Rendra Masdrajad Safaat

Pantai Pasir Putih Situbondo: Surga Tersembunyi di Pesisir Jawa Timur

Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo adalah salah satu destinasi wisata yang menawan di pesisir utara Jawa Timur. Terletak sekitar 23 kilometer sebelah timur dari pusat kota Situbondo, pantai ini menawarkan keindahan alam yang memikat dengan pasir putihnya yang halus dan air laut yang jernih. Pantai ini menjadi tempat yang ideal bagi para wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam.

Keindahan Alam dan Aktivitas di Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih di wilayah Situbondo terkenal dengan garis pantainya yang panjang dan hamparan pasir putih yang lembut. Kejernihan air lautnya membuatnya cocok untuk berbagai aktivitas air seperti snorkeling, menyelam, dan berenang. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang memukau dari tepi pantai.

Internship Warta Jatim

Di sekitar pantai, terdapat berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan wisatawan, termasuk area parkir yang luas, tempat duduk, serta warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk menjelajahi laut atau mengikuti tur snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut yang kaya akan terumbu karang dan berbagai jenis ikan.

pantai pasir putih

Lokasi

Pantai Pasir Putih Situbondo terletak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini berada di sepanjang jalur utama Pantura (Pantai Utara), yang menghubungkan kota-kota besar di Jawa Timur seperti Surabaya dan Banyuwangi.

Berikut adalah beberapa petunjuk arah untuk mencapai lokasi:

  1. Dari Surabaya: Pantai ini berjarak sekitar 170 kilometer dari Surabaya. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bus umum yang menuju ke arah Situbondo. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 3-4 jam tergantung pada kondisi lalu lintas.
  2. Dari Banyuwangi: Pantai Pasir Putih berjarak sekitar 110 kilometer dari Banyuwangi. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bus umum yang menuju ke arah Situbondo. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2-3 jam.
  3. Dari Jember: Jarak dari Jember sekitar 90 kilometer. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bus umum yang menuju ke arah Situbondo, yang memakan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan.
Baca Juga  Pantai Tiga Warna Malang: Destinasi istimewa dengan Air Laut Berubah Warna

Lokasinya yang strategis di jalur utama membuat lokasi pantai ini mudah diakses oleh wisatawan dari berbagai kota di Jawa Timur. Pantai ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan suasana yang tenang, menjadikannya destinasi yang populer untuk liburan keluarga maupun wisatawan yang ingin bersantai menikmati keindahan pantai.

Hotel Terdekat

Untuk wisatawan yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Pantai Pasir Putih, terdapat beberapa pilihan akomodasi yang nyaman di sekitar pantai:

  1. Hotel Wisata Baru: Terletak sekitar 5 km dari pantai, hotel ini menawarkan berbagai fasilitas seperti kolam renang, restoran, dan kamar-kamar yang nyaman dengan pemandangan laut.
  2. Hotel Sidomuncul 1: Hanya berjarak sekitar 3 km dari pantai, hotel ini menawarkan penginapan yang terjangkau dengan fasilitas dasar yang memadai. Lokasinya yang dekat dengan pantai membuatnya pilihan yang populer bagi wisatawan.
  3. Hotel Rosali: Terletak di pusat kota Situbondo, sekitar 20 menit berkendara dari pantai, hotel ini menawarkan kamar-kamar yang bersih dan nyaman dengan harga yang terjangkau.

baca juga : Rekomendasi Wisata Pantai di Malang Selatan

Restoran Terdekat

Setelah menikmati keindahan Pantai Pasir Putih, wisatawan dapat mencoba berbagai kuliner lokal di restoran-restoran terdekat:

  1. Warung Apung: Terletak tepat di tepi pantai, warung ini menawarkan berbagai hidangan laut segar dengan pemandangan laut yang indah. Menu favorit termasuk ikan bakar, cumi-cumi goreng, dan berbagai jenis seafood lainnya.
  2. Restoran Lestari: Berjarak sekitar 5 km dari pantai, restoran ini menyajikan hidangan khas Jawa Timur dengan cita rasa yang lezat. Menu andalan termasuk rawon, soto ayam, dan nasi pecel.
  3. Café Teras Pantai: Café ini menawarkan suasana yang santai dengan pemandangan langsung ke pantai. Pengunjung bisa menikmati kopi, jus segar, dan camilan ringan sambil menikmati angin laut yang sejuk.

Pantai Pasir Putih adalah destinasi yang sempurna untuk liburan keluarga, pasangan, atau bahkan solo traveler yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Dengan fasilitas yang memadai dan berbagai pilihan akomodasi serta restoran di sekitarnya, pantai ini siap menyambut wisatawan yang ingin menikmati pesona alam Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih Situbondo

Harga tiket masuk ke lokasi wisata  cukup terjangkau. Namun, harga dapat bervariasi tergantung pada hari dan musim liburan. Berikut adalah perkiraan harga tiket masuk ke Pantai:

  • Hari biasa (Senin – Jumat): Rp 10.000 – Rp 15.000 per orang
  • Akhir pekan (Sabtu – Minggu): Rp 15.000 – Rp 20.000 per orang
  • Hari libur nasional: Rp 20.000 – Rp 25.000 per orang

Selain tiket masuk, ada juga biaya parkir untuk kendaraan yang biasanya berkisar:

  • Parkir motor: Rp 2.000 – Rp 5.000
  • Parkir mobil: Rp 5.000 – Rp 10.000

Disarankan untuk membawa uang tunai yang cukup, karena fasilitas pembayaran dengan kartu mungkin tidak tersedia di lokasi. Untuk informasi lebih lanjut atau perubahan harga terkini, sebaiknya menghubungi pihak pengelola sebelum berkunjung.

sewa perahu di pantai pasir putih

Fasilitas yang tersedia

Pantai Pasir Putih menyediakan berbagai fasilitas untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan para pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat ditemukan di pantai ini:

  1. Area Parkir: Tersedia area parkir yang luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tentang tempat parkir.
  2. Toilet dan Kamar Mandi: Terdapat fasilitas toilet dan kamar mandi yang bersih dan terawat untuk kebutuhan pengunjung.
  3. Warung dan Kios: Berbagai warung dan kios makanan tersedia di sekitar pantai, menawarkan hidangan lokal seperti ikan bakar, mie, dan camilan ringan.
  4. Penyewaan Perahu: Pengunjung bisa menyewa perahu untuk menjelajahi laut sekitar atau untuk kegiatan memancing.
  5. Penyewaan Alat Snorkeling dan Menyelam: Tersedia penyewaan peralatan snorkeling dan menyelam bagi mereka yang ingin menjelajahi keindahan bawah laut.
  6. Gazebo dan Tempat Duduk: Ada gazebo dan tempat duduk yang dapat digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan laut.
  7. Area Bermain Anak: Terdapat area bermain untuk anak-anak yang dilengkapi dengan ayunan, perosotan, dan permainan lainnya.
  8. Panggung Hiburan: Kadang-kadang, ada panggung hiburan yang digunakan untuk acara musik atau pertunjukan lokal.
  9. Tempat Penitipan Barang: Untuk keamanan barang bawaan, tersedia tempat penitipan barang yang aman.
  10. Pusat Informasi: Terdapat pusat informasi yang siap membantu pengunjung dengan informasi terkait pantai dan fasilitas yang ada.
  11. Papan Informasi dan Petunjuk: Papan informasi dan petunjuk arah yang jelas tersedia untuk memudahkan pengunjung menjelajahi pantai.
  12. Spot Foto: Tersedia beberapa spot foto yang instagrammable untuk mengabadikan momen liburan.

Dengan fasilitas yang cukup lengkap, Pantai Pasir Putih Situbondo menjadi destinasi wisata yang cocok untuk keluarga, pasangan, maupun solo traveler yang ingin menikmati keindahan alam sambil bersantai.

Harga Sewa Perahu

Harga sewa perahu di Pantai Pasir Putih dapat bervariasi tergantung pada jenis perahu dan durasi penyewaan. Berikut adalah perkiraan harga sewa perahu :

  1. Perahu Kecil (Sampan):
    • Sewa untuk perjalanan pendek (sekitar 30 menit): Rp 50.000 – Rp 75.000
    • Sewa untuk perjalanan lebih lama (sekitar 1 jam): Rp 100.000 – Rp 150.000
  2. Perahu Besar (Kapal Motor):
    • Sewa untuk perjalanan pendek (sekitar 30 menit): Rp 100.000 – Rp 150.000
    • Sewa untuk perjalanan lebih lama (sekitar 1 jam): Rp 200.000 – Rp 300.000
  3. Perahu untuk Snorkeling atau Menyelam:
    • Paket snorkeling (termasuk peralatan): Rp 200.000 – Rp 300.000 per orang
    • Paket menyelam (termasuk peralatan dan pemandu): Rp 300.000 – Rp 500.000 per orang

Harga-harga ini adalah perkiraan dan bisa berubah tergantung pada negosiasi dengan pemilik perahu atau kebijakan pengelola wisata setempat. Disarankan untuk menanyakan langsung kepada penyedia jasa sewa perahu di pantai untuk mendapatkan informasi terbaru dan memastikan harga serta ketersediaan perahu sesuai kebutuhan Anda.

Media Partner Warta Jatim