Wartajatim
Beranda Ekonomi Mengukur Kekayaan Suatu Negara: Analisis PDB dan Indikator Pendapatan Per Kapita

Mengukur Kekayaan Suatu Negara: Analisis PDB dan Indikator Pendapatan Per Kapita

WartaJaitim.co.id, 24 Mei 2023 – Mengukur Negara Kaya Menurut PDB tidak dapat hanya mengandalkan Produk Domestik Bruto (PDB) semata. Jika hanya menggunakan PDB sebagai tolok ukur, maka negara-negara terkaya akan dianggap adalah Amerika Serikat (AS), Cina, Jepang, dan Jerman yang memiliki PDB tertinggi di antara negara lainnya.

Namun, PDB tidak memperhitungkan ketimpangan pendapatan, yaitu cara negara membagi kekayaannya kepada penduduknya. Jika kita menggunakan tolok ukur pendapatan per kapita penduduk, daya beli masyarakat (Purchasing Power Parity/PPP), PDB, serta ketahanan negara dalam menghadapi krisis selama pandemi, masalahnya akan terungkap.

Berdasarkan analisis dari Majalah Global Finance, berikut adalah 10 negara terkaya jika diukur dengan indikator tersebut. Irlandia berada di peringkat teratas, sementara Amerika Serikat hanya berada di peringkat kesembilan.

Berikut adalah penjelasan mengenai 10 negara dengan penduduk yang paling sejahtera berdasarkan PDB-PPP per kapita pada tahun 2023:

1. Irlandia: Irlandia menempati peringkat pertama dengan PDB-PPP per kapita sebesar US$145.196. Negara ini memiliki ekonomi yang kuat dan berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Irlandia memiliki tingkat pengangguran yang rendah, akses yang baik terhadap layanan kesehatan, dan sistem pendidikan yang berkualitas.

2. Luxembourg: Luxembourg menempati peringkat kedua dengan PDB-PPP per kapita sebesar US$142.490. Negara ini terkenal dengan sistem keuangan yang kuat dan menjadi tuan rumah bagi banyak perusahaan multinasional. Penduduk Luxembourg menikmati tingkat pendapatan yang tinggi, akses yang baik terhadap layanan publik, dan kualitas hidup yang tinggi.

3. Singapura: Singapura menempati peringkat ketiga dengan PDB-PPP per kapita sebesar US$133.895. Negara ini memiliki salah satu ekonomi terkuat di Asia dan terkenal dengan infrastruktur yang modern serta kualitas hidup yang baik. Singapura memiliki tingkat pengangguran yang rendah, sistem kesehatan yang efisien, dan pendidikan yang berkualitas tinggi.

4. Qatar: Qatar menempati peringkat keempat dengan PDB-PPP per kapita sebesar US$124.848. Negara ini kaya akan sumber daya alam, terutama minyak dan gas alam. Penduduk Qatar menikmati tingkat pendapatan yang tinggi, sistem kesehatan dan pendidikan yang berkualitas, serta fasilitas infrastruktur yang modern.

5. Macao: Macao menempati peringkat kelima dengan PDB-PPP per kapita sebesar US$89.558. Sebagai wilayah administratif khusus Tiongkok, Macao memiliki industri perjudian yang berkembang pesat dan pariwisata yang kuat. Penduduk Macao menikmati tingkat pendapatan yang tinggi dan memiliki akses yang baik terhadap fasilitas kesehatan dan pendidikan.

6. Uni Emirat Arab: Uni Emirat Arab (UEA) menempati peringkat keenam dengan PDB-PPP per kapita sebesar US$88.221. UEA terkenal dengan kekayaannya dalam sektor minyak dan gas alam. Negara ini memiliki tingkat pengangguran yang rendah, fasilitas kesehatan dan infrastruktur yang modern, serta pendidikan yang berkualitas.

7. Swiss: Swiss menempati peringkat ketujuh dengan PDB-PPP per kapita sebesar US$87.963. Negara ini terkenal dengan sistem keuangan yang kuat, industri manufaktur yang berkembang, dan sektor pariwisata yang penting. Penduduk Swiss menikmati tingkat pendapatan yang tinggi, layanan kesehatan dan pendidikan yang baik, serta stabilitas politik dan sosial yang tinggi.

8. Norwegia: Norwegia menempati peringkat kedelapan dengan PDB-PPP per kapita sebesar US$82.655. Negara ini kaya akan sumber daya alam, terutama minyak dan gas alam, yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian negara. Norwegia memiliki tingkat pengangguran yang rendah, sistem kesehatan yang canggih, dan pendidikan yang berkualitas tinggi. Selain itu, negara ini dikenal dengan standar hidup yang tinggi, infrastruktur yang baik, dan kestabilan politik yang kuat.

9. Amerika Serikat: Amerika Serikat menempati peringkat kesembilan dengan PDB-PPP per kapita sebesar US$80.035. Negara ini memiliki ekonomi terbesar di dunia dan merupakan pusat keuangan global. Penduduk Amerika Serikat menikmati tingkat pendapatan yang tinggi, fasilitas kesehatan dan pendidikan yang canggih, serta berbagai peluang pekerjaan. Meskipun ada perbedaan yang signifikan antara kelompok sosial dan ekonomi, Amerika Serikat tetap menjadi salah satu negara dengan kualitas hidup yang baik.

10. San Marino: San Marino menempati peringkat kesepuluh dengan PDB-PPP per kapita sebesar US$78.926. Negara ini merupakan negara berdaulat terkecil di dunia. Meskipun memiliki luas wilayah yang kecil, San Marino memiliki ekonomi yang kuat, terutama dalam sektor pariwisata dan layanan keuangan. Penduduk San Marino menikmati tingkat pendapatan yang tinggi, sistem kesehatan yang baik, serta kestabilan sosial dan politik.

Halaman: 1 2
Komentar
Bagikan:

Iklan