Peduli Kesehatan Civitas Academica, Tema Dies Natalis ke-61 Universitas Brawijaya

Peduli Kesehatan Civitas Academica, Tema Dies Natalis ke-61 Universitas Brawijaya
Peduli Kesehatan Civitas Academica, Tema Dies Natalis ke-61 Universitas Brawijaya

Malang, 5 Januari 2024 – Universitas Brawijaya (UB) merayakan Dies Natalis ke-61 dengan penuh semangat dan fokus pada aspek kesehatan civitas academica. Acara ini diawali dengan rapat terbuka senat yang dilaksanakan di Gedung Samantha Krida.

Dies Natalis kali ini mengangkat tema “Sehat Bermartabat,” mencerminkan komitmen UB untuk menjaga kesehatan tidak hanya individu, tetapi juga sebagai institusi.

Ketua Pelaksana Dies Natalis, Prof. Dian Handayani, menekankan bahwa sehat dalam sebuah institusi bukan hanya berkaitan dengan kesehatan fisik, tetapi juga melibatkan kepemimpinan yang terbuka dan akuntabel. “Sumber daya manusia yang dimiliki UB seperti dosen, pimpinan, dan tenaga kependidikan merupakan aset institusi yang harus dijaga kesehatannya agar dapat meraih prestasi yang optimal,” ujarnya.

Sebagai bagian dari kegiatan Dies Natalis, skrining kesehatan dilakukan untuk para dosen berpangkat profesor, pimpinan, dan tenaga pendidik.

Hal ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada fakultas-fakultas untuk menciptakan atmosfir akademik dan non-akademik yang mendukung di lingkungan UB.

baca juga: Fakultas Vokasi UB Kelola Wisata Desa di Trenggalek

“Diharapkan civitas UB dapat terus bekerja dan berkarya tanpa harus mengalami masalah burnout dan kelelahan kerja serta tidak punya waktu untuk diri sendiri,” tambah Prof. Dian Handayani.

Gaya hidup tidak sehat, seperti kurang aktivitas fisik, polusi, dan stres, dianggap sebagai faktor risiko terhadap perkembangan UB. Oleh karena itu, skrining kesehatan fisik dan mental dianggap perlu dilakukan sebagai langkah preventif.

Rapat Terbuka Senat juga menjadi momen apresiasi bagi dosen yang telah berkontribusi dalam publikasi karya ilmiah. Salah satu dosen dari Fakultas Ilmu Kesehatan, Dr. Ns. Lilik Supriati, S.Kep., M.Kep, memberikan orasi ilmiah dengan tema “Penguatan Mental Health Awareness sebagai Perspektif Pendekatan Burnout dalam Tatanan Perguruan Tinggi.”

Baca Juga  10 Tempat Makan yang Hits dan Jadi Langganan Wisatawan di Kota Batu

Orasi ini membahas kesehatan mental dan pentingnya penilaian terhadap stresor kerja untuk mencegah burnout.

Dies Natalis ke-61 UB memberikan pesan kuat bahwa kesehatan civitas academica merupakan fondasi utama bagi kemajuan institusi. Dengan tema “Sehat Bermartabat,” diharapkan UB dapat terus menjadi lembaga pendidikan yang tidak hanya unggul dalam prestasi akademis, tetapi juga dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan hidup seluruh komunitas akademikanya.

Semoga perayaan ini menjadi dorongan positif bagi UB untuk melangkah ke masa depan yang lebih gemilang.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)