Malaysia Kekeringan Air, Panic Buying Terjadi Lagi

Kekeringan ilustrasi.
Kekeringan ilustrasi.

Wartajatim.co.id, 21 Mei 2023 – Kombinasi kekeringan bendungan dan kesalahan sistem distribusi air telah memicu fenomena panic buying air mineral di sejumlah wilayah di Malaysia pada pekan ini.

Menurut laporan, sekitar 1 juta orang di Penang dan Kedahan Malaysia terdampak kekeringan air.

Kekeringan air tersebut membuat banyak masyarakat Malaysia yang menyerbu toko karena panik.

Sejumlah video viral di media sosial menunjukkan bahwa supermarket diserbu oleh penduduk setempat dan botol air minum habis terambil dari rak-rak toko, demikian seperti dikutip dari The Star (20/5/2023).

Kejadian itu terjadi pada Selasa, 16 Mei 2023.

Meskipun pasokan air pulih dalam waktu kurang dari 24 jam, banyak penjual makanan memutuskan untuk tidak buka karena mereka tidak dapat menyiapkan bahan makanan tanpa air sehari sebelumnya.

Penyebabnya diduga dipicu oleh menurunnya volume air di beberapa bendungan di Penang yang tak teraliri air dari Sungai Muda secara optimal.

Bendungan Ayer Itam hanya terisi 39,8%, Bendungan Teluk Bahang 46,2% dan bahkan Bendungan Mengkuang yang lebih besar, yang biasanya terisi lebih dari 90%, turun menjadi 88,2 %.

Imbauan untuk menghemat air kepada warga Penang disampaikan oleh anggota parlemen lokal, Chow Kon Yeow. Dikemukakan bahwa dalam kasus Bendungan Ayer Itam, air bagi penduduk setempat hanya akan bertahan selama 120 hari lagi.

“Seruan” ini diungkapkan oleh Presiden Penang Water Watch, Dr. Chan Ngai Weng, kepada warga Penang.

“Penggunaan air harian per kapita Penang melonjak hingga di atas 300 liter tahun lalu, tertinggi di negara ini. Tarif harus dinaikkan untuk mengendalikan pemborosan air,” tuturnya.

Baca Juga  Menantang Distopia: Perjuangan Berdarah di Dago Elos

Dikatakan oleh Chan, bahwa banyak sekali masyarakat menuding pemerintah Penang dan juga Penang Water Supply Corporation.

“Tidak benar Penang tidak memiliki rencana masa depan untuk ketahanan air. Ada banyak rencana dan pihak berwenang Penang telah berbicara dengan rekan-rekan mereka di Kedah secara damai,” ucap Chan.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)