Menyimak Sejarah Kontroversi Ganjar Pranowo Sebagai Calon Presiden

Menyimak Sejarah Kontroversi Ganjar Pranowo Sebagai Calon Presiden.
Menyimak Sejarah Kontroversi Ganjar Pranowo Sebagai Calon Presiden.

WARTAJATIM.co.id, 4 Mei 2023 – Ganjar Pranowo adalah seorang politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Namun, keberhasilannya dalam memimpin provinsi tersebut juga membuat namanya sering muncul sebagai kandidat potensial dalam bursa pemilihan presiden di masa depan.

 

Meskipun demikian, namanya juga tak luput dari berbagai kontroversi yang terjadi selama kariernya di dunia politik. Beberapa di antaranya adalah:

Kasus Korupsi

Sebelum menjadi gubernur, Ganjar Pranowo pernah menjadi Bupati Klaten pada tahun 2010-2015.

Namun, pada tahun 2013, dia diduga terlibat dalam kasus korupsi pengadaan tanah di Klaten dengan kerugian negara mencapai Rp 2,7 miliar.

 



Pada saat itu, Ganjar Pranowo menyangkal tuduhan tersebut dan menyatakan siap menyelesaikan masalah tersebut secara hukum.

Setelah melalui proses hukum yang cukup panjang, pada tahun 2018, dia akhirnya dibebaskan dari tuduhan korupsi tersebut.

 

Polemik Penolakan Vaksin

Ganjar Pranowo juga pernah menjadi sorotan media pada awal pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pada bulan Maret 2020, dia menyatakan bahwa dirinya belum akan divaksinasi karena ingin memberikan kesempatan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Namun, pernyataan tersebut dianggap kontroversial karena pada saat itu, para ahli kesehatan menekankan pentingnya vaksinasi sebagai cara untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Setelah mendapat kritik dari berbagai pihak, akhirnya Ganjar Pranowo divaksinasi pada bulan Juni 2021.

 

Kontroversi Penanganan Banjir

Pada bulan Januari 2021, Jawa Tengah dilanda banjir besar yang mengakibatkan kerusakan dan kerugian yang cukup besar.

Ganjar Pranowo pun dihadapkan pada kritik karena dianggap lambat dalam menangani bencana tersebut.

 

Namun, di sisi lain, beberapa pihak juga memuji langkah-langkah yang diambil oleh Ganjar Pranowo dalam menangani bencana tersebut.

Baca Juga  Tuding Tak Pernah Berikan Kasih Sayang, Ayah Dibuang Anak ke Panti Jompo

Dia juga aktif berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

 

Kontroversi Kampanye Pemilihan Gubernur

Pada pemilihan gubernur Jawa Tengah tahun 2018, Ganjar Pranowo berhasil memenangkan kontestasi tersebut dengan meraih suara sebanyak 58,7%.

Namun, kampanye yang dilakukannya saat itu juga tidak luput dari kontroversi.

 

Beberapa pihak menilai bahwa kampanye yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo dan pasangannya, Taj Yasin Maimoen, terkesan berlebihan dan menggunakan dana yang tidak sehat.

Namun, hingga saat ini, tidak ada bukti konkret yang mengarah pada tuduhan tersebut.

 

Konflik Desa Wadas

Salah satu kontroversi yang melibatkan Ganjar Pranowo adalah kasus Wadas.

Pada tahun 2019, Ganjar Pranowo mendapatkan sorotan publik karena dituduh memanipulasi data di proyek irigasi Wadas di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Proyek ini bernilai miliaran rupiah dan dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (WIKA).

 

Pada awalnya, proyek irigasi Wadas ini dianggap berhasil karena mampu mengairi lebih dari 2.000 hektar lahan pertanian di Grobogan.

Namun, pada akhirnya terungkap bahwa data yang dipresentasikannya kepada Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke lokasi proyek tidak akurat.

Hal ini kemudian memicu adanya investigasi dari KPK dan BPK.

 

Ia sendiri telah membantah tuduhan tersebut dan mengklaim bahwa data yang dipresentasikannya tidak dimaksudkan untuk memperdaya pemerintah pusat.

Namun, ia tetap mendapat banyak kritik dari masyarakat dan banyak pihak yang menuntut agar ia bertanggung jawab atas kasus ini.

 

Dalam perjalanannya sebagai seorang politikus, Ganjar Pranowo memang sering menghadapi berbagai macam kontroversi, baik di masa lalu maupun saat ini.

Namun, di sisi lain, banyak pula yang mengapresiasi kinerjanya dalam memimpin Jawa Tengah.

Baca Juga  Bank Syariah Indonesia Mobile Error; Total Dana Kelolaan BSI Capai Ratusan Triliun Rupiah

Sebagai seorang calon presiden, tentu saja rekam jejaknya akan terus dipertanyakan dan diperhatikan oleh masyarakat.

Namun, penting bagi kita sebagai warga sipil yang memiliki peran cukup penting dalam pemilihan seorang presiden untuk melihat seluruh sisi dari kontroversi yang pernah terjadi, serta mencari tahu bagaimana rekam jejaknya dalam mengatasi dan menyelesaikan masalah tersebut.

Hal ini akan membantu kita untuk membuat keputusan yang tepat dalam memilih pemimpin yang akan memimpin dan mengatur jalannya pemerintahan Indonesia ke depan.

Dengan menyimak sejarah kontroversi Ganjar Pranowo sebagai calon presiden, kita dapat memahami secara lebih jelas tentang sosok yang akan kita pilih sebagai pemimpin negara.



*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)