Merayakan Tahun Baru #dirumahaja: 5 Kegiatan Seru Bersama Keluarga

Merayakan Tahun Baru #dirumahaja: 5 Kegiatan Seru Bersama Keluarga
Merayakan Tahun Baru #dirumahaja: 5 Kegiatan Seru Bersama Keluarga

Malam pergantian tahun adalah momen spesial yang sering kali diidentikkan dengan keramaian, pesta, dan perayaan bersama. Namun, tak perlu khawatir tentang kerumunan dan perjalanan melelahkan. Merayakan tahun baru di rumah bisa menjadi pilihan yang menyenangkan dan aman. Berikut ini adalah 5 rekomendasi kegiatan seru untuk merayakan tahun baru #dirumahaja bersama keluarga:

1. Nobar Film Bersama

Nobar Film Bersama untuk kegiatan seru saat tahun baru
Nobar Film Bersama

Salah satu kegiatan seru pada malam tahun baru dengan nobar film bersama keluarga adalah pilihan yang nyaman dan menyenangkan. Pilihlah film yang sesuai dengan selera anggota keluarga, mulai dari film animasi untuk anak-anak hingga film komedi atau drama untuk dewasa. Ciptakan suasana bioskop mini di rumah dengan menata tempat duduk dan menyediakan popcorn serta minuman kesukaan. Momen tawa dan kekaguman akan membuat malam tahun baru semakin berkesan.

Pilihan Film untuk Segala Usia

Pertama-tama, tentukan pilihan film yang dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga. Untuk keluarga dengan anak-anak, film animasi atau cerita yang penuh moral bisa menjadi opsi yang tepat. Sementara itu, untuk keluarga dengan anggota dewasa, film komedi, drama, atau bahkan film klasik dapat menjadi alternatif menarik. Pilih film yang dapat merangkul selera dan minat setiap anggota keluarga agar momen nobar semakin menyenangkan.

Ciptakan Suasana Bioskop Mini di Rumah

Agar pengalaman nobar semakin istimewa, ciptakan suasana bioskop mini di rumah. Mulailah dengan menentukan tempat yang nyaman untuk menonton, seperti ruang keluarga atau area khusus. Atur pencahayaan sedikit redup untuk menciptakan atmosfer yang mirip dengan bioskop. Gunakan selimut atau bantal untuk menambah kenyamanan. Jangan lupa untuk menyiapkan popcorn dan minuman favorit keluarga untuk menikmati hiburan secara maksimal.

Tips Membuat Ruang Nobar yang Nyaman:

  • Pilih tempat duduk yang empuk dan nyaman.
  • Atur pencahayaan yang lembut untuk suasana yang lebih tenang.
  • Sediakan alas duduk tambahan seperti bantal atau selimut.
  • Gunakan tirai atau gorden untuk menutupi jendela dan menciptakan suasana yang lebih gelap.
  • Pastikan teknologi seperti TV atau proyektor berfungsi dengan baik.

2. Barbeque dan Bakar Jagung di Halaman Rumah

Barbeque dan Bakar Jagung di Halaman Rumah
Barbeque dan Bakar Jagung di Halaman Rumah

Membuat barbeque dan bakar jagung di halaman rumah adalah kegiatan yang seru dan menghangatkan suasana di malam tahun baru. Temani keluarga dengan aroma daging yang sedang dipanggang dan nikmati hidangan bersama di udara segar. Pilih tema barbeque untuk variasi hidangan yang menarik. Aktivitas ini tidak hanya memberikan kenangan kuliner, tetapi juga menciptakan momen kebersamaan yang tak terlupakan.

Baca Juga  Kedatangan Timnas Argentina ke Indonesia Tanpa Messi

Tema Barbeque untuk Variasi Hidangan:

Festival Rasa Internasional

Pilih hidangan-hidangan khas dari berbagai belahan dunia.
Contohnya, hidangan kebab Turki, sate ayam ala Thailand, atau burger ala Amerika.

Pesta Hidangan Laut

Fokus pada hidangan laut seperti ikan bakar, udang goreng, atau kerang bakar.
Sajikan saus dan bumbu khusus untuk memperkaya cita rasa.

BBQ Vegetarian

Sediakan berbagai pilihan sayuran dan tahu untuk para vegetarian.
Tambahkan saus dan rempah-rempah untuk meningkatkan kenikmatan hidangan.

BBQ Ala Picknick

Inspirasi makanan yang nyaman untuk piknik, seperti sandwich, salad, dan camilan ringan.
Cocokkan dengan suasana santai di halaman rumah.

Pesta Panggang Ala Korea

Nikmati barbeque dengan konsep panggang ala Korea (Korean BBQ).
Sediakan daging sapi, daging babi, dan variasi kimchi.

3. Tukar Kado dengan Tema Khusus

Tukar Kado dengan Tema Khusus
Tukar Kado dengan Tema Khusus

Tukar kado dapat menjadi kegiatan yang penuh keceriaan. Tentukan tema atau pesan khusus untuk setiap kado yang akan ditukar. Hal ini akan memberikan sentuhan personal dan membuat setiap kado memiliki makna tersendiri. Selain itu, tambahkan elemen kejutan dengan permainan tukar kado yang seru. Momennya akan menjadi lebih istimewa dan menyenangkan.

Tentukan Tema atau Pesan untuk Setiap Kado

Agar tukar kado lebih bermakna, tentukan tema atau pesan khusus untuk setiap kado. Misalnya, tema warna tertentu, hobi kesukaan, atau bahkan pesan tertentu yang ingin disampaikan melalui kado. Hal ini tidak hanya memberikan keunikan pada setiap kado tetapi juga menunjukkan perhatian dan pemikiran lebih dari pemberi kado. Dengan cara ini, setiap kado akan memiliki makna tersendiri.

Tambahkan Elemen Keceriaan dengan Permainan Tukar Kado yang Seru

Agar momen tukar kado semakin seru, tambahkan elemen keceriaan dengan permainan tukar kado yang menarik. Contohnya, “Steal the Gift” di mana setiap peserta bisa mencuri kado yang telah dipilih orang lain atau “Gift Bingo” di mana setiap peserta mencoba mencocokkan kado dengan kartu bingo yang mereka miliki. Permainan ini tidak hanya menambah keseruan tetapi juga membuat momen tukar kado menjadi lebih dinamis.Tentukan Tema atau Pesan untuk Setiap Kado

Agar tukar kado lebih bermakna, tentukan tema atau pesan khusus untuk setiap kado. Misalnya, tema warna tertentu, hobi kesukaan, atau bahkan pesan tertentu yang ingin disampaikan melalui kado. Hal ini tidak hanya memberikan keunikan pada setiap kado tetapi juga menunjukkan perhatian dan pemikiran lebih dari pemberi kado. Dengan cara ini, setiap kado akan memiliki makna tersendiri.

Baca Juga  Keju Tidak Hanya untuk Topping tapi bisa juga untuk Bahan Utama, ini Tips Ala Chef Juna

Tambahkan Elemen Keceriaan dengan Permainan Tukar Kado yang Seru

Agar momen tukar kado semakin seru, tambahkan elemen keceriaan dengan permainan tukar kado yang menarik. Contohnya, “Steal the Gift” di mana setiap peserta bisa mencuri kado yang telah dipilih orang lain atau “Gift Bingo” di mana setiap peserta mencoba mencocokkan kado dengan kartu bingo yang mereka miliki. Permainan ini tidak hanya menambah keseruan tetapi juga membuat momen tukar kado menjadi lebih dinamis.

4. Karaoke Bersama Keluarga

Karaoke Bersama Keluarga
Karaoke Bersama Keluarga

Bernyanyi bersama keluarga merupakan kegiatan seru dan menyenangkan untuk menghabiskan malam tahun baru. Pilih lagu-lagu yang dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga. Adakan kompetisi karaoke dengan hadiah kecil untuk menambah semangat. Suasana kebersamaan yang tercipta akan menjadi kenangan indah di malam pergantian tahun.

Pilih Lagu-lagu yang Cocok untuk Semua Anggota Keluarga

Langkah pertama dalam merencanakan karaoke bersama keluarga adalah memilih lagu-lagu yang dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga. Buat daftar lagu yang menghibur dan memiliki daya tarik universal. Pilih lagu-lagu hits atau klasik yang dikenal oleh semua anggota keluarga. Jangan lupa untuk menyertakan berbagai genre musik sehingga setiap anggota keluarga dapat menemukan lagu favorit mereka.

Adakan Kompetisi Karaoke dengan Hadiah Kecil

Untuk menambah keseruan karaoke, adakan kompetisi dengan hadiah kecil. Buat kategori-kategori seperti “Penyanyi Terbaik,” “Pilihan Juri,” atau bahkan “Lagu Paling Kreatif.” Dengan hadiah kecil, seperti cokelat atau sertifikat penghargaan, kompetisi karaoke akan menjadi lebih seru. Pastikan suasana tetap santai dan penuh tawa sehingga semua anggota keluarga dapat menikmati momen tersebut.

Ciptakan Momen Tawa dan Kesenangan dengan Bernyanyi Bersama

Salah satu keuntungan utama dari kegiatan karaoke adalah menciptakan momen tawa dan kesenangan. Meskipun tidak semua anggota keluarga memiliki bakat menyanyi, karaoke bukanlah tentang kemampuan vokal yang sempurna. Yang terpenting adalah semangat berpartisipasi dan bersenang-senang bersama. Bernyanyi bersama keluarga akan mempererat hubungan dan menciptakan kenangan yang penuh keceriaan.

5. Bermain Game Keluarga

Bermain Game Keluarga
Bermain Game Keluarga

Permainan keluarga dapat menjadi hiburan yang seru untuk malam tahun baru. Pilihlah game yang sesuai dengan usia dan preferensi anggota keluarga. Sediakan hadiah kecil untuk pemenang setiap game, sehingga suasana menjadi lebih kompetitif dan seru. Bermain game bersama keluarga dapat menciptakan momen kebersamaan yang erat.

Baca Juga  Urutan Pemakaian Body Care Scarlett Happy

Pilihan Game untuk Segala Usia

Pertama-tama, pilihlah game keluarga yang populer dan dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga. Beberapa pilihan termasuk:

Monopoli: Game papan klasik yang melibatkan strategi dan keberuntungan.
Uno: Permainan kartu yang sederhana namun menyenangkan untuk semua usia.
Pictionary: Permainan menggambar dan menebak yang selalu menghasilkan tawa.
Twister: Game aktif yang melibatkan gerakan tubuh dan kekompakan.

Ajak Semua Anggota Keluarga Berpartisipasi

Agar kegiatan di malam tahun baru menjadi lebih seru dan meriah, ajak semua anggota keluarga untuk berpartisipasi dalam permainan. Pastikan untuk memilih game yang sesuai dengan minat dan kenyamanan masing-masing anggota keluarga. Jika ada anggota keluarga yang lebih suka permainan strategi, Monopoli mungkin menjadi pilihan. Sementara itu, untuk yang lebih suka aktifitas fisik, Twister bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

Sediakan Hadiah Kecil untuk Pemenang Setiap Game

Tambahkan elemen persaingan dengan menyediakan hadiah kecil untuk pemenang setiap game. Hadiah-hadiah sederhana seperti cokelat, buku kecil, atau mainan kecil dapat menjadi motivasi ekstra untuk berpartisipasi. Selain itu, momen memberikan hadiah akan meningkatkan kegembiraan dan semangat permainan.

Apakah Umat Islam Boleh Merayakan Malam Tahun Baru?

Dalam perspektif Islam, perayaan tahun baru memiliki pandangan yang perlu dipahami. Islam menekankan pentingnya menjalani hidup sesuai dengan ajaran agama. Oleh karena itu, meskipun perayaan tahun baru dapat diikuti, perlu diingat untuk tidak melupakan nilai-nilai Islam.

Pandangan Islam terhadap malam tahun baru bisa dijadikan landasan dalam merayakannya. Ada beberapa hikmah dan persiapan yang dapat dilakukan, seperti merenungkan amal perbuatan selama tahun yang telah berlalu dan menyusun rencana kehidupan untuk tahun yang akan datang. Aktivitas Islami seperti doa bersama dan zikir dapat menjadi bagian dari perayaan yang sesuai dengan ajaran agama.

Dengan menjalani kegiatan seru pada malam tahun baru dengan hal yang positif dan sesuai dengan nilai-nilai Islam, umat Islam dapat merayakan momen ini tanpa meninggalkan prinsip-prinsip agama. Merayakan tahun baru #dirumahaja dengan kegiatan-kegiatan di atas dapat menjadi alternatif yang menyenangkan dan bermakna bersama keluarga. Selamat merayakan tahun baru! 🎉

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)