Rendra Masdrajad Safaat

Pengertian Administrasi Perkantoran dalam Arti Luas

pengertian Administrasi perkantoran

WartaJatim.co.id, 24 Mei 2023 –  Tepatnya pengertian Administrasi perkantoran merupakan aspek penting dalam kegiatan bisnis dan organisasi. Dalam arti luas, administrasi perkantoran mencakup berbagai aktivitas yang terkait dengan pengelolaan tugas-tugas administratif dalam sebuah perusahaan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam pengertian administrasi perkantoran dalam arti luas serta peran pentingnya dalam mendukung operasional perusahaan.

Internship Warta Jatim

Pengertian Administrasi Perkantoran

Administrasi perkantoran dapat dijelaskan sebagai serangkaian kegiatan yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengkoordinasian tugas-tugas administratif dalam suatu perusahaan.

Fungsi utama administrasi perkantoran adalah menjaga kelancaran dan efisiensi operasional perusahaan serta memberikan dukungan administratif kepada seluruh anggota organisasi.

Dalam konteks ini, administrasi perkantoran memiliki peran vital dalam menyelenggarakan berbagai aktivitas administratif.

Termasuk di antaranya adalah pengelolaan dokumen, pengaturan jadwal, koordinasi komunikasi internal dan eksternal, serta pemenuhan kebutuhan administratif lainnya.

Administrasi perkantoran juga berkontribusi dalam membantu manajemen dalam pengambilan keputusan, menyediakan informasi yang akurat dan relevan, serta memastikan kebijakan dan prosedur yang ditetapkan dapat dijalankan.

Lingkup Administrasi Perkantoran

Administrasi perkantoran melibatkan berbagai aktivitas yang berperan penting dalam menjaga kelancaran operasional perusahaan. Berikut adalah beberapa bidang yang terkait dengan administrasi perkantoran:

1. Manajemen Dokumen dan Informasi

Manajemen dokumen dan informasi merupakan salah satu aspek penting dalam administrasi perkantoran. Aktivitas ini mencakup pengelolaan dokumen, pengarsipan, serta penyimpanan dan pengamanan informasi penting perusahaan.

Baca Juga  Teknologi Disruptif: Tantangan Baru dalam Ilmu Ekonomi

Dengan mengelola dokumen dan informasi secara efektif, administrasi perkantoran memastikan aksesibilitas dan keamanan data yang diperlukan oleh berbagai departemen dan anggota perusahaan.

2. Pengelolaan Komunikasi

Administrasi perkantoran juga bertanggung jawab dalam mengelola komunikasi internal dan eksternal perusahaan. Ini mencakup pengelolaan surat-menyurat, telepon, email, serta koordinasi rapat dan pertemuan.

Dengan mengoordinasikan komunikasi dengan baik, administrasi perkantoran membantu menjaga alur informasi yang efisien dan mendukung kolaborasi antar departemen.

3. Penjadwalan dan Pengaturan Jadwal

Penjadwalan dan pengaturan jadwal merupakan tugas yang penting dalam administrasi perkantoran. Hal ini meliputi penentuan jadwal kerja, pengaturan janji, serta pengelolaan waktu dan pengawasan kehadiran karyawan.

Dengan merencanakan dan mengorganisir jadwal dengan baik, administrasi perkantoran memastikan kelancaran aktivitas sehari-hari dan optimalisasi produktivitas perusahaan.

4. Pengelolaan Inventaris

Administrasi perkantoran juga memiliki peran dalam pengelolaan inventaris. Ini melibatkan pengadaan barang dan perlengkapan kantor, pemeliharaan aset, serta pengelolaan stok dan distribusi.

Dengan mengelola inventaris dengan efisien, administrasi perkantoran membantu memastikan ketersediaan sumber daya yang diperlukan untuk kegiatan operasional perusahaan.

5. Pelayanan Pelanggan dan Penerimaan

Beberapa tugas administrasi perkantoran termasuk pelayanan pelanggan dan penerimaan. Ini dapat meliputi menerima tamu, menjawab pertanyaan pelanggan, menangani permintaan atau keluhan, serta menyediakan dukungan administratif kepada tim layanan pelanggan.

Dengan memberikan pelayanan pelanggan yang baik, administrasi perkantoran memperkuat citra positif perusahaan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

6. Administrasi Keuangan dan Kepegawaian

Aspek administrasi keuangan dan kepegawaian juga menjadi bagian penting dalam administrasi perkantoran. Termasuk di dalamnya adalah penggajian, manajemen keuangan, dan pengelolaan data karyawan.

Dalam hal ini, administrasi perkantoran bekerja sama dengan departemen keuangan dan sumber daya manusia untuk memastikan keuangan perusahaan terkelola dengan baik dan informasi karyawan tercatat dengan akurat.

Baca Juga  Gebyar Wirausaha ke-10: Transformasi Spiritual dan Kesuksesan Bisnis di Sleman City Hall Yogyakarta 2024

Tugas-tugas dalam administrasi perkantoran dapat bervariasi tergantung pada ukuran, jenis perusahaan, dan industri tempat perusahaan beroperasi. Namun, prinsip dasar administrasi perkantoran tetap sama, yaitu menjaga efisiensi, keteraturan, dan kelancaran operasional perusahaan.

Keahlian dan Kompetensi dalam Administrasi Perkantoran

Untuk menjadi seorang profesional administrasi perkantoran yang kompeten, diperlukan sejumlah keahlian dan kompetensi. Berikut adalah beberapa keterampilan yang penting dalam administrasi perkantoran:

1. Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis meliputi penggunaan perangkat lunak kantor, pemahaman tentang sistem komputer, pengolahan kata, spreadsheet, presentasi, dan aplikasi keuangan. Kemampuan dalam menggunakan teknologi dan alat-alat administrasi modern menjadi kunci dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas administrasi perkantoran.

2. Keterampilan Manajemen Waktu dan Organisasi

Keterampilan manajemen waktu dan organisasi sangat penting dalam administrasi perkantoran. Kemampuan untuk mengatur jadwal, mengelola tugas, dan mengatur prioritas akan membantu menjaga keteraturan dan memastikan bahwa semua pekerjaan selesai tepat waktu.

3. Kemampuan Komunikasi dan Kerjasama

Administrasi perkantoran melibatkan interaksi dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal perusahaan. Kemampuan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan, serta kemampuan kerjasama yang solid, akan membantu membangun hubungan yang baik dengan anggota tim dan pihak lain yang terlibat dalam aktivitas perusahaan.

4. Keahlian Administrasi dan Pengelolaan Dokumen

Keahlian dalam administrasi dan pengelolaan dokumen menjadi landasan utama administrasi perkantoran. Ini meliputi kemampuan dalam menyusun dan mengorganisir dokumen, pengarsipan yang efisien, serta pengetahuan tentang kebijakan dan prosedur administratif.

5. Keahlian Bahasa dan Komunikasi Bisnis

Administrasi perkantoran juga membutuhkan keahlian bahasa dan komunikasi bisnis yang baik. Kemampuan untuk menulis surat bisnis, email resmi, dan berkomunikasi dengan bahasa yang jelas dan efektif akan memperkuat profesionalisme dalam administrasi perkantoran.

Baca Juga  Ayam Goreng Nelongso (BAIK) IPO, Incar Dana Segar Rp62,55 Miliar

Dalam arti luas, pengertian administrasi perkantoran mencakup berbagai aktivitas yang mendukung kelancaran operasional dan administrasi dalam sebuah perusahaan.

Dengan melibatkan manajemen dokumen dan informasi, pengelolaan komunikasi, penjadwalan dan pengaturan jadwal, pengelolaan inventaris, pelayanan pelanggan, serta administrasi keuangan dan kepegawaian, administrasi perkantoran berperan penting dalam menjaga efisiensi dan produktivitas perusahaan.

Untuk menjadi seorang profesional administrasi perkantoran yang kompeten, diperlukan keahlian dan kompetensi dalam berbagai bidang, termasuk keterampilan teknis, manajemen waktu dan organisasi, kemampuan komunikasi dan kerjasama, keahlian administrasi dan pengelolaan dokumen, serta keahlian bahasa dan komunikasi bisnis.

Dengan menguasai berbagai aspek administrasi perkantoran, seseorang dapat menjadi pendukung yang handal dalam menjaga operasional perusahaan yang lancar dan sukses.

Media Partner Warta Jatim