Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Dia Titik Kemacetan di Kota Batu yang Perlu Diwaspadai

Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Dia Titik Kemacetan di Kota Batu yang Perlu Diwaspadai
Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Dia Titik Kemacetan di Kota Batu yang Perlu Diwaspadai

Kota Batu, 11 Desember 2023 – Memasuki musim liburan Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kota Batu bersama Polres dan Dinas Perhubungan setempat telah melakukan pemetaan titik kemacetan di Kota Batu yang perlu diwaspadai oleh para pengguna jalan. Peningkatan volume kendaraan selama periode ini menjadi perhatian utama untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di sejumlah jalur utama.

Menurut Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu, Agoes Machmoedi, titik-titik rawan kemacetan sudah teridentifikasi dengan jelas. “Setiap malam pergantian tahun baru, kami mengamati peningkatan volume kendaraan di beberapa jalur, seperti Jalan Ir. Soekarno, Simpang Tiga Pendem, Simpang Empat Arhanud, hingga Jalur Alternatif via Karangploso,” ungkapnya.

Tak hanya itu, titik kemacetan juga diprediksi di Simpang Tiga Bendo, Simpang Empat Jalan Trunojoyo, dan jalan masuk ke kawasan Songgoriti atau area Pesanggrahan. Daerah ini menjadi akses utama bagi kendaraan dari wilayah Malang Barat seperti Pujon, Ngantang, dan Kasembon.

Ini Dia Titik Kemacetan di Kota Batu yang Perlu Diwaspadai
Ini Dia Titik Kemacetan di Kota Batu yang Perlu Diwaspadai

Dalam upaya mengatasi kemacetan, Polres Batu bersama Dinas Perhubungan dan organisasi masyarakat akan turut serta mengatur lalu lintas di titik-titik kemacetan tersebut. Rencananya, Polres Batu akan mendirikan 5 pos pantau yang tersebar di beberapa lokasi strategis.

Beberapa pos pantau akan ditempatkan di Pendem, JTP 3, Alun-Alun Batu, pertigaan Bendo, dan Batu Love Garden (Baloga). Pos pantau ini tidak hanya berfungsi untuk memantau lalu lintas tetapi juga memberikan fasilitas istirahat kepada pengendara, termasuk tempat pijat di Pos Alun-Alun Batu.

Agoes juga menyoroti titik-titik blackspot yang sering menjadi lokasi kecelakaan, seperti Klemuk dan Jurang Susuh, Toyomerto, serta Jalan Dewi Sartika di depan Pasar Induk Kota Batu. Pemerintah setempat berkomitmen untuk meningkatkan keselamatan di titik-titik ini melalui peningkatan sarana dan prasarana, termasuk pemasangan rambu, marka jalan, dan lampu penanda.

Baca Juga  10 Tempat Seru untuk Bermain Sepatu Roda di Malang, Termasuk MCC!

“Kami juga sedang merencanakan rekayasa lalu lintas di beberapa titik rawan. Meskipun demikian, kami mengimbau pengendara dan wisatawan untuk tetap berhati-hati saat berkendara, terutama saat lelah, dan disarankan untuk beristirahat di pos pelayanan,” pungkas Agoes Machmoedi. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan Kota Batu dapat menghadapi masa liburan dengan lebih lancar dan aman bagi seluruh pengguna jalan.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)