Rendra Masdrajad Safaat

Karena Luka Bakar Sterno, Siswi Training Hotel di Bali Meninggal

Kadek Nia Luka Bakar Sterno
Kadek Nia Korban Luka Bakar Sterno (sumber: Instagram)

12 Juni 2024 –  Setelah 3 korban kebakaran gudang gas elpiji di Denpasar meninggal dunia karena luka bakar, kini seorang siswi SMA juga menghembuskan nafas terakhirnya setelah mengalami luka bakar serius karena ledakan sterno. Kadek Nia Arianti, siswi cantik asal Buleleng, Bali, meninggal dunia pada Selasa (11/6) pagi di RSUP IGNG Ngoerah, Denpasar.

Sebelumnya, Kadek Nia menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersebut selama beberapa hari.

Internship Warta Jatim

Peristiwa nahas yang menimpa Kadek Nia terjadi saat ia sedang mengisi ulang sterno di tempatnya training. Sterno, bahan bakar praktis yang biasa digunakan untuk memasak dan menjaga panas makanan, rupanya menjadi penyebab luka bakar fatal bagi Kadek Nia.

Baca juga: Heboh! Pemuda Meledakkan Petasan di Tulisan Kayutangan Heritage Malang

Menurut penggiat sosial asal Buleleng, Ary Ulangun, yang pertama kali menyampaikan kabar duka ini, Kadek Nia mengalami luka bakar saat menuangkan bahan bakar sterno ke dalam kaleng. Diduga, Kadek Nia tidak menyadari masih adanya percikan api di dalam kaleng, sehingga api menyambar dan menyebabkan luka bakar serius di tubuhnya.

Kadek Nia, siswi kelas XI SMA Candimas Pancasari, Buleleng, ini tinggal di Banjar Dinas Asah Panji, Desa Wanigiri, Kecamatan Sukasada. Gadis malang ini merupakan anak dari Made Pasek Sentana.

Ary Ulangun, melalui akun media sosialnya, sebelumnya juga telah mengabarkan peristiwa nahas yang menimpa Kadek Nia. Ia mengungkapkan bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 Wita saat Kadek Nia sedang mengisi ulang sterno dengan bahan bakar berupa gel.

Hati-hati Saat Mengisi Ulang Sterno

Kasus Kadek Nia menjadi pengingat akan bahaya penggunaan sterno, terutama bagi mereka yang belum terbiasa atau tidak paham cara penggunaannya yang aman.

Baca Juga  Caleg Golkar Ahmad Irawan Ajak Masyarakat Malang Jadi Barometer Pemilu Damai

Sterno adalah bahan bakar portabel yang terbuat dari gel atau alkohol padat. Sterno biasanya digunakan untuk memanaskan chafing dish atau prasmanan, menghangatkan makanan, dan menyalakan kompor portabel. Sterno mudah terbakar dan menghasilkan panas yang tinggi, sehingga perlu digunakan dengan hati-hati.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengisi ulang sterno yang aman:

  • Pastikan sterno sudah dingin dan mati. Tunggu beberapa saat setelah sterno digunakan sebelum mengisi ulangnya.
  • Buka tutup kaleng sterno. Lepaskan tutup kaleng sterno dengan hati-hati.
  • Tuangkan bahan bakar sterno ke dalam kaleng. Gunakan corong untuk menuangkan bahan bakar sterno ke dalam kaleng. Pastikan untuk tidak mengisi kaleng sterno secara berlebihan.
  • Pasang kembali tutup kaleng sterno. Pastikan tutup kaleng sterno terpasang dengan rapat untuk mencegah kebocoran bahan bakar.
  • Simpan sterno di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari sumber panas dan api.

Untuk membaca berita seputar Jawa Timur, silakan kunjungi wartajatim.co.id

Media Partner Warta Jatim