Perayaan Kenaikan Isa Almasih bagi Umat Kristen di Seluruh Dunia dan Indonesia

Kenaikan Isa Almasih.
Kenaikan Isa Almasih.

WartaJatim.co.id, 15 Mei 2023 – Hari Kenaikan Isa Almasih, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kenaikan Kristus, merupakan salah satu hari raya penting dalam kalender liturgi Kristen.

Hari ini diperingati setiap tahun pada tanggal 40 setelah hari Paskah.

Perayaan ini diadakan untuk memperingati kenaikan Yesus Kristus ke surga setelah Dia bangkit dari kematian.

Merayakan Hari Kenaikan Isa Almasih

Perayaan Kenaikan Kristus diperingati di seluruh dunia oleh umat Kristen. Meskipun ada perbedaan dalam tradisi dan ritual yang dilakukan di setiap negara, tujuan dari perayaan ini tetap sama, yaitu memperingati kenaikan Isa Almasih ke surga.

Di beberapa negara, perayaan Kenaikan Kristus diawali dengan Misa Kenaikan di pagi hari. Misa ini dihadiri oleh umat Kristen yang mengenakan pakaian khusus untuk perayaan ini. Setelah Misa, umat Kristen biasanya mengadakan prosesi ke gereja atau tempat-tempat suci lainnya. Prosesi ini dipimpin oleh imam atau uskup dan diikuti oleh umat Kristen yang membawa lilin dan bendera.

Selain itu, di beberapa negara, umat Kristen juga mengadakan tradisi khusus untuk merayakan Kenaikan Kristus. Di Spanyol, misalnya, orang-orang mengadakan Festival Salto del Colacho, di mana sekelompok pria berpakaian seperti iblis melompati bayi-bayi yang sedang tidur. Meskipun terdengar aneh, festival ini sebenarnya dimaksudkan sebagai peringatan atas kemenangan Yesus atas iblis.

Di Filipina, umat Kristen mengadakan tradisi yang disebut sebagai Pista ng Pag-akyat, di mana orang-orang membuat patung Yesus dan memajangnya di atas tiang yang tinggi. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas kenaikan Yesus ke surga.

Di Indonesia, perayaan Kenaikan Kristus umumnya diadakan di gereja-gereja dan dihadiri oleh umat Kristen dari berbagai denominasi. Umat Kristen biasanya mengenakan pakaian khusus untuk perayaan ini dan mengadakan doa-doa khusus untuk memperingati kenaikan Yesus ke surga.

Baca Juga  Timnas Voli Putri Indonesia Berhasil Memukul Tunduk Timnas India di AVC Challenge Cup 2023

Makna Penting Hari Kenaikan Isa Almasih

Perayaan Kenaikan Kristus memiliki makna penting bagi umat Kristen. Hari ini mengingatkan umat Kristen akan kemenangan Yesus atas maut dan dosa, serta memberikan harapan bahwa setelah kematian, mereka akan bangkit dan hidup bersama dengan Yesus di surga.

Perayaan ini juga menegaskan kepercayaan umat Kristen akan asal muasal dan tujuan hidup manusia. Menurut keyakinan Kristen, manusia berasal dari Allah dan tujuan hidupnya adalah untuk menyembah dan melayani Allah. Kenaikan Kristus menjadi bukti bahwa Allah benar-benar ada dan bahwa Dia mempunyai kuasa atas segala sesuatu, termasuk kehidupan dan kematian.

Perayaan Kenaikan Kristus juga menekankan pentingnya pengampunan dan perdamaian. Sebagaimana Yesus mengampuni para pengkhianat-Nya, demikian pula umat Kristen diharapkan untuk memaafkan orang-orang yang telah melakukan kesalahan terhadap mereka. Selain itu, perayaan ini juga menjadi momen untuk membangun perdamaian dan kerukunan antar sesama manusia.

Perayaan Kenaikan Kristus di Seluruh Dunia

Di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda seluruh dunia, perayaan Kenaikan Kristus tahun ini tentunya akan dirayakan dengan cara yang berbeda. Banyak gereja dan tempat ibadah di seluruh dunia yang mengadakan perayaan secara online untuk menghindari kerumunan dan penyebaran virus. Namun demikian, makna penting dari perayaan ini tetap relevan dan dapat dirayakan di manapun dan kapanpun.

Dalam konteks Indonesia, perayaan Kenaikan Kristus juga dapat menjadi momentum untuk memperkuat kerukunan antar umat beragama. Di tengah situasi yang masih penuh dengan perbedaan dan konflik, perayaan ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk saling menghormati dan menghargai keyakinan masing-masing. Melalui perayaan ini, diharapkan tercipta perdamaian dan kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

Baca Juga  Pencurian Mobil Besar-besaran: Korut Membeli 1.000 Volvo, Namun Menolak Membayar

Dalam kesimpulannya, perayaan Kenaikan Isa Almasih merupakan momen penting bagi umat Kristen di seluruh dunia. Perayaan ini mengingatkan kita akan kemenangan Yesus atas maut dan dosa, serta memberikan harapan bahwa setelah kematian, kita akan bangkit dan hidup bersama dengan Yesus di surga. Selain itu, perayaan ini juga menekankan pentingnya pengampunan, perdamaian, dan kerukunan antar sesama manusia. Semoga perayaan Kenaikan Kristus tahun ini dapat memberikan makna yang lebih dalam bagi kita semua.  Amin.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)