Rendra Masdrajad Safaat

Mencicipi Kelezatan Mochi Malang yang Disukai Banyak Orang

Mochi Malang

Mochi adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari beras ketan melalui proses penggilingan menjadi adonan yang lengket dan elastis. Mochi biasanya memiliki tekstur yang lembut, kenyal, dan sedikit lengket. Makanan ini kembali populer karena banyak yang menyukainya, hampir di setiap kota ada saja yang menjualnya, salah satunya mochi Malang.

Mochi sendiri memiliki bagian penting dalam kebudayaan Jepang selama berabad-abad lamanya. Di Jepang mochi memiliki simbol keberuntungan dan melambangkan rezeki bagi setiap orang yang memakannya.

Internship Warta Jatim

Tak hanya itu, mochi sendiri memiliki berbagai bentuk dan variasi.

Varian Mochi yang Populer

Tidak hanya Daifuku saja, mochi memiliki varian yang sangat beragam. Tentunya varian mochi ini sudah banyak tersedia di pasaran. Yuk simak apa saja varian mochi yang populer!

  1.     Mochi Kukus (Yakimochi)

Yakimochi adalah mochi kukus atau panggang. Yakimochi  dibuat dengan menggunakan panggangan arang, akan tetapi pada zaman modern menggunakan gas. Di Jepang, Yakimochi dimakan pada saat musim gugur sembari menikmati pemandangan bulan purnama.

Yakimochi memiliki 2 varian yaitu

Isobe Maki adalah yakimochi yang di panggang dengan kecap dan kemudian dibungkus rumput laut (nori). Abekawa adalah yakimochi yang di panggang dan di rendam dalam air panas serta di tutup dengan campuran gula dan sejenis kacang bubuk.

  1.     Mochi Isi (Daifuku)

Daifuku atau mochi isi. Mochi ini umumnya di isi dengan pasta kacang merah dan terkadang di sisipi dengan isian buah stroberi utuh. Makanan ini sering di hidangkan sebagai camilan manis.

  1.     Sup Mochi (Zoni)

Zoni adalah makanan jepang berupa sup berisi mochi. Sup ini di hidangkan pada perayaan tahun baru di Jepang. Sup ini berisi tahu, umbi, potongan daging ayam, daun hijau, wortel, udang, rempah dan daun mitsuba.

  1.     Dango

Dango adalah mochi yang berbentuk bola kecil diolah dengan cara di kukus atau di rebus dalam air. Dango di sajikan dengan di tusuk dengan tusukan bambu. Makanan ini memiliki rasa yang manis di buat dengan menambahkan gula ke dalam adonan. Sedangkan Dango yang tidak manis dapat dicelupkan ke dalam saus (campuran kecap asin).

  1.     Mochi Es Krim

Beberapa produsen makanan juga menciptakan es krim dengan rasa mochi, yang menggabungkan cita rasa mochi dengan sensasi dingin es krim di dalamnya.

Baca Juga  Strategi Jitu untuk Menang War Tiket Konser Coldplay!

Mochi sangat populer di Jepang dan telah menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia. Salah satunya di Kota Malang, banyak sekali masyarakat yang menyukainya hingga banyak yang menjualnya. 

Baca juga: Pahami Cara Memadukan Warna Baju dengan Gaya dan Percaya Diri

Banyak masyarakat Malang yang membuka usaha mochi. Tentunya mochi yang di jual di Malang tidak kalah enaknya dengan mochi asli Jepang. Dari segi rasa juga sangat sesuai dengan lidah kita.

Akan tetapi perlu di ingat bahwa tekstur yang lengket dan kenyal dapat menyebabkan tersedak apabila tidak berhati-hati saat mengkonsumsinya.

Media Partner Warta Jatim