Rendra Masdrajad Safaat

Pengertian Marketing Mix Menurut Para Ahli

pengertian marketing mix menurut para ahli

Wartajatim.co.id, 17 Mei 2023 – Selamat datang pembaca artikel ini yang akan membahas pengertian marketing mix menurut para ahli. Marketing mix merupakan konsep yang sangat penting dalam dunia pemasaran.

Dalam artikel ini, kita akan membahas definisi marketing mix, konsepnya menurut para ahli, implementasinya dalam bisnis, serta pengaruhnya dalam pemasaran.

Internship Warta Jatim

Pengertian Marketing Mix

Marketing mix merujuk pada kombinasi dari berbagai elemen pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka kepada target pasar.

Konsep marketing mix melibatkan pengaturan dan pengintegrasian empat elemen penting, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Namun, dalam perkembangannya, konsep ini telah diperluas untuk mencakup tiga elemen tambahan, yaitu proses, orang, dan bukti fisik.



Produk (Product)

Elemen produk dalam marketing mix berkaitan dengan pengembangan, perancangan, dan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pelanggan. Hal ini mencakup segala aspek produk, termasuk fitur, fungsi, desain, merek, dan kemasan.

Harga (Price)

Elemen harga dalam marketing mix mencakup penetapan harga yang tepat untuk produk atau layanan yang ditawarkan. Penentuan harga harus memperhitungkan faktor-faktor seperti biaya produksi, permintaan pasar, dan strategi penetapan harga yang diinginkan perusahaan.

Tempat (Place)

Elemen tempat dalam marketing mix berhubungan dengan distribusi produk atau layanan kepada pelanggan. Hal ini mencakup pemilihan saluran distribusi yang tepat, termasuk penentuan lokasi penjualan, transportasi, dan sistem distribusi yang efisien.

Promosi (Promotion)

Elemen promosi dalam marketing mix melibatkan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka kepada pelanggan potensial. Promosi dapat meliputi iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan kegiatan pemasaran lainnya.

Baca Juga  Ekonomi Moneter: Memahami Ilmu dan Kebijakan yang Mempengaruhi

Proses (Process)

Elemen proses dalam marketing mix merujuk pada cara perusahaan menyediakan produk atau layanan kepada pelanggan. Proses yang efisien dan mudah dipahami oleh pelanggan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu membangun hubungan jangka panjang.

Orang (People)

Elemen orang dalam marketing mix mencakup peran dan keterlibatan staf atau karyawan perusahaan dalam menyediakan produk atau layanan kepada pelanggan. Pelayanan yang baik dari orang-orang di perusahaan dapat memberikan pengalaman positif kepada pelanggan.

Bukti Fisik (Physical Evidence)

Elemen bukti fisik dalam marketing mix berkaitan dengan aspek fisik yang mendukung produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini mencakup elemen-elemen seperti fasilitas fisik, desain interior, logo, dan segala hal yang dapat memberikan bukti konkret kepada pelanggan mengenai kualitas dan profesionalisme perusahaan.

Konsep Marketing Mix Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa ahli yang memberikan kontribusi penting dalam pengembangan konsep marketing mix. Berikut adalah beberapa pandangan dari para ahli mengenai marketing mix:

  • Neil Borden: Neil Borden mengemukakan konsep “marketing mix” pada tahun 1953. Menurutnya, marketing mix merupakan kombinasi dari berbagai variabel pemasaran yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam upaya mempengaruhi pasar.
  • Jerome McCarthy: Jerome McCarthy adalah seorang profesor pemasaran yang terkenal karena kontribusinya terhadap pengembangan konsep marketing mix. Ia mengidentifikasi empat elemen pemasaran yang dikenal dengan istilah “4P”, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi.
  • Philip Kotler: Philip Kotler, seorang ahli pemasaran terkemuka, juga memberikan pandangan penting mengenai marketing mix. Menurutnya, marketing mix adalah alat penting yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran mereka.
  • E. Jerome McCarthy dan William Perreault Jr.: Dalam bukunya yang terkenal, “Basic Marketing: A Managerial Approach”, McCarthy dan Perreault mengembangkan konsep marketing mix menjadi “7P” dengan menambahkan tiga elemen tambahan, yaitu proses, orang, dan bukti fisik.
Baca Juga  Investor China Berkunjung ke Indo Strait (PTIS) untuk Memperkuat Bisnis Pengiriman Batu Bara

Implementasi Marketing Mix

Implementasi marketing mix melibatkan strategi penerapan yang tepat untuk setiap elemen marketing mix dalam upaya mencapai tujuan pemasaran perusahaan.

Perusahaan harus mempertimbangkan karakteristik pasar, pesaing, dan sumberdaya yang tersedia dalam menyusun strategi marketing mix yang efektif.

Contoh penggunaan marketing mix dalam perusahaan antara lain adalah penentuan fitur dan desain produk yang menarik, penetapan harga yang kompetitif, pemilihan saluran distribusi yang efisien, dan penggunaan berbagai metode promosi yang sesuai dengan target pasar.

Pentingnya menyusun marketing mix yang tepat terletak pada kemampuannya untuk mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan, membangun citra merek yang kuat, dan meningkatkan daya saing perusahaan di pasar yang kompetitif.

Pengaruh Marketing Mix dalam Pemasaran

Penerapan marketing mix yang tepat dapat memberikan berbagai pengaruh positif dalam pemasaran perusahaan. Beberapa pengaruh tersebut antara lain:

  • Meningkatkan daya saing perusahaan: Dengan menyusun marketing mix yang tepat, perusahaan dapat membedakan diri mereka dari pesaing dan meningkatkan daya tarik produk atau layanan mereka di pasar.
  • Meningkatkan penjualan dan pangsa pasar: Strategi marketing mix yang efektif dapat membantu meningkatkan penjualan perusahaan dan meraih pangsa pasar yang lebih besar.
  • Membangun citra merek yang kuat: Marketing mix yang baik dapat membantu membangun citra merek yang positif di mata pelanggan, sehingga meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap merek tersebut.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan: Marketing mix yang tepat dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Menjangkau target pasar dengan lebih efektif: Dengan menyusun marketing mix yang sesuai dengan karakteristik target pasar, perusahaan dapat lebih efektif dalam menjangkau dan mempengaruhi pelanggan potensial.

Nah berikut adalah ulasan kami tentang pengertian marketing mix. Dalam dunia pemasaran, marketing mix merupakan konsep yang penting untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.

Baca Juga  Bonus Atlet SEA Games dan Prestasi Gemilang: Pemerintah Alokasikan Rp852,2 Miliar dari APBN untuk Dukung Kontingen Indonesia

Marketing mix melibatkan pengaturan dan pengintegrasian elemen-elemen pemasaran, seperti produk, harga, tempat, dan promosi. Konsep marketing mix telah diperluas untuk mencakup tiga elemen tambahan, yaitu proses, orang, dan bukti fisik.

Marketing mix memiliki pengaruh yang signifikan dalam pemasaran. Dengan menyusun marketing mix yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan daya saing, penjualan, dan pangsa pasar.

Selain itu, marketing mix juga membantu membangun citra merek yang kuat, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan menjangkau target pasar dengan lebih efektif.



Media Partner Warta Jatim