Mobil Listrik di KTT ASEAN 2023: Dari BMW iX hingga Wuling Air EV

Mobil listrik
Mobil di KTT ASEAN 2023.

WARTAJATIM.co.id, 9 Mei 2023 – Selama perhelatan KTT ASEAN 2023, mobil listrik akan melintas dengan berbagai model, mulai dari BMW iX, Toyota bZ4X, Hyundai Ioniq 5, hingga Wuling Air EV.

Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dan akan menggelar acara tersebut di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023. Pemerintah telah menyiapkan ratusan mobil listrik dari berbagai jenis untuk mendukung mobilitas dalam perhelatan ini.

Para presiden dan perdana menteri di KTT ASEAN 2023 akan menggunakan BMW iX sebagai kendaraan mereka. Selain itu, Toyota bZ4X, Hyundai Ioniq 5, dan Wuling Air EV juga turut hadir dalam perhelatan tersebut.



Masduki, Kepala Bagian Kendaraan Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara, menjelaskan bahwa selama KTT ASEAN berlangsung, terdapat 13 unit BMW iX yang akan menemani VVIP. Sementara itu, model lainnya akan digunakan untuk delegasi dan keperluan pengamanan.

“Pada KTT ASEAN di Labuan Bajo ini Kementerian Sekretariat Negara dapat dukungan dari BMW dari Toyota dari Hyundai, dan juga dari Wuling. Dari BMW ini kita didukung 13 kendaraan yang akan dipergunakan oleh VVIP,” jelas Masduki dikutip Youtube Kementerian Sekretariat Negara.

Masduki menjelaskan bahwa terdapat 65 unit Toyota bZ4X yang disediakan. Mobil listrik perdana Toyota tersebut akan digunakan sebagai kendaraan delegasi dan juga sebagai cadangan untuk VVIP serta para pendamping.

Selanjutnya, terdapat 117 unit Hyundai Ioniq 5 yang disediakan. Mobil tersebut akan digunakan sebagai kendaraan protokol, pengamanan, panitia nasional, dan juga keperluan keamanan. Dari jumlah tersebut, 78 unit akan digunakan oleh VVIP. Selain itu, terdapat 50 unit Wuling Air EV yang akan digunakan sebagai kendaraan delegasi.

Baca Juga  Kenaikan Harga Emas di Tengah Ketidakpastian Pasar

“Masing-masing negara akan dialokasikan 2 unit Wuling dan lainnya digunakan oleh panitia nasional,” kata Masduki.

Pemerintah telah menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebagai dukungan bagi mobil listrik. Saat detikOto mengunjungi Labuan Bajo akhir pekan lalu, kami melihat beberapa titik di Labuan Bajo yang menjadi pusat SPKLU untuk kendaraan listrik dengan berbagai tipe.

“Jadi di hotel-hotel kita sengaja siapkan untuk mengantisipasi pengecasan diperlukan rangkaian VVIP dan spouse ini,” tutup Masduki.



*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)