Rendra Masdrajad Safaat

Mengenal Operasi Lasik Mata, Bisa Sembuh Total?

operasi lasik mata bisa sembuh total?

WartaJatim.co.id, 7 Juli 2023 – Apa benar lewat operasi lasik mata, bisa sembuh total? Pada era modern ini, banyak orang mengalami masalah dengan penglihatan mereka. Kebutuhan untuk menggunakan kacamata atau lensa kontak seringkali menjadi kendala dalam kegiatan sehari-hari.

Namun, dengan perkembangan teknologi medis, operasi LASIK mata telah menjadi salah satu metode yang populer dalam mengatasi masalah penglihatan.

Internship Warta Jatim

Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui secara rinci tentang operasi LASIK mata, termasuk prosedur, manfaat, dan pertanyaan umum seputar prosedur tersebut.

Apa itu Operasi LASIK Mata?

Operasi LASIK (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis) adalah prosedur bedah yang dilakukan pada mata untuk mengoreksi berbagai masalah penglihatan seperti miopia (rabun jauh), hipermetropia (rabun dekat), dan astigmatisme.

Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan laser eksimer untuk mengubah lengkungan permukaan kornea mata, sehingga mengubah fokus cahaya yang masuk ke mata.

Tahapan Operasi LASIK Mata

Konsultasi dan Pemeriksaan Pra-Operasi
Sebelum menjalani operasi LASIK mata, langkah pertama adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis mata. Pada tahap ini, dokter akan melakukan pemeriksaan lengkap terhadap mata Anda, termasuk mengukur ketebalan kornea, melihat kondisi mata, serta mengevaluasi kelayakan Anda untuk menjalani operasi.

Baca Juga  Bonus Atlet SEA Games dan Prestasi Gemilang: Pemerintah Alokasikan Rp852,2 Miliar dari APBN untuk Dukung Kontingen Indonesia

Baca Juga: Kedutan di Area Bawah Mata Pertanda Apa? Benarkah Akan Ada Hal Menyedihkan?

Proses Operasi LASIK Mata

Proses operasi LASIK mata umumnya berlangsung singkat, sekitar 15-30 menit untuk kedua mata. Anda akan diberikan anestesi lokal agar Anda tidak merasakan nyeri selama prosedur.

Dokter akan menggunakan laser eksimer untuk membentuk flap tipis pada permukaan kornea. Setelah itu, flap akan diangkat, dan laser akan digunakan untuk mengoreksi lengkungan kornea sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah koreksi selesai, flap akan ditempatkan kembali dengan sempurna.

Pemulihan Pasca-Operasi

Setelah operasi selesai, Anda mungkin akan merasakan sedikit ketidaknyamanan atau penglihatan kabur. Dokter akan memberikan instruksi dan obat tetes mata untuk membantu proses pemulihan.

Anda perlu menghindari menggosok mata dan menjaga kebersihan untuk mengurangi risiko infeksi. Kebanyakan pasien dapat melihat perbaikan penglihatan dalam beberapa hari setelah operasi.

Persyaratan dan Kelayakan Operasi LASIK Mata

Meskipun operasi LASIK mata menawarkan banyak manfaat, tidak semua orang dapat menjalani prosedur ini. Beberapa persyaratan umum untuk operasi LASIK mata meliputi:

1. Usia yang Tepat

Biasanya, usia minimal untuk menjalani operasi LASIK mata adalah 18 tahun. Hal ini penting karena penglihatan seseorang dapat berubah secara signifikan selama masa pertumbuhan.

2. Kondisi Kesehatan Mata yang Memadai

Kondisi mata yang memadai sangat penting untuk menjalani operasi LASIK. Misalnya, mata harus bebas dari infeksi atau peradangan, serta tidak memiliki kelainan struktural yang signifikan.

3. Stabilitas Penglihatan

Sebelum menjalani operasi LASIK, Anda harus memiliki penglihatan yang stabil selama minimal 1-2 tahun terakhir. Penglihatan yang tidak stabil dapat mempengaruhi hasiloperasi dan membuat efeknya tidak permanen.

Risiko dan Efek Samping Operasi LASIK Mata

1. Mata Kering

Setelah operasi LASIK mata, beberapa pasien mungkin mengalami mata kering karena produksi air mata yang berkurang. Namun, ini biasanya bersifat sementara dan dapat diatasi dengan menggunakan tetes mata yang di rekomendasikan oleh dokter.

Baca Juga  Menemukan Damai Di Dalam Diri Melalui Law Of Attraction

2. Sensitivitas Cahaya

Beberapa pasien dapat mengalami peningkatan sensitivitas terhadap cahaya setelah operasi LASIK mata. Ini biasanya berkurang seiring berjalannya waktu, tetapi dalam beberapa kasus, pasien perlu menghindari paparan langsung terhadap cahaya terang.

3. Kontras Penglihatan

Beberapa pasien melaporkan pengurangan kontras penglihatan setelah operasi LASIK mata. Meskipun ini jarang terjadi, hal ini dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melihat dengan jelas dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Baca Juga: 10 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Kulit Wajah Anda

Mitos yang Sering Terkait Operasi LASIK Mata

1. Operasi LASIK Mata Menyakitkan

Banyak orang mengira bahwa operasi LASIK mata sangat menyakitkan. Namun, prosedur ini di lakukan dengan anestesi lokal, sehingga pasien tidak merasakan nyeri selama operasi. Setelah operasi, pasien mungkin hanya merasakan ketidaknyamanan ringan yang dapat di atasi dengan obat pereda nyeri.

2. Hasil Operasi LASIK Mata Tidak Permanen

Operasi LASIK mata dapat memberikan hasil jangka panjang. Namun, penting untuk memahami bahwa perubahan alami pada mata seiring bertambahnya usia dapat mempengaruhi penglihatan. Beberapa pasien mungkin memerlukan koreksi tambahan di masa mendatang.

baca juga : Obat Mata Herbal

3. Semua Orang Bisa Melakukan Operasi LASIK Mata

Tidak semua orang cocok untuk menjalani operasi LASIK mata. Setiap individu memiliki kondisi mata yang unik, dan beberapa kondisi kesehatan mata mungkin menjadi kontraindikasi untuk operasi ini. Konsultasikan dengan dokter spesialis mata untuk menentukan kelayakan Anda dalam menjalani prosedur ini.

Operasi LASIK mata adalah metode yang efektif dan populer dalam mengatasi masalah penglihatan seperti miopia, hipermetropia, dan astigmatisme. Operasi LASIK mata adalah prosedur yang relatif aman, tetapi seperti semua prosedur bedah, ada risiko dan komplikasi potensial.

Baca Juga  Grup Metal Perempuan Pertama Indonesia, Tur ke 11 Kota di Amerika Serikat!

Penting untuk memilih dokter yang berpengalaman dan berkualifikasi tinggi untuk menjalani operasi LASIK mata. Selain itu, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur ini.

Media Partner Warta Jatim