Pengganti Ketua PWNU Jatim Setelah Pencopotan KH Marzuki Mustamar Akan Ditentukan dalam Dua Pekan Mendatang

Ketua Bidang Keagamaan PBNU, KH Ahmad Fahrur Rozi alias Gus Fahrur, menyampaikan pengganti KH Marzuki Mustamar sebagai Ketua PWNU Jatim akan segera ditentukan.

Gus Fahrur menjelaskan bahwa keputusan tersebut akan diambil melalui rapat pleno gabungan syuriah dan tanfidziyah PBNU dalam waktu dua pekan mendatang.

“Diputuskan melalui (rapat) gabungan Syuriah dan Tanfidziyah PBNU, maksimal dua minggu lagi,” ujar Gus Fahrur setelah rapat harian di PBNU pada 3 Januari 2024.

Dalam konteks pemilihan pengganti, Gus Fahrur juga menyebutkan bahwa beberapa nama berpotensi untuk menggantikan KH Marzuki, termasuk namanya sendiri.

”Ada beberapa nama disebut. Termasuk nama saya,” tambahnya.

Keputusan akhir akan melibatkan rapat pleno yang akan dipimpin oleh Rais Syuriah.

Ditemui terpisah, Sekretaris PBNU, Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul, menegaskan bahwa kewenangan merekomendasikan calon pengganti Ketua PWNU Jatim berada di tangan Rais Syuriah.

Jika rapat pleno tidak dapat dilaksanakan, keputusan akan diambil oleh PBNU tergantung pada situasi dan kondisi yang ada.

”Kembali ke rapat gabungan, Rapat Pleno PWNU yang dipimpin Rais Syuriah. Untuk penggantinya sementara itu bisa melalui pleno dan itu dipimpin Rais syuriah. Jika itu tidak dilaksanakan, akan diambil keputusan oleh PBNU bisa ditunjuk tergantung situasi dan kondisi,” kata Gus Ipul.

Saat ini jabatan Ketua PWNU Jatim saat ini dipegang sementara oleh Plt KH Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin, Pengasuh Ponpes Tebuireng, dan Ketua PBNU.

KH Marzuki Mustamar telah dicopot dari posisinya sebagai Ketua PWNU Jatim berdasarkan Surat Keputusan PBNU Nomor 274/PB.01/A.II.01.44/99/12/2023 yang dikeluarkan pada tanggal 16 Desember 2023.

Baca Juga  PKS Gelar Flashmob Serentak di 5 Titik Kota Malang untuk Kampanye Politik

Untuk mendapatkan informasi lainnya, Anda dapat mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)