Rendra Masdrajad Safaat
Malang  

Nella Kharisma Meriahkan Peluncuran Tahapan Pilkada Kota Malang 2024

Malang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 pada Minggu malam, 9 Juni 2024, di halaman Balai Kota Malang. Acara ini berlangsung meriah dengan penampilan penyanyi dangdut ternama, Nella Kharisma, yang berhasil menarik perhatian ribuan warga yang hadir.

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas, menyatakan bahwa tujuan utama dari acara ini adalah untuk mensosialisasikan tahapan Pilkada kepada masyarakat Kota Malang agar mereka dapat berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi ini. “Ini sosialisasi menyampaikan kepada masyarakat bahwa tahapan Pilkada sudah dimulai. Supaya masyarakat bisa tahu bahwa kita punya gawe Pilkada untuk Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang serentak dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,” ujarnya.

Internship Warta Jatim

Dalam sambutannya, Aminah menekankan pentingnya partisipasi masyarakat untuk kesuksesan Pilkada. “Kami mengajak kepada masyarakat untuk aktif berpartisipasi meningkatkan giroh memilihnya. Lalu, mengikuti setiap tahapan yang berjalan. Jadi tidak hanya mencoblos tapi mengikuti prosesnya, sehingga masyarakat betul-betul teredukasi dan mengetahui Pilkada seperti apa,” tambahnya.

Acara peluncuran juga menjadi momen untuk mengenalkan maskot dan jingle khusus Pilkada Kota Malang 2024. Maskot yang diberi nama Sam Suma dan Mbak Sawa ini terinspirasi dari karakter Topeng Malang, yakni Topeng Panji dan Topeng Sekartaji, yang melambangkan suara dan salam sejiwa masyarakat Malang. Jingle Pilkada berjudul “Ayo Memilih untuk Kota Malang,” yang menggabungkan aransemen elektronik dan musik Jaranan, juga diperkenalkan untuk menyemangati masyarakat dalam menggunakan hak pilih mereka.

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, yang turut hadir dalam acara tersebut, menegaskan bahwa kesuksesan Pilkada merupakan tanggung jawab bersama. Ia menyampaikan pentingnya peran serta semua pihak, dari pemerintah hingga masyarakat, untuk menjaga kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pilkada. “Ini menjadi momentum menyadarkan kita semua bahwa suksesnya Pilkada nanti merupakan tanggung jawab kita bersama. Sehingga semua pihak menjalankan tugas dengan baik dan prosedural. Agar pelaksanaan Pilkada aman, lancar, terkendali dan sukses,” tegas Wahyu.

Baca Juga  Ini Kronologi Kebakaran di Karoseri Piala Mas Singosari, Kerugian Capai Rp100 Juta

Nella Kharisma, yang tampil memukau malam itu, juga turut mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada 2024. “Luar biasa Kota Malang. Jangan lupa 27 November kita nyoblos. Masyarakat Kota Malang bahu membahu agar acaranya berjalan lancar. Jangan golput,” seru Nella setelah menggoyang penonton dengan lagu “Pamer Bojo.”

KPU Kota Malang berharap partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 dapat mencapai atau bahkan melebihi angka partisipasi pada Pemilu Presiden sebelumnya yang mencapai 82 persen. Dengan tema “Integrasi dan Harmoni” dan tagline “Ngga Nyoblos, Ngga Mbois Jes,” diharapkan Pilkada kali ini dapat berjalan dengan sukses dan menghasilkan pemimpin yang amanah serta mampu membawa Kota Malang dan Jawa Timur ke arah yang lebih baik.

Media Partner Warta Jatim