Manfaat Terapi Film dalam Membantu Melupakan Kekhawatiran

Manfaat Terapi Film dalam Membantu Melupakan Kekhawatiran
Manfaat Terapi Film dalam Membantu Melupakan Kekhawatiran

WartaJatim.co.id, 01 Agustus 2023 – Stres dan kekhawatiran adalah bagian dari kehidupan manusia yang sering kali sulit dihindari. Saat menghadapi tekanan dari pekerjaan, hubungan, atau masalah pribadi, orang sering mencari cara untuk mengatasi perasaan tersebut. Salah satu metode yang telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir adalah terapi film.

Terapi film menggabungkan kesenangan menonton film dengan tujuan khusus untuk mengatasi stres dan kekhawatiran, serta memberikan efek positif pada psikologi manusia.

Menonton Film sebagai Sarana Pelarian dari Kekhawatiran

Ketika seseorang menonton film, mereka seringkali terbawa dalam cerita dan dunia yang dipresentasikan di layar. Hal ini menyebabkan penonton dapat melupakan sejenak kekhawatiran dan masalah yang sedang dihadapinya. Film-film dengan genre yang ringan, seperti komedi atau fantasi, dapat membantu melepaskan ketegangan psikologis dengan menghadirkan situasi yang menyenangkan dan menghibur.

Identifikasi dengan Karakter dalam Film

Seiring film berjalan, penonton sering merasa terhubung dengan karakter-karakter dalam cerita. Perasaan ini dapat meningkatkan empati dan rasa saling mengerti dengan karakter tersebut, sehingga penonton merasa tidak sendirian dalam menghadapi kesulitan atau perjuangan yang serupa.

Identifikasi dengan karakter-karakter ini juga dapat membantu penonton melihat masalah mereka dari sudut pandang yang berbeda dan memberikan inspirasi untuk mengatasi kesulitan yang sedang dihadapinya.

Pengalihan Perhatian dari Kekhawatiran Pribadi

Menonton film juga dapat berfungsi sebagai pengalihan perhatian dari kekhawatiran pribadi yang berlebihan. Saat menikmati cerita yang menarik, pikiran penonton cenderung terfokus pada alur cerita dan karakter, sehingga perasaan cemas atau khawatir sementara terlupakan. Ini memberi kesempatan bagi pikiran untuk bersantai dan melepaskan tekanan psikologis yang mungkin sedang dialami.

Baca Juga  Hotel di Ijen Malang: Staycation Nyaman & Instagramable untuk Liburan Kekinian

Eksplorasi Emosi dan Katarisis

Beberapa film menghadirkan cerita yang penuh dengan emosi, termasuk kesedihan, kegembiraan, rasa takut, atau amarah. Menonton film yang menyentuh emosi ini dapat membantu penonton mengeksplorasi perasaan mereka yang mungkin telah terpendam atau diabaikan. Proses ini dikenal sebagai katarisis, di mana penonton melepaskan emosi yang tertahan dan merasa lebih lega setelahnya.

Efek Terapi Film dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis

Terapi film tidak hanya berfungsi sebagai sarana pelarian, tetapi juga memiliki efek positif yang mendalam pada kesejahteraan psikologis seseorang. Berikut adalah beberapa efek terapi film yang bermanfaat bagi psikologi manusia:

Relaksasi dan Pengurangan Stres

Menonton film yang menyenangkan atau menghibur dapat memberikan rasa relaksasi dan mengurangi tingkat stres. Saat seseorang merasa tegang atau cemas, menonton film favorit mereka dapat menjadi pelarian yang menyegarkan dan meredakan ketegangan psikologis.

Inspirasi dan Motivasi

Beberapa film menghadirkan cerita inspiratif dan penuh semangat, di mana karakter menghadapi tantangan dan akhirnya berhasil mengatasinya. Kisah-kisah semacam ini dapat memberikan motivasi bagi penonton untuk menghadapi masalah mereka sendiri dengan tekad dan keyakinan.

Pemahaman dan Pencerahan

Film-film dengan latar belakang budaya, sejarah, atau lingkungan sosial yang berbeda dapat membantu memperluas pemahaman dan wawasan seseorang. Pemahaman ini dapat membuka pikiran penonton terhadap perspektif baru, mengurangi prasangka, dan meningkatkan empati terhadap orang lain.

Mendukung Proses Terapi Tradisional

Terapi film dapat menjadi tambahan yang efektif dalam proses terapi tradisional. Beberapa terapis menggunakan film sebagai alat untuk memulai percakapan tentang masalah klien atau untuk membantu klien mengidentifikasi emosi dan pengalaman pribadi.

Melupakan kekhawatiran dengan menonton film bukanlah cara untuk menghindari masalah yang ada, tetapi merupakan cara yang positif untuk memberikan kesempatan bagi pikiran untuk bersantai dan melepaskan tekanan psikologis sementara waktu.

Baca Juga  Retrorika Batu, Kafe dengan Nuansa Eco-friendly

Terapi film memiliki berbagai manfaat bagi psikologi manusia, termasuk memberikan sarana pelarian, meningkatkan kesejahteraan psikologis, dan mendukung proses terapi tradisional.

Namun, penting untuk diingat bahwa terapi film tidak menggantikan pengobatan atau perawatan profesional jika diperlukan. Jika stres dan kekhawatiran Anda mengganggu keseharian, penting untuk mencari bantuan dari ahli kesehatan mental yang berkualifikasi.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)