Mobil Google Maps ‘Nyasar’ di Jalan Buntu, Kok Bisa?

Mobil Google Maps
Mobil google maps nyasar Foto: Istimewa/tangkapan layar

WARTAJATIM.co.id, 12 Juni 2023 – Ketika teknologi navigasi menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan kita, terkadang hal-hal tak terduga dapat terjadi. Salah satu contohnya adalah ketika sebuah mobil menggunakan aplikasi Google Maps dan malah tersesat di jalan buntu. Kisah ini terjadi di beberapa tempat di Indonesia, termasuk salah satunya di daerah Malang.

Peristiwa ini menjadi sorotan karena melibatkan mobil Google Maps yang seharusnya menjadi panduan bagi pengguna untuk mencapai tujuan dengan tepat.

Namun, dalam beberapa kejadian, mobil tersebut malah mengarahkan pengemudi ke jalan buntu atau tempat yang tidak diinginkan. Salah satu kasus yang menarik perhatian adalah ketika mobil Google Maps bernomor polisi B 1142 DFP nyasar ke sebuah kebun tebu di Malang.

Kasus ini menjadi viral di media sosial setelah warga sekitar mengabadikan peristiwa tersebut. Tidak hanya itu, kejadian serupa juga pernah terjadi sebelumnya di daerah tersebut, di mana sebuah mobil pengangkut perabotan rumah juga tersesat di jalan yang sama.

Hal ini menimbulkan tanda tanya mengenai akurasi dan keandalan Google Maps sebagai aplikasi navigasi.

Seiring perkembangan teknologi, aplikasi navigasi seperti Google Maps terus melakukan pembaruan untuk meningkatkan akurasi dan memberikan petunjuk yang lebih baik kepada pengguna.

Namun, terkadang masih terjadi kesalahan atau kejadian tak terduga yang mengakibatkan pengemudi tersesat di jalan buntu.

Penting bagi pengemudi untuk tetap waspada dan menggunakan aplikasi navigasi dengan bijaksana. Berikut ini beberapa saran untuk menghindari kejadian tersesat di jalan buntu saat menggunakan Google Maps:

1. Periksa Tujuan Anda Secara Cermat

Pastikan Anda memasukkan alamat tujuan dengan benar sebelum memulai perjalanan.

Baca Juga  Kabag Award Pemkab Malang di Solo Ricuh, DPRD Angkat Suara

2. Verifikasi Petunjuk dengan Pengetahuan Lokal

Jika Anda merasa ragu dengan petunjuk yang diberikan oleh aplikasi, cobalah untuk memverifikasinya dengan bertanya kepada penduduk setempat atau menggunakan pengetahuan lokal.

3. Gunakan Lebih dari Satu Sumber Navigasi

Mengandalkan satu aplikasi navigasi saja bisa berisiko. Gunakan lebih dari satu sumber untuk membandingkan petunjuk dan memastikan arah yang tepat.

4. Pantau Tanda-tanda Jalan

Terkadang petunjuk dari aplikasi tidak selalu akurat. Pantau tanda-tanda jalan dan jangan hanya mengandalkan petunjuk dari layar ponsel.

5. Tetap Fokus saat Berkendara

Meskipun mengandalkan navigasi, tetaplah fokus pada perjalanan dan jalan di sekitar Anda. Jangan terlalu bergantung pada aplikasi navigasi hingga mengabaikan tanda-tanda dan kondisi sekitar.

6. Jangan Panik Jika Tersesat

Jika Anda tersesat di jalan yang tidak dikenal, tetap tenang dan cari tempat yang aman untuk berhenti. Gunakan peta fisik atau bantuan lain untuk mencari jalan yang benar.

7. Laporkan Kesalahan pada Pengembang Aplikasi

Jika Anda mengalami kesalahan atau petunjuk yang tidak akurat, laporkan kepada pengembang aplikasi. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas dan akurasi navigasi di masa depan.

8. Gunakan Fitur Real-Time Traffic Updates

Manfaatkan fitur pembaruan lalu lintas real-time yang disediakan oleh aplikasi navigasi untuk menghindari kemacetan atau rute yang tidak optimal.

9. Perbarui Aplikasi Secara Teratur

Pastikan Anda selalu mengunduh versi terbaru dari aplikasi navigasi untuk mendapatkan pembaruan dan perbaikan terbaru.

10. Selalu Siapkan Rencana Alternatif

Meskipun Anda menggunakan aplikasi navigasi, selalu siapkan rencana alternatif jika terjadi kesalahan atau ketidakakuratan dalam petunjuk.

Dengan mengikuti saran-saran di atas, diharapkan pengemudi dapat menghindari kejadian tersesat di jalan buntu saat menggunakan Google Maps.

Baca Juga  Densus 88 Berhasil Tangkap Terduga Teroris di Kota Malang, Ancaman Terorisme Dihadang

Meskipun tidak ada jaminan bahwa kejadian semacam itu tidak akan terjadi, penggunaan aplikasi navigasi dengan bijaksana dan kewaspadaan saat berkendara tetap menjadi faktor penting dalam mencapai tujuan dengan aman dan tepat.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)