Rendra Masdrajad Safaat

Jangan Abaikan! Cara Merawat Mobil Baru untuk Meningkatkan Usia Mesin

mobil baru
Ilustrasi mengendarai mobil baru.

WartaJatim.co.id, 15 Mei 2023Mobil baru merupakan aset berharga yang perlu dirawat dengan baik agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu hal yang perlu diperhatikan secara khusus adalah perawatan mesin mobil. Dengan melakukan perawatan yang tepat, Anda dapat meningkatkan usia mesin mobil serta menjaga performanya tetap prima.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk merawat mobil baru Anda dan memperpanjang umur mesinnya.

Internship Warta Jatim

Mengganti Oli secara Teratur untuk Menjaga Kesehatan Mesin

Pertama-tama, langkah penting dalam merawat mobil baru adalah mengganti oli secara teratur. Oli yang bersih dan segar akan menjaga kesehatan mesin serta melumasi komponen-komponen penting di dalamnya. Selalu mengikuti jadwal penggantian oli yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil agar mesin tetap dalam kondisi optimal. Dengan mengganti oli secara teratur, Anda dapat meningkatkan usia mesin mobil.

Selain itu, saat mengganti oli, pastikan juga untuk memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda. Pilih oli dengan viskositas yang tepat dan sesuai dengan lingkungan tempat Anda tinggal. Transisi yang lancar dari satu jenis oli ke oli baru juga penting untuk menjaga kinerja mesin yang baik.



Memeriksa dan Merawat Filter Udara

Filter udara yang bersih dan berfungsi dengan baik sangat penting dalam menjaga kualitas udara yang masuk ke mesin. Periksa filter udara secara teratur dan bersihkan atau ganti jika diperlukan. Pastikan aliran udara yang dibutuhkan oleh mesin tidak terganggu akibat filter udara yang kotor atau tersumbat. Hal ini akan mempengaruhi kinerja dan efisiensi bahan bakar mesin. Pastikan filter udara selalu dalam kondisi optimal untuk menjaga mesin tetap sehat.

Baca Juga  Gelar Virtual Event Bertajuk "Unity In Diversity" TRUSTWEAR: Mengadopsi Semangat Bhineka Tunggal Ika

Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa dan membersihkan saluran udara atau manifold yang terhubung dengan filter udara.

Segera bersihkan jika Anda menemukan kotoran atau hambatan untuk memastikan aliran udara tetap lancar dan optimal.

Menggunakan Bahan Bakar Berkualitas dan Berkadar Oktan Sesuai

Pilihan bahan bakar yang tepat memiliki dampak langsung pada performa dan usia mesin mobil baru. Pastikan Anda menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi dan dengan kadar oktan yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Transisi dari bahan bakar lama ke bahan bakar baru juga harus dilakukan dengan hati-hati dan perlahan untuk menjaga performa mesin.

Bahan bakar berkualitas tinggi dan berkadar oktan sesuai akan membantu menjaga kebersihan sistem injeksi bahan bakar dan mencegah penumpukan endapan yang dapat merusak mesin. Hindari menggunakan bahan bakar murah atau campuran bahan bakar yang tidak terpercaya, karena hal tersebut dapat mengurangi efisiensi pembakaran dan memperpendek umur mesin.

Hindari Beban Berlebih dan Perubahan Gigi yang Tiba-tiba

Mengemudi dengan bijaksana juga merupakan faktor penting dalam merawat mobil baru dan menjaga umur mesin. Hindari beban berlebih pada mesin, seperti mengangkut beban yang melebihi kapasitas mobil atau terlalu sering memasuki kondisi lalu lintas yang padat. Hal ini dapat menyebabkan mesin bekerja keras dan mempercepat keausan komponen-komponen mesin.

Selain itu, hindari perubahan gigi yang tiba-tiba atau terlalu sering menggunakan gigi yang salah pada mobil transmisi manual. Transisi perpindahan gigi yang halus dan tepat akan mengurangi beban pada mesin dan menjaga kesehatannya.

Perawatan di Bengkel Resmi dan Mengikuti Jadwal Servis

Terakhir, jangan mengabaikan perawatan rutin di bengkel resmi atau tempat servis yang terpercaya. Bengkel resmi memiliki teknisi yang terlatih dan menggunakan suku cadang asli, serta memiliki akses ke informasi spesifik mobil Anda. Selalu ikuti jadwal servis yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil. Servis rutin meliputi pemeriksaan keseluruhan mobil, termasuk sistem elektronik, rem, suspensi, dan lainnya.

Baca Juga  7 Rekomendasi Serial Netflix untuk Menemani Liburan Akhir Tahun



Media Partner Warta Jatim