Rendra Masdrajad Safaat

Kolaborasi Kepala Daerah untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif di Jawa Timur

Kolaborasi Ekonomi Kreatif

WartaJatim.co.id, 23 Juni 2023 – Bupati Jember Hendy Siswanto, Koordinator Wilayah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Jawa Timur, meminta bupati lain dan kepala daerah untuk kolaborasi untuk mendorong ekonomi kreatif di provinsi mereka.

Seluruh bupati di provinsi tersebut hadir untuk kolaborasi dalam rapat kerja yang diadakan oleh Apkasi Jatim dengan tema ekonomi kreatif. Pada hari Kamis, rapat tersebut diadakan di salah satu hotel di Surabaya.

Internship Warta Jatim

Menurut Hendy dalam sebuah pernyataan yang dia terima di Jember, “Ekonomi kreatif hanya terdengar mudah secara verbal, tetapi sebenarnya sangat sulit untuk diterapkan. Oleh karena itu, kolaborasi dengan daerah lain diperlukan untuk terus berkembang.”

Menurutnya, pada Rabu (21/6/19), Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan pencabutan status pandemi COVID-19 di Indonesia, sehingga Indonesia memasuki masa endemi.

“Sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor yang pulih dengan cepat setelah status pandemi dicabut. Selama pandemi, sektor ini tidak terlalu terdampak karena masyarakat justru tertarik untuk beralih ke ekonomi kreatif,” katanya.

Dr. Robinson Hasoloan Sinaga, Direktur Pengembangan Kekayaan Intelektual Industri Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), menjadi pembicara di rapat koordinasi tersebut, yang membahas prospek dan pengembangan ekonomi kreatif di daerah.

Robinson mengatakan, “Untuk mewujudkan ekonomi kreatif, kita perlu segera memulai sesuai dengan rencana yang telah dirancang, sehingga perlu fokus pada satu titik terlebih dahulu untuk pengembangan yang maksimal.”

Ia menjelaskan bahwa agar mereka dapat mengembangkan potensi mereka yang lebih besar, generasi muda dan milenial saat ini sangat tertarik pada industri kreatif, terutama di bidang olahraga dan musik.

“Selain itu, gim dan musik juga dapat menjadi sumber hiburan yang menghasilkan pendapatan,” tambahnya.

Media Partner Warta Jatim