Malam Nisfu Sya’ban 2023: Mengenal Tradisi Perayaannya di Indonesia

Suasana Malam Nisfu Sya'ban 1443 H di Masjid Istiqlal (Credit istiqlal.or.id)
Suasana Malam Nisfu Sya'ban 1443 H di Masjid Istiqlal (Credit istiqlal.or.id)

Warta JatimMalam Nisfu Sya’ban merupakan malam yang dianggap istimewa dalam agama Islam. Malam ini jatuh pada tanggal 15 Sya’ban pada kalender Hijriyah. Pada malam ini, umat muslim di seluruh dunia memperingatinya dengan berbagai cara, termasuk di Indonesia.

Pada tahun 2023, Malam Nisfu Sya’ban di Indonesia jatuh pada tanggal 7 Maret. Malam ini biasanya dirayakan dengan berbagai acara keagamaan seperti pengajian, doa bersama, zikir, dan membaca Al-Quran. Beberapa tradisi perayaan Malam Nisfu Sya’ban di Indonesia antara lain:

1. Berzikir dan Membaca Al-Quran

Pada Malam Nisfu Sya’ban, umat muslim di Indonesia biasanya mengadakan acara zikir dan membaca Al-Quran bersama. Hal ini dilakukan untuk memperbanyak ibadah dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

2. Menyantuni Anak Yatim dan Fakir Miskin

Selain mengadakan acara keagamaan, umat muslim di Indonesia juga sering melakukan kegiatan sosial pada Malam Nisfu Sya’ban. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah menyantuni anak yatim dan fakir miskin. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian sosial dan juga sebagai amal ibadah.



Baca Juga The Raheem: Perjalanan Menjadi Wanita Teristimewa Bersama Zerina Banu

3. Menyalakan Lampu dan Lilin

Tradisi menyalakan lampu dan lilin pada Malam Nisfu Sya’ban juga cukup populer di Indonesia. Lampu dan lilin ini diletakkan di sekitar rumah, masjid, atau tempat-tempat ibadah lainnya. Hal ini dilakukan sebagai tanda kebahagiaan dan juga untuk menghormati malam yang istimewa ini.

4. Berbuka Puasa Bersama

Beberapa komunitas muslim di Indonesia juga sering mengadakan acara berbuka puasa bersama pada Malam Nisfu Sya’ban. Hal ini dilakukan sebagai bentuk silaturahmi antar umat muslim dan juga untuk memperbanyak ibadah.

Baca Juga  Perawatan Kendaraan Sendiri atau ke Bengkel: Mana yang Lebih Baik?

5. Mengikuti Acara Keagamaan di Masjid

Masjid merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi oleh umat muslim pada Malam Nisfu Sya’ban di Indonesia. Di sana, biasanya diadakan acara keagamaan seperti pengajian, tausiyah, dan doa bersama. Hal ini dilakukan sebagai bentuk memperbanyak ibadah dan juga untuk memperoleh pahala yang besar.



Pada Malam Nisfu Sya’ban 2023, umat muslim di Indonesia diharapkan dapat memperingatinya dengan cara yang sesuai dengan ajaran Islam. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan berkah-Nya kepada kita semua. Aamiin.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *