Wisata  

Nikmati Keseruan dan Keindahan Berwisata di Kawah Ijen

Jawa Timur memiliki banyak sekali tempat wisata yang wajib dikunjungi. Selain kuliner, wisata alam bisa menjadi salah satu pilihan untuk menikmati waktu liburan bersama keluarga maupun teman. Menikmati keindahan Kawah Ijen  bisa menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata alam di wilayah Jawa Timur yang dapat dikunjungi. 

Lokasi Tempat Kawah Ijen

Kawah Ijen berlokasi di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Tepatnya di wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen. Meski demikian, banyak yang mengenal lokasi Kawah Ijen sebagai destinasi wisata daerah Banyuwangi.

Kawah ijen memiliki ketinggian 2.386 MPDL dengan suhu udara bisa mencapai 0 derajat celcius.

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen

Tiket masuk Kawah Ijen bisa dipesan online melalui website Balai Besar KSDA Jawa Timur tiket.bbsdajatim. Harga tiket tergantung dari hari berkunjung. Daftar harga tiket Ijen:

          Hari biasa: wisatawan lokal, Rp5.000,00 dan wisatawan asing Rp100.000,00

          Hari libur: wisatawan lokal, Rp7.500,00 dan wisatawan asing Rp150.000,00

Selain harga tiket masuk, pengunjung juga wajib membayar biaya parkir berdasarkan kendaraan yang dibawa. Biaya untuk kendaraan roda dua, Rp5.000,00 dan kendaraan roda empat, Rp10.000,00

Dengan harga yang terjangkau, kalian bisa menikmati keindahan Kawah Ijen.

Keunikan Wisata Kawah Ijen

Kawah Ijen memiliki keunikan yaitu api biru atau blue fire, keindahan api biru ini dapat terlihat sekitar pukul 02.00 dini hari hingga pagi. Warna khas dari api biru ini menjadi destinasi yang tidak ada duanya .

Di kawasan Kawah Ijen, kalian juga bisa melihat aktivitas para penambang belerang. Para penambang belerang biasanya memanggul belerang menuruni gunung. Ada juga beberapa penambang yang menggunakan gerobak untuk membawa belerang.

Baca Juga  Boon Pring Malang: Taman Indah yang Asri dan Luas di Malang

Selain itu, di Kawah Ijen juga tersedia ojek troli untuk mendaki Kawah Ijen. Pengunjung yang tidak sanggup untuk mendaki, bisa menggunakan jasa ini. Alternatif ini sangat membantu para pengunjung terutama orang tua dan anak-anak.

Tarif mendaki Kawah Ijen mulai dari Rp500.000,00, sedangkan untuk tarif turun dari Kawah Ijen lebih murah, mulai dari Rp150.000,00.

Setiap hari Jumat pada minggu pertama, pengelola Kawah Ijen melaksanakan kegiatan “Ijen Rijik” atau “Ijen Bersih”, sehingga pada hari tersebut wisatawan tidak bisa untuk kunjungi. 

Untuk mendapatkan informasi seputar Jawa Timur, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)