Penyebab Gigi Ngilu Setelah Ditambal dan Cara Mengatasinya

gigi ngilu setelah ditambal

Biasanya gigi kamu akan merasa ngilu ketika makan makanan yang sangat dingin atau terlalu panas. Tapi, pernahkan kamu merasakan gigi ngilu setelah ditambal? Sebenarnya, hal ini cukup umum terjadi. Biasanya, rasa ngilunya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Tambal gigi biasanya dilakukan untuk mengatasi gigi yang berlubang. Untuk mencegah gigi berlubang, kamu bisa menyikat gigi dan mengunjungi dokter gigi secara teratur.

Prosedur Tambal Gigi

Tambal gigi adalah prosedur membersihkan kerusakan pada gigi dan mengisi ruang yang kosong dengan bahan yang baru dan tahan lama.

Prosedur ini dilakukan untuk meredakan rasa sakit pada gigi yang berlubang dan rusak. Sehingga, gigi kamu akan pulih kembali dan kamu pun bisa makan dan minum dengan normal. Prosedur tambal gigi mencakup tiga langkah menurut Hove Dental Clinic, yaitu:

  • Pemberian anestesi pada area yang akan ditambal.
  • Pembersihan gigi dari pembusukan menggunakan bor gigi.
  • Pemasangan tambalan gigi dengan bahan porselen, resin, atau yang lainnya.

Penyebab Gigi Ngilu Setelah Ditambal

Meski rasa ngilu setelah tambal gigi adalah hal yang wajar, kamu tetap harus berhati-hati. Berikut ini penyebab gigi ngilu setelah ditambal yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Saraf Mengalami Iritasi

Rasa ngilu yang berkepanjangan setelah gigi ditambal dapat terjadi karena saraf mengalami iritasi. Hal ini terjadi ketika prosedur penambalan menyebabkan peradangan pada saraf gigi.

Tambalan dapat mendekati ujung saraf gigi dan pada akhirnya menimbulkan iritasi. Rasa ngilunya akan mereda dalam waktu beberapa hari atau minggu saat sarafnya sudah pulih.

2. Tambalan Gigi Tidak Sejajar dengan Gigi yang Lain

Saat menambal gigi, dokter gigi harus memastikan tambalan gigi sejajar dengan gigi yang lain. Sebab, jika terlalu tinggi, hal ini akan menimbulkan tekanan ekstra ketika seseorang menggigit. Akhirnya, timbul rasa nyeri dan rasa tidak nyaman ketika menggigit.

Baca Juga  ABG Nyetir HR-V Baru Celaka sampai Terbalik, Netizen Ngakak tapi Kasihan

Jika kamu mengalami hal ini, coba datang ke dokter gigi untuk menjalani pemeriksaan. Kemungkinan dokter gigi akan menghaluskan tambalan yang terlalu tinggi.

3. Reaksi Alergi

Menurut Web MD, rasa ngilu setelah ditambal bisa terjadi akibat reaksi alergi seseorang terhadap bahan tambalan. Menurut Medical News Today, amalgam merupakan bahan penambal gigi yang sering menyebabkan reaksi alergi.

4. Tambalan yang Tidak Terpasang dengan Baik

Tambalan yang rusak atau lepas, hal ini dapat mengakibatkan rasa ngilu. Masalah ini dapat diatasi dengan mengunjungi dokter gigi untuk mengganti tambalannya.

Baca Juga Jaga Kesehatan Jantung dengan 5 Kebiasaan Kecil Sehari-hari

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Setelah Ditambal

Jika gigi kamu terasa ngilu, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini.

  • Hindari makanan dan minuman yang terlalu dingin atau panas serta makanan yang susah dikunyah.
  • Menghindari makanan dan minuman yang asam dan manis.
  • Jika rasa ngilu berlangsung lama bahkan disertai dengan gejala lain, sebaiknya segera temui dokter gigi.
  • Mengonsumsi obat sesuai resep atau anjuran dokter gigi.
  • Menyikat gigi secara teratur dengan sikat gigi yang berbulu lembut.
  • Memakai pasta gigi untuk gigi yang sensitif
  • Mengunyah makanan pada sisi mulut yang berlawanan

Itulah beberapa penyebab gigi ngilu setelah ditambal beserta cara mengatasinya. Rasa ngilu yang muncul setelah gigi ditambal memang sering terjadi. Namun, kalau rasa ngilunya berlangsung untuk waktu yang lama, kamu harus segera mengunjungi dokter gigi.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)