Kapolres Malang Ingatkan Netralitas Polri dalam Pemilu 2024

Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, kembali menegaskan pentingnya netralitas personel Polri dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pernyataan ini disampaikan saat memimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Lapangan Satya Haprabu, Mapolres Malang, Rabu (17/1/2024).

Dalam apel yang dihadiri oleh para pejabat utama Polres, Kapolsek jajaran, dan seluruh personel Polres Malang, AKBP Putu Kholis menyampaikan peringatan terkait tahapan pesta demokrasi yang tengah berlangsung.

Baca juga : Buntut Penistaan Agama, Polri Tetapkan Panji Gumilang Sebagai Tersangka

“Kita bersama rekan-rekan TNI wajib netral, untuk bisa mewujudkan pemilu yang aman, damai, kondusif, dan demokratis,” kata Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana di Mapolres Malang, Rabu (17/1).

Selain itu, Kapolres Malang juga memberikan apresiasi kepada seluruh personel Polri atas dedikasinya dalam menjaga keamanan dan terus berupaya menjaga netralitas. Ia menekankan bahwa seluruh personel harus memastikan bahwa seluruh tahapan pemilu hingga proses pelantikan anggota legislatif, calon presiden dan wakil presiden, serta kepala daerah terpilih dapat berjalan dengan baik.

“Kita sudah punya pengalaman positif Pilkades gelombang dua tahun 2023 di Kabupaten Malang, alhamdulillah berjalan dengan lancar sampai dengan pelantikan tidak ada masalah sedikitpun. Ini bisa menjadi bahan acuan untuk kita makin semangat mengawal pesta demokrasi 2024,” ungkapnya.

Baca juga : Pedagang Pantai Kenjeran Watu-Watu Rusak Fasilitas Umum, Satpol PP dan Polisi Turun Tangan

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres AKBP Putu Kholisjuga menjelaskan bahwa Pemilu 2024 merupakan sarana kedaulatan rakyat. Ia mengajak seluruh personel untuk membantu meyakinkan masyarakat agar pada tanggal 14 Februari 2024, seluruh masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya tanpa rasa khawatir.

Baca Juga  Wapres Ajak Masyarakat Menjaga Toleransi dalam Perbedaan Hari Raya Idul Adha

“Mari kita wujudkan situasi yang aman, pelihara terus ketertiban yang ada, agar masyarakat makin optimis, makin yakin. Semoga apa yang kita kerjakan bisa berkontribusi untuk melanjutkan seluruh program pembangunan, mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera,” pungkasnya.

Kapolres Malang menegaskan personel Polres Malang untuk lebih memahami dan menjalankan peran penting mereka dalam menjaga netralitas dan keamanan selama proses Pemilu 2024.

Untuk mendapatkan informasi seputar Jawa Timur, Anda dapat mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)