Makoto Shinkai, Sosok Dibalik Kesuksesan Anime Kimi No Na Wa

penulis kimi no na wa

Bagi para penggemar anime, nama Makoto Shinkai tentu terdengar familiar. Sutradara anime asal Jepang ini telah menciptakan berbagai karya animasi yang sukses secara global, salah satunya Kimi no Na Wa (Your Name).

Kimi no Na Wa bercerita tentang seorang gadis SMA di pedesaan, bernama Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana, seorang pemuda SMA di Tokyo. Keduanya saling bertukar tubuh secara misterius. Awalnya, mereka berdua merasa terganggu, namun lama-kelamaan mereka mulai memanfaatkannya untuk saling mengenal satu sama lain.

Kimi no Na Wa dirilis pada tahun 2016, dan menjadi salah satu anime tersukses. Anime ini berhasil meraup pendapatan lebih dari 382 juta dolar AS di seluruh dunia, menjadikannya anime movie terlaris ketiga sepanjang masa setelah Demon Slayer: Mugen Train dan Spirited Away.

Selain sukses secara komersil, anime asal jepang ini juga meraih berbagai penghargaan internasional, termasuk penghargaan Best Animated Film pada tahun 2018. Anime ini mendapat banyak pujian dari kritikus karena ceritanya penuh dengan plot twist, animasi yang memukau, serta musiknya yang menggugah hati.

Kesuksesan Kimi no Na Wa telah menjadikan Makoto Shinkai sebagai salah satu penulis dan sutradara anime paling berpengaruh di dunia.

Baca Juga: Kisah Sultan Muhammad Al Fatih, Sang Legenda Penakluk Konstantinopel

Biografi Makoto Shinkai

Makoto Shinkai merupakan seorang sutradara, penulis naskah, produser, dan animator asal Jepang yang lahir di Prefektur Nagano pada tanggal 9 Februari 1973. Sejak kecil, ia sudah tertarik dengan dunia animasi dan sering menonton film animasi dan membaca manga.

Setelah lulus dari Universitas Chuo pada tahun 1994, Makoto Shinkai bekerja sebagai graphic designer di perusahaan video game bernama Falcom. Selama lima tahun bekerja di Falcom, ia menekuni hobi membuat animasi pendek.

Baca Juga  Contoh Scripting: Panduan Lengkap untuk Pemula

Pada tahun 1999, ia merilis She and Her Cat (Kanojo to Kanojo no Neko), yang merupakan anime pendek pertamanya, dan berhasil memenangkan beberapa penghargaan grand prize pada kontes DoGA CG Animation pada tahun 2000. Setelah memenangkan kontes tersebut, Makoto Shinkai keluar dari Falcom dan mulai fokus berkarir sebagai animator.

Beberapa bulan kemudian, ia terinspirasi untuk memulai animasi pendek berjudul Voices of a Distant Star (Hoshi no Koe), yang kemudian rilis pada 2002. Anime ini bercerita tentang seorang gadis yang tinggal di planet Mars, dan berkomunikasi dengan teman masa kecilnya yang tinggal di Bumi.

Kesuksesan Voices of a Distant Star membuka jalan bagi Shinkai untuk membuat anime panjang pertamanya, The Place Promised in Our Early Days (Kumo no Mukou). Anime ini dirilis pada tahun 2004 yang juga meraih sukses besar hingga disiarkan di Amerika Serikat

Karya – Karya Makoto Shinkai

Selain Kimi no Na Wa, Makoto Shinkai juga telah merilis beberapa anime movie yang mendunia, antara lain:

  • 5 Centimeters per Second / Byousoku 5 Centimeter (2007)
  • Garden of Words / Kotoha no Niwa (2013)
  • Weathering With You / Tenki no Ko (2019)
  • Suzume / Suzume no Tojimari (2022)

Karya-karya Makoto Shinkai dikenal dengan keindahan visualnya, ceritanya yang menyentuh hati, dan tema-tema yang dekat dengan penonton. Ia sering kali mengangkat tema percintaan, persahabatan, kekeluargaan yang dibalut dengan unsur science-fiction.

Makoto Shinkai telah menjadi salah satu sutradara anime paling berpengaruh di dunia. Selain sukses secara komersial, karya-karyanya telah menginspirasi banyak orang dan telah membantu mempopulerkan anime di seluruh dunia.

Untuk Membaca berita seputar Jawa Timur, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)