Tanaka Waterfall : Menikmati Keindahan Alami Suasana Jepang di Malang Selatan

Tanaka Waterfall dan Suasana Jepang di Malang Selatan
Tanaka Waterfall dan Suasana Jepang di Malang Selatan

Tanaka Waterfall, sebuah destinasi wisata yang memukau dengan nuansa Jepang, terletak di Dusun Arjomulyo, Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dengan luas tanah kas desa seluas 3 hektare, tempat ini menggabungkan keindahan alam sungai dan aneka ornamen khas Jepang, menciptakan pengalaman wisata yang unik.

Lokasi dan Fasilitas Tanaka Waterfall

Tanaka Waterfall dapat dijangkau dengan mudah, berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kepanjen, ibu kota Kabupaten Malang. Destinasi ini memiliki area parkir yang dapat menampung 200 mobil dan 1.000 motor. Tiket masuk yang terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang, membuatnya menjadi pilihan favorit wisatawan.

Konsep Jepang di Sepanjang Aliran Sungai

Konsep utama Tanaka Waterfall adalah menata dan menghiasi sepanjang aliran sungai dengan berbagai ornamen dan wahana ala Jepang. Tiga jembatan penyeberangan dengan corak khas Naruto, lampion, umbul-umbul, dan replika bunga sakura buatan mempercantik aliran sungai selebar 6 meter. Suasana Nippon semakin terasa dengan bangunan berdesain Jepang, rangkaian bunga sakura, dan gazebo di tepi sungai.

Menikmati Keindahan Alami Tanaka Waterfall dan Suasana Jepang di Malang Selatan
Menikmati Keindahan Alami Tanaka Waterfall dan Suasana Jepang di Malang Selatan

Sensasi River Tubing dan Kafe ‘Keceh’:

Pengunjung juga dapat merasakan sensasi river tubing dengan ban di aliran sungai yang menyegarkan. Di samping sungai, Kafe ‘Keceh’ menawarkan tempat duduk yang unik, terletak di aliran sungai dangkal. Pengunjung bisa menikmati hidangan sambil bermain air dengan kaki, menciptakan pengalaman bersantai yang tak terlupakan.

Umbulan Tanaka Waterfall

Destinasi ini awalnya hanyalah sebuah sungai biasa yang digunakan oleh masyarakat sekitar untuk irigasi persawahan dan kebutuhan rumah tangga. Namun, warga setempat mengubahnya menjadi destinasi wisata alam yang menarik dengan air jernih berasal dari sumber alami. Pengelola memodifikasi aliran sungai, membendungnya menjadi air terjun kecil, dan menghiasinya dengan ornamen Jepang.

Baca Juga  Ultimatum Polisi terhadap Jukir Nakal, Warga Bisa Laporkan

Rute Menuju Umbulan Tanaka dan Tanaka Cafe:

Untuk mencapai Tanaka Waterfall, dapat menggunakan rute dari Kepanjen atau Sumberpucung melalui jalan pertigaan Slorok, kemudian arah Kromengan. Layanan antar ojek menuju Tanaka tersedia dengan biaya Rp 5.000. Selain itu, Tanaka Waterfal juga terletak dekat dengan Tanaka Cafe, tempat yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati hidangan lezat.

Ingin membaca berita terupdate dan terpercaya kunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)