Jaga Kesehatan Jantung dengan 5 Kebiasaan Kecil Sehari-hari

kebiasaan kecil menjaga kesehatan jantung

WartaJatim.co.id, 10 Juli 2023 – Kesehatan jantung adalah aspek yang penting untuk dipertahankan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengadopsi kebiasaan sehat, kita dapat mencegah risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung kita dengan baik.

Berikut ini 5 kebiasaan kecil yang dapat kita lakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung kita:

1. Kebiasaan Makan Sehat

Makanan yang kita konsumsi memiliki dampak langsung terhadap kesehatan jantung. Beberapa kebiasaan makan sehat yang dapat kita terapkan adalah:

a) Sarapan yang Sehat

Pertama-tama, sarapan adalah waktu penting untuk memberikan energi yang cukup kepada tubuh. Selain itu, memilih sarapan yang sehat, seperti makanan tinggi serat dan rendah lemak, dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

b) Porsi Makan yang Seimbang

Memiliki porsi makan yang seimbang sangat penting. Pastikan kita mengonsumsi makanan dalam proporsi yang tepat, termasuk karbohidrat, protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

c) Konsumsi Buah dan Sayur

Selain itu, buah dan sayur juga mengandung serat, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Menambahkan buah dan sayur dalam setiap hidangan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

d) Hindari Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Hindarilah makanan seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan tinggi lemak.

e) Batasi Konsumsi Garam

Garam berlebih dapat meningkatkan tekanan darah. Batasilah konsumsi garam dan perhatikan jumlah garam yang terkandung dalam makanan olahan.

Baca Juga: Hati-Hati, Diet Ketat Bisa Menyebabkan TBC! Ini Alasannya

2. Aktivitas Fisik Teratur

Aktivitas fisik teratur memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan jantung. Beberapa kebiasaan yang dapat kita terapkan adalah:

Baca Juga  Ide dan Tips Membuat Judul Novel Islami yang Berkesan

a) Olahraga Ringan Setiap Hari

Melakukan olahraga ringan setiap hari dapat meningkatkan sirkulasi darah, menguatkan jantung, dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan minat kita.

b) Pilihan Aktivitas Fisik

Selain olahraga, ada banyak pilihan aktivitas fisik yang dapat dilakukan, seperti berjalan kaki, naik sepeda, atau berenang. Pilihlah aktivitas fisik yang kita nikmati agar dapat menjaga kesehatan jantung dengan lebih menyenangkan.

c) Rutinitas Olahraga yang Konsisten

Konsistensi dalam menjalankan rutinitas olahraga sangat penting. Jadwalkan waktu khusus untuk beraktivitas fisik dan pertahankan rutinitas tersebut agar mendapatkan manfaat yang optimal bagi kesehatan jantung.

3. Pengaturan Stres

Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik. Beberapa tips yang dapat kita ikuti adalah:

a) Mengelola Stres Secara Efektif

Temukan cara-cara yang efektif untuk mengatasi stres, seperti meditasi, relaksasi, atau melakukan hobi yang menyenangkan. Dengan mengurangi stres, kita dapat menjaga kesehatan jantung dengan lebih baik.

b) Istirahat yang Cukup

Pastikan kita mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Cobalah untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam agar tubuh dan jantung mendapatkan waktu pemulihan yang cukup.

c) Hiburan dan Aktivitas yang Menyenangkan

Mencari hiburan dan melakukan aktivitas yang menyenangkan dapat membantu mengurangi stres. Temui teman-teman, nikmati hobi, atau lakukan kegiatan yang membuat kita senang untuk menjaga kesehatan jantung dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Baca Juga: Angin Duduk atau Gejala Serangan Jantung? Ketahui Perbedaanya!

4. Pentingnya Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Beberapa kebiasaan tidur yang sehat yang dapat kita lakukan adalah:

Baca Juga  Yuk Pelajari Sejarah Badminton Indonesia dan Harapan nya

a) Jaga Pola Tidur yang Teratur

Cobalah untuk menjaga pola tidur yang teratur dengan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari. Pola tidur yang konsisten membantu menjaga ritme sirkadian tubuh dan memperbaiki kualitas tidur.

b) Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Disisi lain, pastikan tempat tidur dan lingkungan tidur kita nyaman dan tenang. Matikan lampu dan suara yang mengganggu, serta gunakan bantal dan kasur yang mendukung kenyamanan tidur.

c) Hindari Gangguan Tidur

Hindari gangguan tidur seperti konsumsi kafein atau alkohol sebelum tidur, serta hindari penggunaan gadget yang berlebihan sebelum tidur. Hal ini akan membantu kita mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan mendukung kesehatan jantung.

5. Berhenti Merokok

Merokok adalah faktor risiko utama penyakit jantung. Jika Anda merokok, penting untuk berhenti segera. Beberapa langkah yang dapat diambil adalah:

a) Bahaya Merokok bagi Jantung

Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Menghentikan kebiasaan merokok adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan jantung.

b) Mencari Dukungan untuk Berhenti Merokok

Dalam hal ini, jika Anda kesulitan berhenti merokok, cari dukungan dari keluarga, teman, atau profesional kesehatan. Mereka dapat memberikan bantuan, nasihat, atau metode penghentian merokok yang efektif.

c) Strategi Mengatasi Hasrat Merokok

Mengatasi hasrat merokok bisa jadi sulit, tetapi ada beberapa strategi yang dapat membantu. Coba gantikan kebiasaan merokok dengan kegiatan yang lebih sehat, seperti mengunyah permen karet, minum air, atau berolahraga ringan.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)