Kartu Prakerja: Program Pelatihan dengan Subsidi 700 Ribu untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Pekerja

Kartu Prakerja
Cara Daftar Kartu Prakerja

Wartajatim.co.id, 4 Mei 2023 – Ketahui informasi tentang bagaimana mendaftar Kartu Prakerja bermodalkan KTP dan BPJS Ketenagakerjaan bisa mendapatkan bantuan subsidi selain dari program Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Kartu Prakerja dapat membantu masyarakat dalam perekonomiannya dengan memberikan pelatihan dan insentif uang sebesar Rp700 ribu kepada peserta.

Seperti yang telah diketahui, pemerintah tidak lagi membuka program Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi gaji di tahun ini. Menurut Kemnaker, yang bertanggung jawab atas program BSU, kondisi pasca pandemi Covid-19 sudah cukup stabil bagi pekerja.

Namun, masih banyak pekerja atau karyawan yang berharap untuk mendapatkan kembali bantuan BSU di tahun ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meskipun BSU tidak dibuka lagi, pekerja tidak perlu khawatir karena ada bantuan sebesar Rp700 ribu yang bisa didapatkan melalui program Kartu Prakerja 2023.

Kartu Prakerja sendiri merupakan program semi-beasiswa yang memberikan pelatihan dan insentif berupa uang sebesar Rp700 ribu kepada pesertanya.

Sebelum melakukan pendaftaran, pekerja wajib memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Berikut adalah syarat lengkap mendaftar Kartu Prakerja:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 18 tahun
  2. Tidak sedang bersekolah atau kuliah di perguruan tinggi
  3. Tidak sedang bekerja atau memiliki penghasilan tetap (termasuk menjadi pegawai negeri atau anggota TNI/Polri)
  4. Memiliki akun aktif di situs web atau aplikasi resmi
  5. Memiliki akses internet yang memadai untuk mengakses materi pelatihan online
  6. Memiliki nomor NPWP (opsional)
  7. Tidak sedang menerima bantuan subsidi upah dari pemerintah (seperti BLT atau bantuan lainnya)

Setelah memenuhi syarat di atas, calon peserta dapat mendaftar dan mengikuti tahapan seleksi, seperti pengisian form pendaftaran dan ujian online. Jika lulus seleksi, peserta akan mendapatkan akses ke berbagai program pelatihan dan sertifikasi keterampilan yang tersedia di platform aplikasi maupun website serta mendapatkan bantuan subsidi pelatihan yang dapat digunakan untuk membiayai biaya pelatihan atau sertifikasi yang diambil.

Baca Juga  Mengungkap Manfaat Luar Biasa Kartu Identitas Anak (KIA) di Surabaya

Namun saat ini, pendaftaran untuk Kartu Prakerja belum dibuka. Namun, masyarakat dapat terus memantau informasi terbaru mengenai program Kartu Prakerja melalui situs web resmi atau kanal media sosial yang tersedia.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)