Oli Motor Matic Terbaik untuk Performa Mesin Maksimal

oli motor matic terbaik

Oli merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan bermotor. Oli motor memiliki fungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin, sehingga mesin dapat bekerja dengan optimal dan tahan lama.

Oli motor matic memiliki spesifikasi yang berbeda dengan oli motor bebek atau sport. Oli motor matic memiliki viskositas yang lebih rendah agar dapat mengalir dengan lancar di dalam mesin matic yang memiliki kopling kering.

Ada banyak merek dan jenis oli motor yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui oli motor matic terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mesin motor.

Fungsi Oli Motor

Oli motor memiliki beberapa fungsi penting, yaitu:

  • Oli motor berfungsi untuk melapisi komponen mesin di dalam motor, sehingga mengurangi gesekan antar komponen dan mencegah terjadinya aus pada komponen mesin.
  • Oli motor juga berfungsi untuk mendinginkan mesin. Oli yang bersirkulasi di dalam mesin akan menyerap panas dari komponen mesin saat dinyalakan.
  • Selain itu, oli di dalam motor juga berfungsi untuk membersihkan mesin. Oli akan membawa kotoran dan partikel-partikel kecil yang ada di dalam mesin agar tidak menghambat pergerakan mesin.

Baca Juga: Ban Motor yang Pas: Mengupas Tuntas Jenis-jenis Ban yang Cocok untuk Setiap Kebutuhan

Memanaskan Mesin Sebelum Mengganti Oli

Sebelum mengganti oli motor, ada baiknya untuk memanaskan mesin terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk:

  • Mempermudah proses pengurasan oli. Oli yang masih panas akan lebih mudah mengalir keluar dari mesin.
  • Mencegah terjadinya pengendapan kotoran. Kotoran yang mengendap di bagian bawah mesin akan lebih mudah terbawa oleh oli yang panas.
Baca Juga  Haruka Skincare Adakan Penyuluhan Skincare Abal-abal di UPT RSBN Malang

Untuk memanaskan mesin sebelum mengganti oli, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Nyalakan mesin motor dan biarkan selama 5-10 menit.
  2. Pastikan mesin bekerja dengan normal dan tidak ada bunyi yang tidak wajar.
  3. Matikan mesin dan segera ganti oli.

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

Berikut beberapa rekomendasi oli motor matic berkualitas tinggi yang dapat kamu pilih, yaitu:

  1. Federal Matic 30 Ecomaxx

Oli Federal varian ini cocok digunakan untuk berbagai varian motor matic 125cc hingga 150cc yang usia pemakaiannya masih di bawah 5 tahunan.

  1. AHM Oil MPX 2

AHM Oil diklaim bisa menghasilkan daya lubrikasi yang lebih maksimal pada mesin, bahkan dengan cara yang lebih baik dan hemat dari oli lainnya yang beredar di pasaran.

  1. Yamalube Super Matic

Jika mencari oli yang cocok digunakan untuk berbagai varian motor matic 125cc hingga 150cc, Yamalube Super Matic merupakan pilihan yang tepat

  1. TOP1 Action Matic SAE 10W-40

Varian oli Top 1 ini merupakan oli semi sintetik, sehingga memiliki kandungan sintetik yang lebih tinggi. Hal tersebut bermanfaat agar masa pakainya lebih lama.

Baca Juga: Tips Efektif untuk Menghemat Bahan Bakar Motor Anda

  1. Motul Scooter LE 4T HC-Tech 10W-30

Motul Scooter LE 4T HC-Tech 10W-30 memiliki spesifikasi SAE 10W-30 API SL JASO MB. Oli sintetik ini cocok digunakan untuk berbagai varian motor matic, terutama yang berperforma tinggi.

  1. Oli X Ten Matic 10W-30 & 10W-40

Oli X Ten Matic 10W-40 sebaiknya digunakan untuk motor matic dengan usia pemakaian di bawah 5 tahun. Sedangkan, varian yang 10W-30 bisa digunakan untuk motor matic dengan usia pemakaian diatas 5 tahun.

Oli berperan penting dalam menjaga performa mesin motor. Oleh karena itu, pemilihan oli yang tepat sangatlah penting. Pastikan oli yang dipilih sesuai dengan kebutuhan mesin motor. Jika masih ragu, kamu dapat berkonsultasi dengan mekanik atau teknisi yang berpengalaman.

Baca Juga  Roemah Makan Rakjat (RMR) Malang: Berbagi Ratusan Makan Gratis Tiap Hari

Untuk Membaca berita seputar Jawa Timur, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)