Mengapa Banyak Siswa yang Tertolak PTN Rata-rata Sukses di Luar Negeri?

Perbandingan Perguruan Tinggi Negeri dan Perguluan Tinggi Luar Negeri.
Perbandingan Perguruan Tinggi Negeri dan Perguluan Tinggi Luar Negeri.

Wartajatim.co.id, 04 Juli 2023 – Dalam dunia pendidikan tinggi, banyak siswa yang bermimpi untuk diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

Namun, kenyataannya tidak semua siswa dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh PTN tersebut.

Hal ini sering kali mengecewakan bagi siswa yang telah bekerja keras belajar dan berusaha untuk diterima di PTN favorit mereka.

Namun, ada sebuah fenomena menarik yang sering terjadi, yaitu banyak siswa yang tidak diterima di PTN ternama justru berhasil diterima di universitas luar negeri.

Artikel ini akan membahas mengapa hal ini bisa terjadi.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Keberagaman Sistem Penerimaan Mahasiswa

Salah satu faktor yang mempengaruhi siswa yang tidak diterima di PTN namun diterima di universitas luar negeri adalah keberagaman sistem penerimaan mahasiswa.

Setiap universitas, baik di dalam maupun luar negeri, memiliki proses seleksi dan kriteria penerimaan yang berbeda.

PTN di Indonesia umumnya menggunakan ujian nasional sebagai salah satu faktor penentu penerimaan mahasiswa baru.

Sementara itu, universitas luar negeri seringkali menggunakan penilaian komprehensif yang melibatkan prestasi akademik, tes standar internasional seperti TOEFL atau IELTS, surat rekomendasi, dan esai pribadi.

Spesialisasi Pendidikan di Luar Negeri

Universitas luar negeri seringkali memiliki spesialisasi pendidikan yang lebih luas dan mendalam dibandingkan dengan PTN di Indonesia.

Banyak universitas di luar negeri yang menawarkan program-program khusus yang tidak tersedia di PTN dalam negeri.

Misalnya, program-program studi yang terkait dengan teknologi tinggi, riset medis, seni dan desain, dan bisnis internasional.

Siswa yang memiliki minat dan bakat khusus dalam bidang-bidang ini cenderung mencari peluang di universitas luar negeri yang menawarkan program-program yang relevan dengan minat mereka.

Baca Juga  Klasemen Formula 1 2019 Usai Bottas Menangi GP Australia

Kualitas Pendidikan dan Pengajaran

Kualitas pendidikan dan pengajaran juga menjadi faktor yang memengaruhi keputusan siswa untuk melanjutkan studi di universitas luar negeri.

Beberapa universitas luar negeri terkenal dengan reputasi mereka yang kuat dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi.

Mereka memiliki fasilitas yang lengkap, dosen yang berkualitas internasional, dan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja global.

Siswa yang merasa bahwa pendidikan di universitas luar negeri dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik dan peluang karir yang lebih luas cenderung mencoba peruntungan mereka di luar negeri.

Manfaat Studi di Luar Negeri

Pembukaan Peluang Karir Global

Salah satu manfaat utama dari studi di luar negeri adalah pembukaan peluang karir global.

Siswa yang menyelesaikan pendidikan mereka di universitas luar negeri memiliki kesempatan untuk bekerja dan mengembangkan karir di berbagai negara.

Mereka terbiasa dengan lingkungan internasional, memiliki kemampuan berbahasa asing yang lebih baik, dan memiliki jaringan hubungan yang luas di dunia profesional.

Hal ini memberi mereka keunggulan kompetitif dalam mencari pekerjaan global dan berkontribusi pada perkembangan karir mereka di masa depan.

Pengembangan Keterampilan Pribadi

Studi di luar negeri juga membantu siswa dalam pengembangan keterampilan pribadi yang penting.

Mereka belajar untuk mandiri, mengatasi tantangan budaya, beradaptasi dengan lingkungan baru, dan menghadapi perbedaan.

Pengalaman ini memperluas wawasan mereka, meningkatkan kepekaan lintas budaya, dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang efektif.

Semua keterampilan ini sangat berharga dalam kehidupan pribadi dan profesional, dan dapat memberikan keuntungan dalam berbagai situasi.

Keberagaman Pengalaman

Studi di luar negeri juga memberikan siswa pengalaman yang berbeda dan tak terlupakan.

Mereka memiliki kesempatan untuk menjelajahi budaya baru, menjalin persahabatan dengan orang-orang dari berbagai negara, dan memperluas cakrawala mereka secara keseluruhan.

Baca Juga  Fakta Menarik Final Sea Games 2023 Timnas U-22 Indonesia vs Thailand: Kejadian Prank Wasit dan Banyaknya Kartu Merah

Melalui interaksi dengan mahasiswa internasional lainnya, siswa dapat belajar tentang nilai-nilai budaya yang berbeda, menghargai keragaman, dan membuka pikiran mereka terhadap sudut pandang baru.

Semua pengalaman ini akan membentuk kepribadian siswa dan memberi mereka pengetahuan yang berharga tentang dunia yang lebih luas.

Kesimpulan

Mengapa siswa yang tidak diterima di PTN banyak yang diterima di universitas luar negeri? Jawabannya melibatkan faktor-faktor seperti keberagaman sistem penerimaan mahasiswa, spesialisasi pendidikan di luar negeri, kualitas pendidikan dan pengajaran, manfaat studi di luar negeri seperti pembukaan peluang karir global, pengembangan keterampilan pribadi, dan keberagaman pengalaman.

Studi di luar negeri memberikan peluang bagi siswa untuk mengeksplorasi dan mengembangkan diri mereka secara holistik.

Bagi siswa yang merasa terhambat oleh persyaratan PTN di Indonesia, universitas luar negeri dapat menjadi alternatif yang menarik untuk mewujudkan impian akademik dan karir mereka.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)