Menu Sahur Sehat Bagi Penderita Asam Lambung: Pilihan Cocok untuk Dikonsumsi

Roti gandum panggang dengan telur rebus dan alpukat
Roti gandum panggang dengan telur rebus dan alpukat

WARTAJATIM.co.id – Bagi sebagian orang, sahur dapat menjadi momok yang menakutkan, terutama bagi mereka yang menderita asam lambung. Pasalnya, makanan yang salah saat sahur dapat memicu naiknya asam lambung, yang berujung pada sakit perut, mual, dan tidak nyaman. Oleh karena itu, bagi penderita asam lambung, sangat penting untuk memilih menu sahur sehat yang tepat dan aman untuk dikonsumsi.

Menu Sahur Sehat

Berikut ini adalah beberapa menu sahur yang cocok bagi penderita asam lambung:

  1. Roti gandum panggang dengan telur rebus dan alpukat

Roti gandum panggang mengandung serat yang tinggi, yang membantu mengurangi produksi asam lambung. Telur rebus merupakan sumber protein yang baik, sedangkan alpukat mengandung lemak sehat yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Kombinasi ketiganya menjadikan menu sahur yang sehat dan cocok untuk penderita asam lambung.

  1. Oatmeal dengan buah-buahan



Oatmeal mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi produksi asam lambung. Kombinasi dengan buah-buahan seperti pisang atau stroberi dapat menambahkan rasa manis dan nutrisi yang sehat pada menu sahur.

Baca Juga Jangan Lewatkan Peluang Bisnis! 5 Ide Kreatif untuk Sukses di Bulan Ramadhan Bagi Pemula

  1. Nasi merah dengan ikan panggang dan sayuran

Nasi merah mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan menurunkan produksi asam lambung. Ikan panggang mengandung protein sehat dan lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, sedangkan sayuran seperti brokoli atau wortel mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh.

  1. Smoothie buah dengan susu almond

Smoothie buah dapat menjadi alternatif yang sehat untuk menu sahur. Kombinasi buah-buahan seperti pisang, mangga, atau stroberi dengan susu almond yang rendah lemak dan rendah kalori dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi produksi asam lambung.

  1. Sup kacang hijau

Sup kacang hijau mengandung protein nabati dan serat yang baik untuk pencernaan. Kacang hijau juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B, besi, dan magnesium yang penting bagi kesehatan tubuh. Dalam bentuk sup, kacang hijau dapat menjadi menu sahur yang lezat dan menyehatkan.

Saat memilih menu sahur untuk penderita asam lambung, hindari makanan pedas, berlemak, atau asam, seperti makanan yang digoreng atau daging merah. Sebaiknya, pilihlah makanan yang mudah dicerna, kaya serat, dan rendah lemak. Selain itu, pastikan untuk menghindari makanan atau minuman yang dapat memicu naiknya produksi asam lambung, seperti kopi, teh, atau minuman berkafein lainnya.



Itulah beberapa menu pilihan yang cocok untuk sahur bagi penderita asam lambung. Namun, selain memilih makanan yang tepat, penderita asam lambung juga perlu memperhatikan waktu makan dan ukuran porsi. Makanlah dengan perlahan dan jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan dalam satu waktu. Selain itu, minumlah air putih yang cukup untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Dengan memperhatikan menu yang tepat dan waktu makan yang baik, penderita asam lambung dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih nyaman dan sehat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan informasi tentang sahur sehat bagi penderita asam lambung.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *