Pengalaman Pariwisata Virtual Terbaru di Pameran Metantara di Malang Creative Center

Pameran arsitektur yang digelar oleh IAI Malang x MCC, Sabtu (4/3/2023)
Pameran arsitektur yang digelar oleh IAI Malang x MCC, Sabtu (4/3/2023)

MALANG – Acara pameran arsitektur yang digelar oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Cabang Malang bekerja sama dengan Malang Creative Center (MCC) kembali hadir dengan inovasi terbaru, yaitu Metantara, sebuah platform metaverse yang menghadirkan pengalaman pariwisata virtual terbaru.

Metantara, yang merupakan singkatan dari Meta Antariksa, dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang ingin menjelajahi kawasan bersejarah di Kota Malang secara virtual dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.

Pengunjung dapat merasakan pengalaman yang sangat dekat dengan lingkungan kawasan bersejarah melalui teknologi immersive multimedia spasial.

Dalam pameran yang diadakan di Malang Creative Center, pengunjung dapat melihat langsung pengembangan aplikasi Metantara dan teknologi yang digunakan.

Dalam pengembangan aplikasi ini, tim pengembang melakukan tahap visual data mining pada kawasan maupun bangunan di sepanjang Koridor Jalan Kayutangan untuk proses rekonstruksi model objek bangunan bersejarah.



Baca Juga Mengenal Kopi Lebih Dalam di Malang Creative Center.

Pengembangan aplikasi ini menggunakan teknologi Geographic Information System (GIS) yang interaktif untuk membangun konsep lingkungan 3D virtual yang dapat diakses dan berinteraksi secara real-time.

Metantara menciptakan interactive virtual tour experience yang menarik bagi para wisatawan dan juga merupakan perangkat edukasi digital yang bermanfaat serta berdaya guna bagi wisata sejarah.

“Kami berharap dengan adanya Metantara, pengunjung dapat merasakan pengalaman baru dalam berinteraksi terhadap akses informasi visual spasial kawasan bersejarah di Kota Malang,” kata Ketua IAI Cabang Malang, Budi Setiawan pada Sabtu (4/3/2023).

Selain memberikan pengalaman yang unik bagi pengunjung, aplikasi Metantara juga bertujuan untuk mendukung industri pariwisata dan ekonomi digital berbasis immersive media project di kota Malang.

Baca Juga  Peringatan Women's Day 8 Maret 2023: Peningkatan Kesetaraan Gender dan Dukungan untuk Perempuan di Seluruh Dunia

Dalam konteks ini, aplikasi Metantara sangat relevan dengan tema payung riset berdasarkan Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) untuk RIP Sosial, Humaniora, Good Governance dan Seni Budaya.

Hal tersebut yang mendorong upaya transformasi tata kelola pemerintahan kedalam digitalisasi tata kelola pemerintahan dan entrepreneurial (Smart Governance).



Tentang Metantara

Dalam pembangunan industri wisata sejarah, aplikasi Metantara juga berperan dalam pengelolaan kawasan bersejarah dengan konsep sustainable business and tourism (e-commerce) yang mengarah pada berbagai pengembangan bisnis wisata ke dalam inovasi digital.

Melalui aplikasi Metantara, pengunjung dapat menikmati pengalaman pariwisata virtual yang menarik dan interaktif serta dapat berkontribusi pada pengembangan bisnis wisata kawasan bersejarah yang berkelanjutan.

Acara pameran arsitektur IAI Malang x MCC yang menghadirkan Metantara akan berlangsung hingga tanggal 6 Maret 2023 di Malang Creative Center. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman pariwisata virtual terbaru yang unik dan menarik!

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *