Polisi di Surabaya Mengamankan 20 Kendaraan Tanpa STNK Melalui Tilang Manual

Polisi di Surabaya Mengamankan 20 Kendaraan Tanpa STNK Melalui Tilang Manual

WartaJatim.co.id, 17 Mei 2023Tilang Manual. Polisi di Surabaya telah mengambil tindakan tegas dengan mengamankan 20 kendaraan yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Tindakan ini di lakukan dalam operasi tilang manual yang bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas.

Operasi tilang manual tersebut di laksanakan oleh petugas kepolisian di beberapa titik strategis di kota Surabaya. Mereka melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang melintas dan menyita kendaraan yang tidak dapat menunjukkan dokumen resmi seperti STNK.

Penindakan terhadap kendaraan tanpa STNK di lakukan sebagai upaya untuk memastikan bahwa kendaraan yang beroperasi di jalan raya telah memenuhi persyaratan hukum dan memiliki dokumen yang sah.

Langkah ini penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas serta melindungi masyarakat dari kendaraan ilegal atau yang melanggar peraturan.

Dalam operasi tersebut, polisi tidak hanya mengamankan kendaraan yang tidak di lengkapi dengan STNK, tetapi juga memberikan sanksi berupa tilang kepada pengemudi atau pemilik kendaraan yang melanggar aturan.

Sanksi tersebut bertujuan untuk memberikan efek jera dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan lalu lintas.

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Irjen Pol. Arief Sulistyanto, menyatakan bahwa operasi tilang manual ini di lakukan secara berkala untuk menjaga kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas.

Selain itu, ini juga merupakan bentuk penerapan hukum yang adil dan berkeadilan dalam penegakan aturan.

Pihak kepolisian juga mengimbau kepada seluruh pengendara untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas, termasuk kelengkapan dokumen kendaraan seperti STNK.

Hal ini penting untuk menjaga keamanan diri sendiri, pengguna jalan lainnya, dan menghindari masalah hukum yang dapat timbul akibat pelanggaran.

Baca Juga  Densus 88 Berhasil Tangkap Terduga Teroris di Kota Malang, Ancaman Terorisme Dihadang

Operasi tilang manual yang di lakukan oleh polisi di Surabaya ini memberikan pesan yang kuat bahwa penegakan hukum dan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas merupakan hal yang sangat penting.

Di harapkan operasi semacam ini dapat terus di lakukan secara berkelanjutan guna. Menciptakan kepatuhan masyarakat yang lebih baik dan meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Dengan adanya operasi tilang manual ini, di harapkan masyarakat Surabaya akan lebih sadar. Akan pentingnya memiliki dokumen kendaraan yang sah dan mematuhi aturan lalu lintas.

Selain itu, hal ini juga menjadi langkah positif dalam menciptakan lingkungan. Lalu lintas yang lebih aman dan tertib bagi semua pengguna jalan.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)