Rendra Masdrajad Safaat

Kini Oliver Bias Menjadi Pemain Baru Di Persija Jakarta

Oliver Bias Persija

WartaJatim.co.id 20 Juli 2023 – Profil Oliver Bias, pemain lulusan RB Leipzig yang telah resmi bergabung dengan Persija Jakarta, lahir pada tanggal 15 Juni 2001.

Ia menjadi pemain asing kelima yang berada dalam skuad Persija Jakarta untuk Liga 1 2023-2024.

Internship Warta Jatim

Oliver Bias, yang memiliki darah Filipina-Jerman, menjadi pemain asing kelima setelah Ryo Matsumura (Jepang), Ondrej Kudela (Republik Ceko), Marko Simic (Kroasia), dan Maciej Gajos (Polandia) yang lebih dulu dikontrak oleh Persija Jakarta.

Masih ada satu slot tersisa untuk pemain asing di skuad Persija Jakarta, namun belum diketahui apakah pelatih Thomas Doll akan memakai semua jatah pemain asingnya musim ini atau tidak.

Lantas, siapakah sebenarnya Oliver Bias? Oliver Bias merupakan pemain yang juga berlabel Timnas Filipina dengan darah Jerman karena ia dilahirkan di Johanngeorgenstadt, Jerman.

Saat ini berusia 22 tahun, Oliver didatangkan oleh Persija Jakarta dari FK Pribram, klub kasta kedua Liga Republik Ceko, dengan status pinjaman selama satu tahun.

Thomas Doll sebelumnya mencari informasi tentang Oliver Bias yang pernah bermain untuk tim muda RB Leipzig. Setelah mendapatkan banyak informasi positif mengenai pemain berusia 22 tahun tersebut, Thomas Doll yakin bahwa Oliver Bias adalah sosok yang tepat untuk meningkatkan kualitas skuad Macan Kemayoran.

“Oliver (Bias) pernah bermain untuk tim muda RB Leipzig. Jadi saya sempat menanyakan beberapa orang di sana dan saya banyak mendapatkan hal positif tentangnya,” kata Thomas Doll dalam keterangan resmi Persija.

Mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut mengakui kualitas yang dimiliki Oliver Bias. Thomas Doll yakin bahwa pemain Filipina ini akan memberikan dampak positif bagi Persija Jakarta dalam menghadapi Liga 1 2023-2024.

Baca Juga  ABG Nyetir HR-V Baru Celaka sampai Terbalik, Netizen Ngakak tapi Kasihan

“Dia adalah pemain yang memiliki kecepatan. Dia adalah tipe pemain yang suka duel satu lawan satu. Menurut saya, Oliver mempunyai kualitas yang dibutuhkan tim ini,” ujarnya.

Oliver Bias memiliki peran sebagai gelandang serang dan winger. Ia telah mendapatkan tempaan selama lima tahun bersama tim muda RB Leipzig dari tahun 2015 hingga 2020. Setelah itu, Oliver Bias berkelana di beberapa klub seperti Optik Rathenow (2020-2021), FC Nitra (2021), Azkals Development Team (2021-2022, 2023), Chiangmai United (2022-2023), dan FK Pribram (2023).

Total, Oliver Bias sudah memiliki 83 caps dan menyumbangkan tujuh gol serta 11 assist di kompetisi junior dan senior. Bahkan, meskipun lahir di Jerman, ia pernah membela Timnas Jerman di kelompok umur U-15, U-16, dan U-17 sebelum akhirnya membela Timnas Filipina U-23 dengan sembilan kali penampilan. Bersama Timnas Filipina senior, Oliver Bias telah tampil sebanyak 11 kali dan mengemas dua assist.

Media Partner Warta Jatim