Rendra Masdrajad Safaat

Menyambut Bulan Ramadhan 2023: Persiapan dan Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Masjid Nabawi (Source https://pixabay.com/photos/masjid-nabawi-masjid-madinah-medina-2404476/)
Masjid Nabawi (Source https://pixabay.com/photos/masjid-nabawi-masjid-madinah-medina-2404476/)

WARTAJATIM.co.id –  Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan di tahun 2023. Sudahkah kalian siap untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh? Nah, dalam artikel kali ini, saya akan membahas mengenai bulan Ramadhan 2023 dan apa saja yang perlu kita persiapkan untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini.

  1. Tanggal Mulai Puasa Ramadhan 2023

Bulan Ramadhan 2023 diperkirakan akan dimulai pada tanggal 22 Maret 2023. Tanggal ini tentunya masih bisa berubah mengikuti penetapan pemerintah dan keputusan dari pihak-pihak yang berwenang.

Internship Warta Jatim
  1. Arti Penting Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. Selama satu bulan penuh, umat Muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur kepada Allah SWT. Selain itu, bulan Ramadhan juga menjadi momen untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas keimanan.



Baca Juga Lakukan 6 Amalan Ini Untuk Menyambut Bulan Ramadhan 2023!

  1. Kesiapan Fisik dan Mental

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan baik secara fisik maupun mental. Secara fisik, pastikan tubuh kita dalam kondisi sehat dan bugar agar mampu menjalankan ibadah puasa dengan optimal. Selain itu, perbanyak juga olahraga ringan dan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga stamina selama berpuasa.

Sedangkan secara mental, persiapkan diri dengan memperbaiki akhlak, meningkatkan keimanan, dan memaafkan kesalahan orang lain. Selain itu, perbanyak juga membaca Al-Quran dan melakukan amalan-amalan kebaikan lainnya.

  1. Panduan Puasa Ramadhan 2023

Agar puasa kita bisa terlaksana dengan baik, berikut ini adalah beberapa panduan puasa Ramadhan yang perlu kita ketahui:

  • Sahur: Usahakan untuk tidak melewatkan sahur agar tubuh kita tetap bugar dan kuat menjalankan puasa. Sebaiknya, konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dan protein agar energi lebih tahan lama.
  • Berbuka Puasa: Berbuka puasa sebaiknya dengan makanan yang ringan dan tidak terlalu banyak. Jangan langsung makan berlebihan karena bisa menyebabkan masalah pencernaan dan memperberat badan.
  • Sholat Tarawih: Sholat tarawih merupakan sholat sunnah yang dilakukan setelah sholat Isya’ selama bulan Ramadhan. Usahakan untuk menunaikannya agar mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlimpah.
  • Zikir dan Doa: Selama bulan Ramadhan, perbanyak juga zikir dan doa agar kita semakin dekat dengan Allah SWT dan mendapatkan keberkahan yang lebih besar.
  1. Kegiatan Selama Bulan Ramadhan

Meskipun sedang berpuasa, bukan berarti kita tidak bisa melakukan kegiatan lain selama bulan Ramadhan. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama bulan suci ini, seperti:

  • Beramal: Bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk melakukan amalan-amalan kebaikan, seperti berzakat, memberi sedekah, dan melakukan kegiatan sosial lainnya.
  • Beribadah: Selain sholat tarawih, kita juga bisa memperbanyak sholat sunnah lainnya, seperti sholat Dhuha dan sholat tahajud. Selain itu, juga bisa melakukan ibadah lainnya, seperti berpuasa sunnah, membaca Al-Quran, dan berzikir.
  • Berbagi dengan Keluarga: Bulan Ramadhan juga menjadi momen yang tepat untuk mempererat silaturahmi dengan keluarga. Ajaklah keluarga untuk berbuka puasa bersama atau mengadakan acara buka puasa bersama dengan tetangga atau teman-teman.
  • Belajar Agama: Selama bulan Ramadhan, banyak acara pengajian dan ceramah agama yang diselenggarakan. Manfaatkan momen ini untuk memperdalam pengetahuan agama dan meningkatkan keimanan.
  • Mengikuti Program Ramadan Online: Saat ini banyak program Ramadan online yang bisa diikuti, seperti webinar, baca Al-Quran online, dan sebagainya. Program ini bisa menjadi alternatif bagi yang tidak bisa beraktivitas di luar rumah karena pandemi.
  1. Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa



Meskipun berpuasa, kita tetap harus menjaga kesehatan agar bisa beribadah dengan optimal. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa antara lain:

  • Konsumsi Makanan Sehat: Konsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang cukup agar tubuh tetap bugar. Perbanyak juga konsumsi sayur dan buah-buahan.
  • Istirahat yang Cukup: Istirahat yang cukup dan teratur sangat penting agar tubuh tetap fit dan kuat menjalankan ibadah puasa.
  • Hindari Merokok: Merokok dapat menyebabkan dehidrasi dan mengganggu kesehatan tubuh saat berpuasa. Hindari merokok selama bulan Ramadhan.
  • Perbanyak Minum Air: Perbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur agar tubuh tidak kekurangan cairan.
Baca Juga  Apakah Durian Aman Untuk Ibu Hamil?

Itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui dan persiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan 2023. Semoga kita semua bisa menjalankan ibadah puasa dengan optimal dan mendapatkan keberkahan serta rahmat dari Allah SWT. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1444 H/2023 M.

Media Partner Warta Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *