PT Kereta Api Indonesia: Stasiun Malang Layani Ribuan Penumpang saat Libur Panjang

PT Kereta Api Indonesia: Stasiun Malang Layani Ribuan Penumpang saat Libur Panjang.
PT Kereta Api Indonesia: Stasiun Malang Layani Ribuan Penumpang saat Libur Panjang.

WARTAJATIM.co.id, 5 Juni 2023 – PT Kereta Api Indonesia mengumumkan bahwa Stasiun Malang di Jawa Timur menjadi pilihan populer bagi pengguna Commuter Line Wilayah 8 Surabaya selama periode libur panjang dari Kamis, 1 Juni 2023 hingga Minggu, 4 Juni 2023.

Selama rentang waktu tersebut, Stasiun Malang melayani sejumlah besar penumpang, dengan total 16.313 orang yang telah dilayani pada pukul 10.00 WIB pada tanggal 1 Juni hingga 4 Juni 2023.

Menurut Anne Purba, VP Corporate Secretari KAI Commuter, rata-rata harian pengguna kereta api komuter ini mencapai 4.078 orang yang dilayani di Stasiun Malang. Pernyataan ini disampaikannya melalui rilis yang diterima pada hari Minggu.

Pihak PT Kereta Api Indonesia menduga bahwa lonjakan jumlah penumpang di Stasiun Malang tersebut terjadi karena libur panjang awal bulan Juni, di mana banyak penumpang memilih destinasi wisata ke Stasiun Malang.

PT Kereta Api Indonesia telah bekerja sama dengan tujuh anggota komunitas pecinta kereta untuk menjadi petugas customer service mobile (CSM) di Wilayah 8 Surabaya.

Tujuan dari kerja sama ini adalah memberikan informasi kepada pengguna commuter ketika berada di stasiun. Ada tiga petugas CSM yang ditempatkan di Stasiun Blitar, dua petugas di Stasiun Kertosono, dan dua petugas di Stasiun Malang.

Menurut pernyataannya, penambahan petugas di beberapa stasiun tersebut juga merupakan bagian dari evaluasi layanan yang dilakukan oleh KAI Commuter sejak diberlakukannya Grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2023.

Penerapan Gapeka 2023 di Wilayah 8 Surabaya telah menghasilkan beberapa perubahan dalam pola operasi, terutama di Stasiun Blitar yang kini berfungsi sebagai stasiun transit. Jumlah pengguna Commuter Line di seluruh Wilayah 8 Surabaya pada Sabtu (3/6/2023) terus meningkat, mencapai 42.439 orang.

Baca Juga  Transformasi Digital dalam Perekonomian Modern: Mengoptimalkan Potensi Inovasi Teknologi

Anne Purba menjelaskan, “Kemarin, terdapat 1.286 orang yang melakukan transit dari Commuter Line Penataran dan melanjutkan perjalanan dengan Commuter Line Dhoho, sedangkan sebanyak 1.461 orang melakukan transit dari Commuter Line Dhoho dan melanjutkan perjalanan dengan Commuter Line Penataran.”

Anne Purba juga menambahkan bahwa pada Minggu (4/6/2023), Stasiun Blitar mencatat jumlah penumpang sebanyak 1.399 orang yang melakukan transit dari Commuter Line Penataran ke Commuter Line Dhoho, serta 1.334 orang yang melakukan transit dari Commuter Line Dhoho ke Commuter Line Penataran hingga pukul 10.00 WIB.

Selain itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang mulai bekerja pada hari Senin (5/6/2023) dan berencana menggunakan Commuter Line agar menyesuaikan kembali jadwal perjalanan mereka.

Anne Purba menyatakan, “Pengguna dapat melihat jadwal perjalanan Commuter Line Wilayah 8 Surabaya melalui aplikasi KAI Access atau menggunakan fitur layanan yang tersedia di website commuterline.id.”

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)