaul. Mereka mudah bergaul, pandai beradaptasi, dan teliti dalam bekerja. Kemampuannya ini menjadikan mereka individu yang layak diandalkan.

Namun, di balik kelebihannya, mereka memiliki sifat burua sulit ditebak serta kecenderungan boros seringkali menimbulkan kesulitan dalam berkolaborasi.

4. Minggu Pahing

Menurut primbon Jawa, orang dengan weton Minggu Pahing memiliki dua sisi, baik dan buruk. Sifat baiknya, mereka cerdas, teliti, dan mampu memberikan inspirasi. Mereka gemar mengamati dan berpikir sebelum berbicara atau bertindak.

Namun, di balik kelebihannya, mereka juga dikenal pelit dan sulit mengontrol emosi. Bahkan, jika sudah emosi, emosinya bisa meluap-luap.

Perlu diingat bahwa anggapan Tibo Cantula dan watak-watak negatif yang terkait dengan weton tertentu tidak sepenuhnya benar. Setiap orang memiliki watak dan kepribadian yang unik, terlepas dari wetonnya. Lebih baik untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan antar individu.

Untuk membaca berita seputar Jawa Timur, silakan kunjungi wartajatim.co.id

Media Partner Warta Jatim