Intip 12 Hidangan Seafood Lezat Untuk Berbuka Puasa!

Hidangan Seafood Lezat Untuk Berbuka Puasa! (Image Source: Wartajatim/Putri)
Hidangan Seafood Lezat Untuk Berbuka Puasa! (Image Source: Wartajatim/Putri)

WARTAJATIM.co.id – Berbuka puasa dengan hidangan seafood menjadi pilihan yang menarik dan menyegarkan di tengah-tengah bulan Ramadan. Selain menyediakan asupan protein yang baik bagi tubuh, hidangan seafood juga dapat menjadi variasi yang berbeda dari hidangan berbuka puasa pada umumnya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi hidangan seafood yang dapat dijadikan pilihan saat berbuka puasa:

Baca Juga Masyarakat Gaza Palestina Mulai Gunakan Masjid Syeikh Azlin Karya Ridwan Kamil untuk Sholat Tarawih

  1. Udang Saos Padang

    Udang saos padang merupakan hidangan seafood yang sangat lezat dan pedas. Bahan dasarnya adalah udang yang diolah dengan bumbu saos pedas khas Padang. Selain pedas, rasa asam dan gurih juga terdapat dalam hidangan ini. Udang saos padang biasanya disajikan dengan nasi putih dan kerupuk sebagai pelengkap.

  2. Ikan Bakar

    Ikan bakar menjadi pilihan yang populer pada bulan Ramadan. Ikan yang dibakar dengan rempah-rempah khas Indonesia dan disajikan dengan sambal dan lalapan sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa. Ikan yang umumnya digunakan adalah ikan kakap, ikan pari, atau ikan mas.

  3. Cumi Goreng Tepung

    Cumi goreng tepung merupakan hidangan seafood yang mudah dan cepat disiapkan. Cumi yang dibalut dengan tepung terigu dan digoreng hingga kecoklatan memberikan rasa yang gurih dan renyah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sambal dan mayones sebagai pelengkap.

  4. Sate Lilit

    Sate lilit adalah hidangan seafood khas Bali yang terbuat dari ikan cincang yang diaduk dengan bumbu-bumbu rempah khas Bali dan dibentuk seperti sate. Hidangan ini sangat cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa karena rasanya yang lezat dan menyegarkan. Sate lilit biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal matah.

  5. Sup Kepiting

    Sup kepiting merupakan hidangan seafood yang nikmat dan menyehatkan. Hidangan ini terbuat dari daging kepiting yang diolah dengan berbagai bumbu dan sayuran seperti jagung, wortel, dan seledri. Sup kepiting sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa karena rasanya yang lezat dan segar.

  6. Udang Asam Manis

    Udang asam manis merupakan hidangan seafood yang populer dan lezat. Udang yang diolah dengan bumbu asam manis memberikan rasa yang segar dan pedas. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan kerupuk sebagai pelengkap.

  7. Kerang Hijau Goreng Tepung

    Kerang hijau goreng tepung merupakan hidangan seafood yang mudah dan cepat disiapkan. Kerang yang dibalut dengan tepung terigu dan digoreng hingga kecoklatan memberikan rasa yang gurih dan renyah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sambal dan mayones sebagai pelengkap.

  8. Udang goreng tepung

    Udang goreng tepung adalah salah satu hidangan seafood yang paling populer di Indonesia. Untuk membuat hidangan ini, udang yang telah dikupas dibalut dengan tepung dan kemudian digoreng hingga kecokelatan. Udang goreng tepung ini cocok disajikan dengan saus sambal atau mayones.

  9. Sate ikan

    Sate ikan adalah salah satu hidangan seafood yang lezat dan mudah disiapkan. Untuk membuat sate ikan, Anda hanya perlu memotong ikan menjadi dadu-dadu kecil dan menusuknya ke tusuk sate. Kemudian, sate ikan bisa dipanggang atau dibakar hingga matang. Sate ikan cocok disajikan dengan saus kacang atau saus sambal.

  10. Soup ikan

    Soup ikan adalah hidangan berkuah yang cocok untuk berbuka puasa. Anda bisa menggunakan jenis ikan apa saja, seperti ikan kakap atau ikan tenggiri. Untuk membuat soup ikan, ikan dipotong menjadi beberapa bagian dan direbus dengan bumbu-bumbu seperti jahe, bawang putih, dan merica. Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti wortel dan kentang untuk memberikan rasa dan gizi yang lebih.

  11. Pepes ikan

    Pepes ikan adalah hidangan seafood yang dibungkus dalam daun pisang dan kemudian dibakar. Untuk membuat pepes ikan, ikan dibumbui dengan rempah-rempah dan dicampur dengan bahan seperti cabai, daun kemangi, dan tomat. Kemudian, ikan dibungkus dengan daun pisang dan dibakar hingga matang. Hidangan ini cocok disajikan dengan nasi hangat.

  12. Cumi-cumi goreng tepung

    Cumi-cumi goreng tepung adalah hidangan seafood yang lezat dan gurih. Untuk membuat hidangan ini, cumi-cumi dipotong menjadi beberapa bagian dan dibalut dengan tepung. Kemudian, cumi-cumi digoreng hingga kecokelatan. Cumi-cumi goreng tepung cocok disajikan dengan saus sambal atau saus mayones.

Itulah beberapa rekomendasi menu seafood berbuka puasa yang bisa Anda coba. Selain lezat dan bergizi, hidangan-hidangan tersebut juga mudah disiapkan di rumah. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang selama bulan puasa agar tetap bugar dan sehat. Selamat berbuka puasa!

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *