Kenali 9 Fakta Unik Ini Sebelum Datang ke Pameran Van Gogh

fakta unik van gogh

WartaJatim.co.id, 15 Juni 2023 – Halo para penikmat seni! Jika Anda memiliki rencana untuk pergi ke pameran Van Gogh di Jakarta pada 7 Juli mendatang, Anda harus kenali dahulu fakta unik Van Gogh ini.

Vincent van Gogh lahir pada tahun 1853 di desa Zundert, Belanda. Ia merupakan seorang pelukis yang memiliki pengaruh yang besar dalam dunia seni. Meskipun hidupnya singkat, Van Gogh mampu menciptakan lebih dari 2.000 karya seni yang menakjubkan.

Pameran Van Gogh adalah sebuah kesempatan langka untuk melihat karya-karya legendaris pelukis Belanda, Vincent van Gogh. Melalui pameran ini, pengunjung dapat menikmati keindahan dan keunikan setiap lukisan yang ditampilkan.

Berikut 9 Fakta Unik Vincent Van Gogh:

1. Van Gogh adalah pelukis yang tidak diakui semasa hidupnya

Salah satu fakta unik tentang Van Gogh adalah bahwa ia tidak di akui sebagai pelukis yang berbakat selama hidupnya. Baru setelah kematiannya, karya-karyanya mendapatkan pengakuan yang luas dan dihargai sebagai karya seni yang brilian.

2. Pengaruh Jepang dalam karya-karya Van Gogh

Van Gogh terinspirasi oleh seni dan budaya Jepang. Pengaruh Jepang terlihat dalam penggunaan warna-warna cerah dan gaya melingkar yang menjadi ciri khas lukisan-lukisannya.

3. Kehadiran warna-warna terang dalam lukisan-lukisan Van Gogh

Salah satu ciri khas lukisan-lukisan Van Gogh adalah kehadiran warna-warna terang yang kuat. Penggunaan warna-warna ini memberikan kehidupan dan emosi yang mendalam dalam setiap lukisannya.

Baca Juga: Kisah Sukses Preston Mutanga, Bocah 14 Tahun Direkrut Jadi Animator Spiderman

4. Lukisan Potret Diri Van Gogh yang Ikonik

Van Gogh menciptakan sejumlah potret diri yang menjadi ikonik dan terkenal hingga saat ini. Melalui potret-potret ini, ia mengungkapkan keadaan batin dan perjuangannya dalam hidup.

Baca Juga  Nia Ramadhani dan Luna Maya Mengalahkan Gigi-Gege di Lagi-Lagi Tenis

5. Penggunaan Teknik Impasto oleh Van Gogh

Van Gogh menggunakan teknik impasto, yaitu menerapkan lapisan cat yang tebal pada kanvas, dalam karya-karyanya. Hal ini memberikan tekstur yang kaya dan dimensi visual yang unik pada lukisan-lukisannya.

6. Gangguan Kesehatan Mental yang Dialami Van Gogh

Van Gogh mengalami gangguan kesehatan mental sepanjang hidupnya, termasuk episode-episode depresi dan gangguan bipolar. Kondisi kesehatan mentalnya memengaruhi cara pandang dan gaya melukisnya.

Baca Juga: Putri Ariani Dapat Golden Buzzer! Buktikan Ia Berhasil Survive Dengan Kekurangannya

7. Kematian Tragis Van Gogh

Van Gogh mengalami kematian yang tragis pada usia 37 tahun. Ia meninggal akibat luka tembak yang di duga akibat percobaan bunuh diri. Meskipun hidupnya singkat, warisan seninya terus menginspirasi dan memukau orang hingga saat ini.

8. Ia Memotong Cuping Telinganya Sendiri

Kejadian ini terjadi pada Desember 1888 di kota Arles, Prancis. Van Gogh mengalami serangan emosional yang parah dan terjadi ketegangan antara dia dan temannya, Paul Gauguin. Selama periode ini, Van Gogh merasa terisolasi dan kesepian.

Dalam keadaan yang kacau, dia memutuskan untuk memotong cuping telinganya menggunakan pisau cukur. Setelah melakukannya, dia memberikan potongan telinga tersebut kepada seorang wanita di sebuah rumah bordil dan kemudian pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Potongan telinga yang hilang ini juga menjadi salah satu aspek yang menghidupkan kisah tragis dan kompleks dalam sejarah seni.

9. Seumur Hidup Hanya Menjual Satu Lukisan Saja

Dalam kurun waktu 37 tahun, Van Gogh hanya mampu menjual satu karya seni yang di kenal dengan judul “The Red Vineyard”. Lukisan ini di beli oleh seorang kolektor seni bernama Anna Boch pada tahun 1890.

Baca Juga  Mencicipi Kelezatan Mochi Malang yang Disukai Banyak Orang

Meskipun Van Gogh tidak mendapatkan pengakuan dan keberhasilan finansial semasa hidupnya, hal ini tidak menghalanginya untuk terus melukis dengan gairah dan dedikasi. Dia mendedikasikan dirinya sepenuhnya pada seni, menciptakan lebih dari 2.000 karya selama masa hidupnya.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)