Rendra Masdrajad Safaat

Kepoin! Kapan sih Waktu yang Oke buat Ganti Ban Mobilmu?

Mobilmu
Ilustrasi tentang pentingnya mengganti ban kendaraan secara tepat waktu untuk menjaga keselamatan dan performa kendaraan.

WartaJatim.co.id, 14 Juni 2023 – Halo, para penggemar otomotif! Kali ini kita akan bahas topik yang nggak boleh disepelekan, yaitu: “Kapan Waktunya Ganti Ban Mobilmu?” Emang penting banget sih, Bro, ganti ban kendaraanmu di waktu yang tepat. Nggak cuma soal gaya, tapi juga soal keselamatan dan performa kendaraan. Jadi, simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Tanda-tanda Profil Ban yang Menipis

Ini nih, tanda pertama yang harus diwaspadai. Kalo profil ban udah menipis banget, itu tandanya kamu perlu ganti ban secepatnya. Jadi, cek terus ketebalan profil banmu, apalagi kalo udah mulai sampein 1,6 mm. Itu tandanya banmu udah nggak aman lagi.

Internship Warta Jatim
2. Cacat-cacat pada Ban

Nah, kalo banmu ada goresan dalam, gundukan, atau bahkan robekan, itu pertanda banmu udah nggak layak pakai lagi. Kan nggak mau kan, kalo banmu rusak dan ngaruh ke traksi dan kestabilan saat nyetir?

3. Ngeliat Tanggal Produksi Ban

Ini penting, Bro. Ban juga punya tanggal produksi yang tertera di sampingnya. Kalo banmu udah terlalu tua, walaupun keliatannya masih oke, tetep aja harus ganti. Umumnya, ban yang udah lebih dari lima tahun itu udah dianggap tua dan harus diganti, biar tetep aman di jalan.

4. Performa Ban yang Ngedrop

Ada perubahan performa mobilmu, misalnya jarak pengereman yang makin lama atau kestabilan yang menurun pas hujan? Itu pertanda banmu mungkin udah waktunya diganti, Bro. Performa ban yang menurun bisa bikin ban nggak lagi punya traksi dan elastisitas yang cukup.

5. Ketidakseimbangan pada Ban

Kalo kamu ngerasain getaran aneh saat nyetir, kemungkinan banmu nggak seimbang, Bro. Ketidakseimbangan ban bisa berakibat pada kerusakan suspensi dan komponen kendaraan lainnya. Kalo setelah dilakukan perbaikan tapi masalahnya tetep ada, mungkin udah saatnya ganti ban deh.

Baca Juga  Keju Tidak Hanya untuk Topping tapi bisa juga untuk Bahan Utama, ini Tips Ala Chef Juna
6. Jangan Ngelewatin Batas Waktu Pakai Ban

Ban juga punya batas waktu penggunaan yang direkomendasikan produsennya. Makanya, jangan lupa perhatiin batas waktu penggunaan dan ganti ban sesuai rekomendasi produsen. Nggak mau kan, banmu keabisan masa pakai dan bisa bahaya pas lagi nyetir?

Intinya, ganti ban mobilmu di waktu yang tepat itu penting banget, Bro. Jangan sampe diabaikan, karena keselamatanmu dan performa kendaraanmu tergantung ban yang oke.

Pastikan kamu selalu perhatiin tanda-tanda kayak profil ban yang menipis, cacat pada ban, tanggal produksi ban, performa ban yang menurun, ketidakseimbangan pada ban, dan batas waktu penggunaan ban.

Jadi, jangan ragu lagi buat ganti ban kalo udah waktunya. Jaga keselamatan dan kenyamanan di jalan, serta tetap gaya dengan ban baru yang keren!

Media Partner Warta Jatim