Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah Meraih Emas dan Pecahkan 2 Rekor SEA Games 2023

Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah Meraih Emas dan Pecahkan 2 Rekor SEA Games 2023.
Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah Meraih Emas dan Pecahkan 2 Rekor SEA Games 2023.

WARTAJATIM.co.id, 15 Mei 2023Rahmat Erwin Abdullah, atlet angkat besi Indonesia, mengukir prestasi gemilang dengan meraih medali emas dalam nomor 81 kilogram putra SEA Games 2023.

Keberhasilannya di SEA Games 2023 ini diraih dengan memecahkan dua rekor di Olympic Taekwondo Hall, Phnom Penh, pada hari Senin (15/5/2023).

Dalam pertandingan final, Erwin berhasil memecahkan rekor snatch dan clean and jerk SEA Games pada nomor 81 kilogram putra.

Pada angkatan snatch, atlet berusia 22 tahun ini berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang berada pada angka 157 kilogram. Mencatatkan angkatan 158 kilogram.



Tak hanya itu, pada angkatan clean and jerk, peraih medali perunggu Olimpiade 2020 di Tokyo ini juga sukses memecahkan rekor. Dengan angkatan 201 kilogram, satu kilogram lebih berat dari rekor sebelumnya.

Dengan demikian, total angkatan Erwin pada SEA Games 2023 mencapai 359 kilogram.

Sementara itu, medali perunggu pada nomor tersebut berhasil diraih oleh lifter dari Myanmar, Thi Ha Aung. Dengan total angkatan 290 kilogram, terdiri dari 125 kilogram snatch dan 165 kilogram clean and jerk.

Prestasi emas yang diraih oleh Erwin merupakan medali emas ke-74 yang berhasil diraih oleh Indonesia pada SEA Games 2023.

Rahmat Erwin Abdullah SEA Games 2023

Selain itu, pada hari ini, Indonesia juga meraih dua medali emas sebelumnya, yang didapatkan dari cabang olahraga sepak takraw, angkat besi, dan gulat.

Tim sepak takraw Indonesia, yang diperkuat oleh Rusdi, Muhammad Hardiansyah Muliang, dan Saiful Rijal, berhasil meraih medali emas pada nomor men’s double.

Mereka sukses mengalahkan tim Malaysia dengan skor akhir 2-1, dengan rincian skor 16-21, 21-16, dan 21-13.

Baca Juga  Yuk Intip Lagu Taylor Swift yang Cocok Temani Hari Valentine Bareng Pasanganmu!

Selain itu, dalam cabang angkat besi, Tsabitha Alfiah Ramadani juga menyumbangkan medali emas ke-72. Ia menyumbang pada nomor 64 kilogram putri.

Sementara dalam cabang gulat, Indonesia berhasil merebut medali emas ke-73 melalui Mutiara Ayuningtyas pada nomor Women’s 53 kilogram.

Dengan capaian prestasi ini, Indonesia terus menunjukkan keunggulannya dalam arena olahraga regional. Dan berharap dapat menginspirasi atlet-atlet muda untuk meraih prestasi gemilang di masa depan.



*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)