Rekomendasi Judul Cerpen yang Menarik untuk Anak-Anak

judul cerpen yang menarik

Apakah kamu suka membaca cerpen? Cerpen banyak dimuat di buku, majalah, koran, dan internet. Istilah cerpen sering kita dengar sejak duduk di bangku sekolah. Karena pendek, biasanya cerpen cepat selesai dibaca dan isinya gampang dipahami. Cerpen adalah karya sastra yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, baik tua maupun muda. Bagi kamu yang suka membaca cerpen, silahkan simak rekomendasi judul cerpen yang menarik berikut.

Manfaat Membaca Cerpen bagi Anak-Anak

Berikut ini manfaat yang diperoleh saat anak-anak membaca cerpen, yaitu:

1. Membantu Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Cerpen mengandung banyak kosa kata. Dengan membaca cerpen, anak-anak dapat meningkatkan kemampuan bahasa.

2. Membantu Meningkatkan Wawasan

Cerpen dapat menyampaikan pesan dan informasi dengan cara yang menyenangkan. Dengan begitu, informasi yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh anak-anak. Sehingga wawasan mereka akan bertambah.

3. Membantu Meningkatkan Daya Imajinasi

Cerpen dapat membantu mengembangkan daya imajinasi anak. Dalam hal ini, peran orang tua sangat penting untuk mengarahkan imajinasi anak-anak ke arah yang positif.

Judul Cerpen yang Menarik untuk Anak-Anak

Berikut ini beberapa judul cerpen yang menarik untuk kamu baca saat waktu luang, yaitu:

1. Sepatu Monika

Cerpen yang berjudul Sepatu Monika dimuat dalam Buku Kumpulan Cerpen karya Zahrotul Mutoharoh. Cerpen ini menceritakan tentang seorang anak bernama Monika. Awalnya, Monika tidak senang dengan sepatu pemberian orang tuanya.

Namun, karena Mirna temannya, Monika jadi lebih menghargai barang-barang yang dimilikinya. Cerpen ini mengajarkan pentingnya menghargai pemberian orang lain dan membantu sesama.

2. Panda yang Rakus

Cerpen karya Faizan Harahap ini mengisahkan tentang seekor panda bernama Bulta. Dalam cerpen ini, Bulta diceritakan menghabiskan jatah makan teman-temannya.

Baca Juga  Waspada Serangan Cyber! Ini 6 Tips Melindungi Data Pribadi 

Namun, belakangan Bulta sadar dan meminta maaf kepada teman-temannya. Cerpen ini mengandung pesan, yaitu selalu berbagi dan tidak mementingkan diri sendiri. Penulis cerpen ini menggunakan diksi dan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami anak-anak.

3. Burung Hantu

Cerpen karya Aura Aulia Basuki ini mengangkat tema persahabatan. Dikisahkan ada seekor burung hantu yang bersahabat dengan seekor burung merpati. Meskipun memiliki banyak perbedaan, mereka saling menyayangi dengan tulus.

Burung hantu di cerpen ini digambarkan sebagai karakter yang tidak percaya diri. Sudut pandang yang dipakai adalah orang ketiga. Cerita ini diterbitkan oleh Penerbit Guepedia dalam sebuah Buku Kumpulan Cerita Fabel Anak-Anak.

4. Akibat Kesombongan Selvin

Cerpen sering mengandung pesan moral. Begitu pula dengan cerpen karya Mita ini. Cerpen ini mengajarkan pembaca untuk tidak sombong. Tokoh utama cerpen ini adalah Selvin dan Raskar. Alur cerita ini adalah alur maju. Sudut pandang yang dipakai oleh penulis dalam cerita ini adalah sudut pandang orang ketiga.

Cerita ini menggunakan kata-kata yang sederhana dan mudah dipahami anak-anak. Kamu bisa menemukan cerpen ini di dalam Buku Akibat Kesombongan Selvin dan Cerita Anak Lainnya.

Itulah pembahasan singkat tentang cerpen dan beberapa rekomendasi judul cerpen yang menarik. Dari beberapa rekomendasi cerpen ini, adakah cerpen yang ingin kamu baca?

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)