Kecelakaan Bus Harapan Jaya di Tol Sumo: 3 Orang Luka Ringan, Beruntung Tak Ada Korban Jiwa

Sebuah kecelakaan melibatkan bus Harapan Jaya terjadi di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo). Kejadian ini terjadi di KM 719, tepatnya di Wringinanom, Gresik, sekitar pukul 09.15 pagi, 18/1/2024  .

Bus Harapan Jaya, dengan 12 penumpang di dalamnya, terperosok ke tepi jalan setelah sang sopir, Malik Alvian, berusaha menghindari sebuah mobil yang mengalami pecah ban di depannya. Akibatnya, bus melaju tak terkendali dan menabrak berbagai rintangan di sepanjang jalur cepat tol tersebut sehingga terjadi kecelakaan.

Baca juga : Kecelakaan Rombongan Siswa SMAN 1 Sidoarjo di Tol Ngawi, 2 Jiwa Melayang

Beruntung, meskipun kejadian kecelakaan bus Harapan Jaya ini, hanya 3 orang yang mengalami luka ringan. Malik Alvian, sang sopir, riwayatkan luka lecet di jari kanannya, sementara dua penumpang perempuan, Ayu Pratiwi dan Suciati, juga mengalami luka ringan.

Menurut Kanit PJR Jatim III Ditlantas Polda Jatim, AKP Imam Sayfudin Rodji, “Untuk penumpang bus sebanyak 12 orang. Hanya luka ringan untuk sopir bus dan dua penumpang perempuan.”

Evakuasi dilakukan dengan cepat, dan ketiga korban dirawat di RS Petrokimia Gersik.

Baca juga : Tragedi Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka, Empat Pegawai PT KAI Gugur, Penumpang Selamat

Peristiwa ini bermula ketika bus melaju dari Mojokerto menuju Surabaya dengan kecepatan tinggi. Di depannya, sebuah mobil Honda Brio berusaha mengurangi kecepatan karena sebuah Kijang sedang menepi untuk mengganti ban di lajur kiri.

“Sopir bus tidak bisa mengendalikan kendaraannya hingga oleng ke kanan menabrak beton pembatas. Bahkan laju bus kian tak terkendali sehingga kembali ke sisi kiri lalu menabrak mobil kijang dan berakhir terperosok ke tepi jalan tol dengan posisi bus menghadap ke utara,” tambah AKP Imam.

Baca Juga  Kecelakaan Rombongan Siswa SMAN 1 Sidoarjo di Tol Ngawi, 2 Jiwa Melayang

Baca juga : Gubernur Jawa Timur Rilis Rencana Perluasan Bus Trans Jatim di Tahun 2024

Dalam wawancara eksklusif dengan Malik Alvian, sang sopir, ia mengakui, “Saya mencoba menghindari mobil di depan yang pecah ban, tapi jarak terlalu dekat. Saya sangat bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.”

Pihak tol dan kepolisian kini telah mengevakuasi bus yang terjungkal di tepi tol, sambil mengatur arus lalu lintas agar kembali lancar.

Untuk mendapatkan informasi seputar Jawa Timur, Anda dapat mengunjungi wartajatim.co.id

 

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)