Ide dan Tips Membuat Judul Novel Islami yang Berkesan

Judul Novel Islami
Judul Novel Islami

Novel islami kini semakin populer, sehingga persaingannya juga semakin berat. Maka dari itu, pemilihan judul novel islami oleh penulis sangat krusial. Pasalnya, judul berdampak pada kesan awal calon pembaca terhadap isi novel.

Ingin tahu bagaimana cara membuat judul novel bertema islami yang menarik? Simak tips membuat dan rekomendasi ide judulnya berikut ini.

Strategi Membuat Judul Novel Islami

Minat masyarakat terutama remaja perempuan di Indonesia terhadap novel islami cukup besar. Apalagi mayoritas warga Indonesia adalah muslim. Selain alasan tersebut, umumnya pembaca juga tertarik dengan penggunaan bahasa yang puitis.

Menulis novel Islami tidak hanya menyusun kata-kata yang indah, tetapi juga menciptakan judul yang menarik. Tips untuk membuat judul novel islami diantaranya:

1. Jangan Terlalu Panjang dan Umum

Judul yang terlalu panjang tidak begitu efektif untuk menggaet pembaca. Selain itu, judul panjang juga berdampak pada tampilan cover novel. Pilih kata atau kalimat singkat supaya mudah diingat dan tidak kesulitan untuk menentukan desain cover.

Hindari pula judul yang terlalu umum, karena pembaca kurang tertarik dengan sesuatu yang biasa saja. Pilih judul yang menggambarkan cerita secara spesifik.

2. Selaraskan dengan Tema Islami

Ada baiknya bila penulis menambahkan kata berunsur islami di tajuk novel. Sebagai contoh, kamu bisa mengambil inspirasi dari ayat Al-Qur’an atau bahasa Arab yang sesuai dengan esensi cerita.

Unsur islami dalam judul dapat menambah ciri khas serta memperkuat tema novel. Di samping itu, karya juga mudah terdeteksi di search engine atau platform online lain pada pencarian kata kunci novel islami.

Baca Juga  Tilang Manual Kembali Diterapkan, Ini 12 Pelanggaran yang Menjadi Target Utama

3. Gunakan Bahasa Puitis

Target pasar atau mayoritas pembaca novel ini adalah remaja perempuan. Oleh karenanya, judul novel islami identik dengan gaya bahasa puitis atau romantis yang digemari oleh muslimah muda di Indonesia.

Umumnya calon pembaca lebih tertarik memilih novel yang terkesan indah dari gaya bahasa di judul serta sinopsis. Maka dari itu, penulis sebaiknya juga banyak menggunakan majas dalam novel.

4. Sesuaikan dengan Inti Novel

Seperti halnya karya sastra lain, penulis harus mencari korelasi antara judul dengan inti cerita. Misalnya, apa pesan yang hendak disampaikan atau cerita apa yang akan diangkat.

Pemilihan tajuk novel juga dapat diambil dari nama karakter yang ditonjolkan. Jadi pembaca juga memperoleh gambaran tentang isi cerita.

5. Pilih yang Memiliki Kesan Mendalam

Judul novel harus bisa menjadi kesan pertama yang dapat menyentuh hati serta membangkitkan rasa ingin tahu pembaca. Kamu dapat melakukan survei ke orang di sekitar mengenai judul sebelum novel dirilis atau dikirim ke penerbit.

Ide Judul Novel Islami yang Menarik

Judul novel tidak hanya ditentukan setelah cerita terbentuk. Ada pula yang melalui pencarian judul terlebih dahulu, baru menentukan ide cerita.

Berikut rekomendasi judul novel yang bisa kamu pakai sebagai inspirasi.

  • Pintu Hidayah Menembus Langit.
  • Ukiran Ayat di Hati.
  • Inayat dari Pelataran Masjid.
  • Cahaya dan Bayang di Baitullah.
  • Rintik Air Mata di Hadapan Surga-Nya.
  • Melodi Surga di Antara Kita.
  • Detik-detik Cinta yang Abadi.
  • Air Mata Khadijah.
  • Ainunjariah (mata air yang mengalir).
  • Surat Untuk Almuazam.
  • Tatap di Balik Cadar.
  • Lantunan Indah Umulqur’an di Tiap Malamku.
  • Pulang ke Pintu Ma’rifat.
  • Salam Surga di Malam Nisfu Sya’ban.
  • Meniti Jalan Menuju Ridho Allah.
  • Harmoni Cinta di Gema Suara Adzan.
  • Abadi di Pelukan Nabi.
Baca Juga  Manchester City keluar sebagai juara Liga Champions 2023

Demikian tips membuat judul novel islami beserta rekomendasinya. Jangan lupa untuk menerapkan strategi di atas jika ingin mulai menulis novel islami. Dengan begitu, novel kamu memiliki peluang tinggi untuk memperoleh banyak pembaca.

Untuk Membaca berita seputar Jawa Timur, silakan kunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)