Mengupas Alasan Mengapa Harga Mobil Rolls-Royce Sangat Mahal

Harga Mobil Rolls-Royce
Ternyata ada alasannya harga Rolls-Royce sangat mahal. Foto: dok. Rolls-Royce

WartaJatim.co.id, 4 Mei 2023Rolls-Royce menjual mobil-mobilnya dengan harga yang sangat tinggi, hal ini memang menjadi ciri khas dari merek tersebut. Tapi apa sebenarnya yang membuat mobil Rolls-Royce menjadi begitu mahal?

Nama Rolls-Royce selalu dikaitkan dengan kata mewah. Mobil buatan Inggris tersebut memang memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil pada umumnya.

Di Indonesia, harga mobil Rolls-Royce bisa mencapai puluhan miliar rupiah bahkan untuk mobil bekas sekalipun. Tidak heran jika mobil ini dibeli oleh kalangan dengan kekayaan yang melimpah. Namun, apa yang membuat mobil Rolls-Royce begitu fantastis?

Rolls-Royce memberikan pengalaman khusus bagi konsumennya dengan menawarkan warna yang bisa disesuaikan dengan selera. Bahkan, cat mobil diberi lapisan coating setidaknya tujuh lapisan dan total keseluruhan ada 23 lapisan coating pada mobil Rolls-Royce.

“Berat lapisan itu seatara dengan 45 kilogram,” jelas Tour Guide Rolls-Royce David Dean.

Selain itu, Rolls-Royce menawarkan puluhan ribu warna untuk dipilih oleh konsumen. Terdapat lebih dari 44.000 palet warna yang tersedia untuk mobil Rolls-Royce. Warna mobil dapat disesuaikan dengan permintaan dari konsumen.

Rolls-Royce mengizinkan penggunaan bahan tambahan pada cat mobil agar terlihat unik. Contohnya, ada konsumen yang meminta penambahan 1.000 berlian pada permukaan mobil untuk menghasilkan tampilan mengkilap. Yang menarik, detail pengecatan dilakukan secara manual oleh satu orang dan menggunakan kuas berbeda yang terbuat dari bulu tupai.

“Kuas sekarang banyak yang buatan manusia, terkadang bulu-bulunya tertinggal di permukaan saat mengecat. Ini bulu asli, dan tidak akan meninggalkan bekas apapun,” terang Coachliner Rolls-Royce Mark Court.

Baca Juga  Suzuki Siap Menggebrak! Jimny Terbaru Meluncur dengan Desain Baru 5 Pintu!

Mark akan pergi ke tempat tinggal konsumen untuk mengecat mobil Rolls-Royce mereka jika konsumen menginginkan adanya motif garis pada mobil tersebut.

Rolls-Royce juga mengandalkan pekerjaan manual pada banyak bagian mobilnya. Tak hanya itu, pihak produsen juga menambahkan insulasi akustik yang dipasang di kabin mobil dengan berat mencapai 300 pound atau sekitar 136 kg.

Continental, produsen ban yang memasok untuk Rolls-Royce, juga mengembangkan ban khusus untuk mobil tersebut yang mampu mengurangi kebisingan jalan sekitar 9 desibel. Konsumen bisa memesan bagian interior mobil sesuai keinginan, bahkan menggunakan jasa desainer terkenal dan bahan-bahan yang mahal.

Interior mobil Rolls-Royce memiliki hal menarik yaitu atapnya yang menggambarkan langit bertabur bintang di malam hari.

“Butuh 16 jam untuk membuat atap seperti bertabur cahaya bintang. Kami mulai mengebor dan melubangi satu per satu untuk menyambungkan ke fiber optik. Setidaknya ada 1.340 lubang, kami lakukan ini agar bisa seperti bintang di langit,” tutur Starlight Headliner Alexandra Benga.

Rolls-Royce mampu menyediakan beberapa detail khusus di dalam interiornya yang dibuat secara manual sesuai dengan permintaan konsumen. Semua kemewahan dan keistimewaan tersebut adalah yang membuat harga mobil Rolls-Royce menjadi sangat mahal.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)