Pengertian Infografis: Cara Mudah untuk Menyampaikan Informasi dengan Menarik

Pengertian Infografis

WartaJatim.co.id, 12 Mei 2023 – Pengertian Infografis secara singkat adalah representasi visual dari data atau informasi. Infografis dapat membantu menyajikan informasi secara jelas dan mudah dipahami.

Artikel ini akan menjelaskan pengertian infografis, jenis-jenis infografis, manfaat infografis, cara membuat infografis yang efektif, dan beberapa contoh infografis yang menarik.

Pengertian Infografis

Infografis adalah representasi visual dari data atau informasi. Infografis biasanya digunakan untuk menjelaskan informasi secara visual, seperti data atau statistik yang sulit dipahami jika disajikan dalam bentuk teks atau angka.

Infografis dapat berupa diagram, grafik, tabel, atau gambar. Tujuan dari infografis adalah untuk membuat informasi lebih mudah dipahami oleh audiens.



Jenis-jenis Infografis

Ada beberapa jenis infografis yang dapat digunakan, antara lain:

Infografis Statistik

Infografis statistik adalah jenis infografis yang digunakan untuk menyajikan data atau statistik dalam bentuk grafik atau tabel. Infografis statistik biasanya digunakan untuk menyajikan data yang kompleks dan sulit dipahami dalam bentuk teks atau angka.

Infografis Proses

Infografis proses adalah jenis infografis yang digunakan untuk menjelaskan suatu proses secara visual. Infografis proses dapat membantu audiens memahami bagaimana suatu proses berlangsung secara keseluruhan.

Infografis Peta

Infografis peta adalah jenis infografis yang digunakan untuk menyajikan informasi geografis atau lokasi secara visual. Infografis peta biasanya digunakan untuk menjelaskan informasi tentang suatu wilayah atau tempat.

Manfaat Infografis

Infografis memiliki beberapa manfaat, antara lain:

Mempermudah pemahaman

Infografis dapat membantu audiens memahami informasi dengan lebih mudah dan cepat.

Meningkatkan daya tarik visual

Infografis dapat membuat informasi lebih menarik secara visual, sehingga audiens lebih tertarik untuk memperhatikan informasi yang di sajikan.

Baca Juga  Turut Majukan Iklim Investasi dan Perekonomian, Primaland Terima Penghargaan dari Walikota Malang

Meningkatkan tingkat retensi informasi

Infografis dapat membantu audiens mengingat informasi yang di sajikan dengan lebih baik, karena informasi tersebut di sajikan secara visual.

Cara Membuat Infografis yang Efektif

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat infografis yang efektif:

Tentukan tujuan infografis

Tentukan tujuan dari infografis yang akan di buat, sehingga dapat menyajikan informasi dengan jelas dan mudah di pahami oleh audiens.

Gunakan data yang akurat

Pastikan data yang di gunakan dalam infografis adalah akurat dan terpercaya.

Gunakan desain yang menarik

Desain infografis harus menarik dan mudah di pahami oleh audiens.

Gunakan warna yang tepat

Pilih warna yang tepat untuk infografis, sehingga informasi dapat di sajikan dengan jelas.

Buat infografis yang ringkas

Infografis harus di buat dengan ringkas dan mudah di pahami oleh audiens.

Contoh Infografis yang Menarik

Berikut adalah beberapa contoh infografis yang menarik:

Infografis tentang Manfaat Olahraga

Infografis ini menyajikan manfaat olahraga bagi kesehatan fisik dan mental. Dengan menggunakan grafik dan ikon yang menarik, infografis ini menjelaskan bagaimana olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi risiko penyakit, dan meningkatkan suasana hati.

Infografis tentang Perubahan Iklim

Infografis ini menggunakan peta dan grafik untuk menyajikan data tentang perubahan iklim di seluruh dunia. Infografis ini menggambarkan peningkatan suhu rata-rata global, pola curah hujan yang berubah, dan dampak perubahan iklim terhadap lingkungan.

Infografis tentang Tips Kesehatan

Infografis ini memberikan tips kesehatan yang sederhana dan mudah di ikuti. Infografis ini menggunakan gambar dan ikon untuk memperjelas setiap tip, seperti tips menjaga pola makan sehat, tips menjaga tidur yang cukup, dan tips menjaga kesehatan mental.

Infografis tentang Teknik Fotografi

Infografis ini memberikan penjelasan visual tentang teknik-teknik dasar dalam fotografi. Infografis ini menyajikan informasi tentang komposisi foto, pengaturan kamera, dan teknik pengambilan foto yang menarik.

Baca Juga  Prakerja Gelombang 63 Tahun 2024 Segera Dibuka, Simak Cara Mudah Mendaftar dan Syaratnya

Infografis tentang Pendidikan

Infografis ini menyajikan data dan informasi tentang pentingnya pendidikan. Infografis ini menggunakan grafik dan diagram untuk menunjukkan perbandingan tingkat pendidikan di berbagai negara, manfaat pendidikan tinggi, dan dampak positif pendidikan terhadap karier dan penghasilan.

Nah itulah artikel tentang pengertian infografis. setelah membaca artikel di atas sudah tahu kan apa itu infografis.. Yup singkatnya Infografis adalah representasi visual dari data atau informasi yang membantu menyajikan informasi dengan cara yang menarik dan mudah di pahami.

Infografis dapat di gunakan dalam berbagai konteks, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Dengan mengikuti tips pembuatan infografis yang efektif, Anda dapat menciptakan infografis yang menarik dan informatif. Selamat mencoba!



*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)